Logo Sulselsatu

Menteri PPPA Apresiasi Tiga Inovasi di Kota Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 27 Maret 2024 19:44

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga sangat mengapresiasi perempuan berdaya di Kota Makassar.

Hal itu disampaikan langsung saat mengunjungi Shelter Warga Pattingalloang, Barukang III, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar, Rabu (27/3/2024).

Katanya, ia melihat ada semangat gotong royong yang luar biasa dari perempuan untuk perempuan, anak dan juga lansia di Kota Makassar.

Baca Juga : Danny Pomanto Bersama Pj Gubernur Sulsel Salat Ied di Masjid Kubah 99

“Dan hari ini saya apresiasi yang sangat luar biasa, ini semangat luar biasa, semangat gotong royong untuk memberikan pendampingan kepada perempuan, anak dan juga lansia,” ucapnya.

Bintang Puspayoga juga mengatakan pendampingan yang diberikan lewat inovasi yang diinisiasi langsung oleh Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto ini membuat perempuan makin berdaya.

Seperti adanya shelter warga, Lorong Wisata dan program jagai anakta.

Baca Juga : Bahtiar Apresiasi Wali Kota Makassar Gelar Festival Takbir dan obor Tepian Air Sambut Idul Fitri

Tiga inovasi ini disebut Bintang Puspayoga sebagai langkah cerdas membuat perempuan semakin tangguh dan dapat meminimalisir penyintas kekerasan terhadap perempuan dan anak karena memiliki keberanian untuk berbicara dan membela diri.

“Saya dapat info lewat shelter warga Makassar yang menjadi rujukan kepercayaan para korban kekerasan sudah bisa berani berbicara. Ini sudah sesuai program pusat kita yakni dare to speak up. Kita bukan ingin mencelakakan pelaku kekerasan namun demi menolong agar tidak mengulang kesalahannya lagi,” ungkapnya.

Semangat gotong royong yang dirasakan Bintang Puspayoga membuat menteri PPPA ini berharap agar menjadi contoh dalam program pemenuhan hak anak, perlindungan terhadap perempuan dan anak.

Baca Juga : 153 Kelurahan Ramaikan Festival Takbir dan Pawai Obor Wujud Makassar Kota Festival Tepian Air

“Seperti yang kita lihat dari kisah ketua pemberdayaan perempuan pesisir bu Eni tadi. Menjadi contoh luar biasa saya apresiasi sekali. Mudah mudahan apa yang kita liat hari ini menjadi inspirasi di tempat lain, menjadi rujukan untuk pendampingan terhadap perempuan dan anak,” harap Bintang Puspayoga.

Ia juga mengimbau kepada perempuan dan anak-anak yang telah menjadi penyintas kekerasan, dan menjadi perempuan kepala keluarga agar terus menggali potensi diri.

Dengan begitu perempuan memiliki bargaining demi hidup bahagia yang berkelanjutan.

Baca Juga : Pemkot Sebut Pawai Obor Malam Takbiran Wujud Makassar Kota Festival Tepian Air

Pada moment ini pula Bintang Puspayoga juga mengapresiasi para pelaku UMKM yang hadir memamerkan hasil produk buatannya.

Kunjungan Bintang Puspayoga ini didampingi oleh Deputi Perlindungan Hak Anak Kementrian PPPA dan disambut langsung oleh PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra, PJ Ketua DWP Kota Makassar, Fadliah Firman, TP PKK Kota Makassar dan seluruh warga setempat.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik12 April 2024 22:32
Maipa Rahmat Dukung Indira Jusuf Ismail Maju di Pilwali Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Maipa Rahmat atau (Mama Inspirator Perjuangan Rachmat) menggelar acara Halal Bihalal bersama ratusan emak-emak yang d...
Politik12 April 2024 21:28
Kembali Terpilih Jadi Anggota DPRD Sulsel, Rezki Mulfiati Gelar Pengajian dan Syukuran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Sulawesi Selatan Rezki Mulfiati Lutfi (RML) melaksanakan pengajian dan syukuran dengan mengundang keluar...
Sulsel12 April 2024 20:11
Muhammad Fauzi Sukseskan Utsawa Dharma Gita Tingkat Provinsi, Sumbang Hadiah Puluhan Juta
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Anggota Komisi V DPR RI Muhammad Fauzi turut mensukseskan Utsawa Dharma Gita IX Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan y...
Sulsel12 April 2024 19:31
Adnan-Kio Kembali Terima Ribuan Tokoh Masyarakat Saat Open House Hari Kedua
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mengadakan open hpuse dalam rangka merayakan Hari Idulfitri 1445 Hijriah. Di hari kedua ini, Pemkab Gowa me...