Logo Sulselsatu

Produk Binaan PPM PT Vale Hadir di Sentra UMKM Apindo Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 23 Februari 2024 13:41

Pengunjung saat melihat produk UMKM binaan PT Vale di Sentra UMKM Apindo Sulsel. Foto: Istimewa
Pengunjung saat melihat produk UMKM binaan PT Vale di Sentra UMKM Apindo Sulsel. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Produk binaan UMKM Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) kini hadir mengisi etalase Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel.

Sejumlah produk UMKM binaan seperti souvenir, baju, thumbler hingga pangan olahan hadir di etalase Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh yang berlokasi di Jalan Opu Daeng Risadju (Eks Jalan Cenderawasih, Dekat Stadion Mattoanging) Kota Makassar, Sulsel.

Sejak soft opening pada 16 Februari 2024 lalu, Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Apindo Sulsel ini terus membuka kesempatan kepada pelaku UMKM untuk menghadirkan produk-produk berkualitasnya.

Baca Juga : Wabup Sebut PT Vale Punya Kontribusi Besar dalam Pengembangan SDM Lutim

Selain toko oleh-oleh, pengelola juga membuka Kafe Biz Coffee, menjadi tempat yang nyaman untuk nongkrong.

Ketua Apindo Sulsel Suhardi menyampaikan terima kasih kepada PT Vale karena melalui program Pemberdayaan Masyarakat yang mendukung pelaku UMKM untuk bisa berkembang, dengan mengisi booth di Sentra UMKM dan Pusat Oleh-oleh Apindo.

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk perusahaan BUMN dan swasta, khususnya PT Vale,” jelas Suhardi, Kamis (22/2/2024).

Baca Juga : Bupati Lutim Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Luwu Timur yang Dibangun PT Vale

Dia menyampaikan, Vale menjadi salah satu perusahaan swasta yang memberi sumbangsih untuk lokasi perbelanjaan produk-produk UMKM tersebut.

“Sebagian produk UMKM binaan PT Vale sudah masuk, dan banyak diminati, pengunjung,” ucap Suhardi lagi.

Beberapa produk UMKM binaan Vale bisa menjadi oleh-oleh seperti lada hitam khas khas Luwu, Sarabba Kemasan, Kopi, Krispi Pangkilang, aneka camilan, hingga tas anyaman, gantungan kunci dan baju kaos.

Baca Juga : Grup Astra Makassar Raih Penghargaan dari DPP APINDO Sulsel Atas Komitmen Dukung UMKM

Wakil Ketua Apindo Sulsel Ahmadi Kamaruddin menyampaikan harapan agar PT Vale bisa memotivasi perusahaan-perusahaan swasta yang lain untuk ikut berpartisipasi menghadirkan produk-produk UMKM binaannya.

Sentra UMKM Apindo ini kita targetkan menjadi pusat oleh-oleh terbesar di Makassar dengan harga terjangkau. Kita sudah mendapat dukungan perusahaan-perusahaan BUMN, perbankan swasta, termasuk PT Vale,” jelas Ahmadi.

Sentra UMKM hadir dengan tagline ‘rumah kita bersama’. Apindo Sulsel membuka pintu kepada siapa saja yang ingin masuk, tidak membatasi. Diutamakan berizin, punya PIRT (Sertifikat Produk Industri Rumah Tangga), dan kualitas packaging bagus.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Apresiasi Gerakan Sedekah Bibit dan Penghijauan PT Vale

Dia menjelaskan, ada sekitar 80 UMKM industri kecil yang sudah menjajakan produknya di pusat oleh-oleh Apindo tersebut. Dan, akan terus bertambah sebelum dilakukan grand opening nanti.

Sementara itu, Director External Relations PT Vale Endra Kusuma mengatakan, PT Vale mendukung pengembangan ekonomi lokal melalui penguatan produk lokal dan pelaku UMKM agar dapat terus berkembang.

Hadirnya etalase ini tentunya dapat membantu pemasaran produk UMKM, sehingga semakin mudah dijangkau.

Baca Juga : Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru

“Hadirnya PT Vale mendukung pengembangan UMKM sejalan dengan tujuan perseroan, yakni menjadi referensi dalam menyiptakan nilai manfaat bersama Creating Shared Value dan mendukung pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development),” jelas Endra.

Sekaligus upaya nyata mewujudkan kemandirian masyarakat melalui pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan program PPM.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...
Makassar20 April 2024 21:09
Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer: Saya Akan Kembali!
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama dengan jajaran pemerintah kota tak pernah gagal membuat tamu-tamu terkesan, baik tamu nasional maupun I...
Video20 April 2024 20:43
VIDEO: Optimis Gugatan Ganjar dan Anies di Tolak MK, Idrus Marham Usulkan Segera Dibentuk Dewan Etik
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Idrus Marham yakin Mahkamah Konstitusi ...