Logo Sulselsatu

Buka Forum Perangkat Daerah DKP Sulsel, Pj Sekprov Harap Sinergitas Program di Tiap Tingkatan

Asrul
Asrul

Jumat, 22 Maret 2024 08:52

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Sekprov Andi Muhammad Arsjad membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah Lingkup Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Sulsel, yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Kamis, 21 Maret 2024.

Menurut Arsjad, forum perangkat daerah ini merupakan salah satu tahapan dalam proses perencanaan untuk menemukan, mempertemukan program-program yang menjadi usulan kabupaten kota, program-program usulan dari provinsi dan juga pusat.

“Jadi ini adalah forum sinkronisasi dan kita berharap bahwa ke depan renja yang disusun oleh pemerintah provinsi sudah mengakomodir apa yang menjadi program prioritas dari kabupaten kota kemudian juga apa yang menjadi instruksional dari pemerintah pusat,” ucap Arsjad sekaligus membuka kegiatan tersebut.

Baca Juga : Tinjau Bendungan Jenelata, Pj Gubernur Bahtiar Pastikan PSN di Sulsel Tanpa Hambatan

Selain itu, kata Arsjad tidak semua urusan, semua tugas bisa kita danai dari kabupaten kota demikian pula provinsi karena terbatas. Sehingga, kata Arsjad, kita butuh bagaimana menyampaikan usulan-usulan kita nantinya.

“Jadi, melalui forum inilah yang menjadi suplemen untuk renja kita dalam satu tahun ke depan untuk tahun 2025,” kata Arsjad yang juga Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel.

“Kita berharap agar RKPD tahun 2025 ketahanan pangan ini bisa menjadi salah satu issue strategis bisa menjadi fokus yang menjadi perhatian ke depan untuk tahun 2025,” terangnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel dan Pangdiv 3 Kostrad Lepas 10 Truk Bantuan untuk Korban Banjir di Luwu

Ia pun menambahkan, jika kita paham bersama bahwa persoalan pangan itu adalah urusan yang wajib yang harus dipastikan pemenuhannya yang tidak hanya secara kuantitas tetapi juga secara kualitas dan itu harus merata dan berkesinambungan.

Untuk itu, mantan Kepala Bappelitbangda Kabupaten Sidrap itu mengatakan, forum perangkat daerah ini menjadi forum yang sangat strategis dan dihadiri langsung oleh Biro Perencanaan Bapanas serta dari pemerintah kabupaten kota dan juga unsur dari pemprov sendiri.

“Berbicara ketahanan pangan, saya rasa kita tidak berbicara tentang bagaimana ketersediaannya saja. Tetapi, kita juga berbicara bagaimana keterjangkauannya dan saat ini, kita fokus pada bagaimana di hulunya memastikan upaya ketersediaan dalam hal ini produksi dan juga bagaimana meningkatkan cadangan pangan pemerintah baik provinsi maupun kabupaten kota,” ungkap Arsjad.

Baca Juga : Terbitkan Surat Edaran Jaga Lingkungan, Berikut Empat Arahan Pj Gubernur Bahtiar

Sementara untuk keterjangkauannya, lanjut Arsjad, pemprov tetap mengandalkan program stabilisasi pasokan dan harga pangan melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

Seperti diketahui GPM ini menjadi salah satu langkah yang sangat efektif sekali yang salah satu instrumen andalan dari Pemprov Sulsel dalam rangka pengendalian harga.

“Dan ini mampu mengangkat pemprov terhadap tingkat pengendalian inflasi dan kita berada di bawah nasional dan Alhamdulillah mudah-mudahan gerakan ini bisa kita lanjutkan terus dan gerakan yang menjadi terobosan dan menjadi contoh tingkat nasional yang dimana, GPM ini kita lakukan secara massif serentak di 24 kabupaten kota dan tidak mengenal momen ramadhan saja,” ujar Arsjad.

Baca Juga : Tidak Antikritik, Aktivis Mahasiswa: Pj Gubernur Bahtiar Terbuka dan Miliki Empati Tinggi

Selain itu, biasanya momen Ramadan diikuti dengan kenaikan harga. “Alhamdulillah, harga-harga yang kita lihat cukup terjangkau. Walaupun ada kenaikan, kita pastikan bahwa secara nasional harga komoditi pangan pokok Sulsel jauh lebih rendah dari rata-rata nasional,” terangnya.

Untuk itu, ke depan upaya ketahanan pangan tetap upaya fokus untuk menjaga bagaimana ketersediaan, keterjangkauan, dan bagian distribusi pasokan dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana membangun komunikasi yang efektif dan menguntungkan semua unsur pihak yang terkait bagi mitra Pemprov seperti, Bulog, mitra-mitra penyedia lain dan tentu pihak-pihak penyedia yang kompeten lainnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 22:20
VIDEO: Anak Hilang Misterius Dijembatan Merah Makassar Ditemukan Meninggal Dunia di TPA Antang
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan anak hilang di jembatan merah, Makassar, Sulawesi Selatan. Anak tersebut berhasil ditemukan dala...
Kesehatan18 Mei 2024 21:35
Kupas Tuntas Penyakit Lupus, Waspada Autoimun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penyakit Lupus atau umum dikenal Systemic Lupus Erythematosus merupakan penyakit reumatik autoimun yang menyerang be...
Video18 Mei 2024 20:37
VIDEO: Trafo Terbakar Depan Masjid Al-Khaeriyah Palopo
SULSELSATU.com – Sebuah trafo tiang listrik terbakar di depan Masjid Al-Khaeriyah, Wecudai, Palopo tiba-tiba meledak. Kejadian tersebut terjadi ...
Makassar18 Mei 2024 19:19
Kepala Humas UNM Edukasi Warga Tentang Perda Perlindungan Guru Sebagai Profesi Mulia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Akademisi Universitas Negeri Makassar (UNM), Dr. Burhanuddin menjadi narasumber dalam sosialisasi penyebarluasan pera...