Logo Sulselsatu

Pererat Silahturahmi Antar Instansi, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Safari Ramadan 1445 H di Rutan Sengkang

Asrul
Asrul

Rabu, 27 Maret 2024 21:06

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SENGKANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) Gelar Safari Ramadan 1445 H/2024 M. Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sengkang menjadi tuan rumah bagi wilayah Parepare, Pinrang, Soppeng, Bone, dan Sidrap.

Safari Ramadan dipusatkan di Lapangan Rutan Sengkang pada Rabu (27/3/2024).

Kepala Rutan Sengkang Amir S dalam laporannya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak yang menunjuk Rutan Sengkang sebagai tuan rumah Safari Ramadan Kanwil Sulsel tahun ini.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS

Selanjutnya, Pj Bupati Wajo melalui Staf Bidang Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Darwin dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang kepada Kakanwil Liberti dan rombongannya.

Dalam kesempatan ini, Darwin menyampaikan harapan agar Safari Ramadan ini dapat memperkuat kolaborasi dan kerjasama antar pemerintah daerah dengan sejumlah kelembagaan terutama lembaga vertikal di dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sehari-hari.

Adapun Kakanwil Liberti Sitinjak mengapresiasi kepada seluruh pegawai satuan kerja (satker) pada Kanwil Sulsel yang telah bersikap netralitas pada saat perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 lalu.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Tim dari BPIP RI

Lebih lanjut Liberti sampaikan bahwa dalam waktu dekat masih ada agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Untuk itu, saya minta jajaran di Lapas/Rutan untuk kembali menciptakan keamanan dan keteriban di Lapas/Rutan agar kondusif,” kata Liberti.

Liberti juga mengimbau kepada seluruh jajarannya terutama Kepala Satuan Kerja (Kasatker) agar menjalin komunikasi baik dengan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Menurutnya, hal ini penting untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan rintangan tanpa ada mispersepsi baik sesama instansi veritkal maupun kepada pemeirntah daerah.

Baca Juga : 60 Pegawai Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Penilaian Kompetensi

Tidak lupa, Liberti berpesan kepada seluruh jajaran Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kumham Sulsel agar sikap dan perbuatannya harus beriringan dengan tindakan suami.

Liberti juga berharap agar tidak ada pemberitaan negatif yang berasal dari seluruh satker Kanwil Kemenkumham Sulsel.

“Kalau ada jajaran yang melanggar peraturan, saya akan mengambil tindakan tegas!” tegas Liberti.

Baca Juga : Sebarkan Informasi Fidusia Kepada Publik, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Sosialsiasi Penghapusan Jaminan Fidusia Tahun 2024

Adapun Tausiah Safari Ramadhan yang dibawakan oleh Abdul Hafid Mappaloba, menyampaikan pesan Abu Hurairah tentang 6 (enam) hak muslim kepada muslim yang lain.

“Apabila engkau bertemu, ucapkanlah salam kepadanya; Apabila engkau diundang, penuhilah undangannya; Apabila engkau dimintai nasihat, berilah nasihat kepadanya; Apabila dia bersin lalu dia memuji Allah (mengucapkan ’alhamdulillah’), doakanlah dia (dengan mengucapkan ’yarhamukallah’); Apabila dia sakit, jenguklah dia; dan Apabila dia meninggal dunia, iringilah jenazahnya (sampai ke pemakaman),” jelas Abdul.

Safari Ramadan ini dirangkaikan dengan pemberian santunan oleh Kakanwil Liberti kepada perwakilan anak yatim piatu, dilanjutkan dengan pemberian takjil oleh Kakanwil Liberti kepada perwakilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Sengkang.

Baca Juga : Liberti Sitinjak Tekankan 3 Hal Pada CASN Kanwil Kemenkumham Sulsel

Safari Ramadhan ini turut dihadiri oleh Para Pimti Kanwil Sulsel, Para Pejabat Struktural Kanwil Sulsel, Kasatker wilayah Sengkang Parepare Pinrang Soppeng Bone Sidrap, Pejabat Rutan Sengkang, beserta Ketua dan Jajaran Pengurus DWP Kumham Sulsel.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel24 April 2024 17:34
Pemkab Gowa Gagas Pelayanan Publik Berbasis HAM
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali....
Pendidikan24 April 2024 16:51
Danny Pomanto Harap Mahasiswa PTMAI Ambil Peran Wujudkan Indonesia Emas
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendorong agar mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyah Indonesia (PTMAI) mengambil peran dalam mewujudka...
Pendidikan24 April 2024 16:36
Lepas 1000 Wisudawan Periode April, Ini Pesan Rektor UNM
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Prof Husain Syam mengukuhkan 1000 wisudawan/wisudawati dalam sidang senat terbuka wisuda periode April 2024 di Pelata...
Video24 April 2024 16:12
VIDEO: Viral, Emak-emak Ini Ngamuk Maksa Minta Sedekah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan emak-emak yang diduga pengemis ngamuk. Ia diduga meminta paksa sedekah ke warga. Kejadian ini terja...