Logo Sulselsatu

BRI Jadi Bank Penyalur KUR Terbesar di Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Jumat, 29 Maret 2024 19:22

Rilis APBN Anging Mammiri Sulsel oleh DJPb Kementerian Keuangan Sulsel. Foto: Istimewa
Rilis APBN Anging Mammiri Sulsel oleh DJPb Kementerian Keuangan Sulsel. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjadi perbankan yang menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) terbesar di Sulsel. Nominal KUR yang disalurkan BRI mencapai Rp1,90 triliun hingga posisi Februari 2024.

Kepala Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Sulsel Supendi mengatakan, KUR yang berhasil disalurkan BRI mencapai Rp1,90 triliun dengan jumlah debitur mencapai 36.673.

BRI mencapai posisi pertama penyaluran KUR di Sulsel dari tujuh bank yang tercatat. Total penyauran KUR dari tujuh bank ini sebesar Rp2,36 triliun,” kata Supendi saat rilis kinerja APBN Anging Mammiri, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga : Oleh-oleh Khas Keripik Tempe Rohani Sukses Kembangkan Usaha Berkat Pinjaman BRI

Tiga besar penyalur KUR setelah BRI, adalah Bank Mandiri sebesar Rp240,50 miliar diposisi kedua, dan diikuti PT Pegadaian Syariah sebesar Rp60,02 miliar.

Dilihat dari usaha, penyaluran KUR untuk perdagangan besar dan eceran masih mendominasi. Nilainya mencapai Rp947,67 miliar. Kemudian sektor pertanian, perburuan dan kehutanan sebesar Rp856,37 miliar.

Penyaluran KUR di Sulsel termasuk dalam area kerja BRI Regional Office (RO) Makassar yang membawahi tiga wilayah lainnya. BRI RO Makassar mencakup area kerja Sulsel, Sulbar, Sultra, dan Maluku.

Baca Juga : Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

Target penyaluran KUR BRI RO Makassar tahun ini mencapai Rp17,157 triliun. Sementara itu, untuk Sulsel, BRI RO Makassar menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp12,818 triliun sepanjang 2024 ini.

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata menjelaskan, optimis akan mampu menyalurkan KUR sesuai target yang disiapkan. Tentu tidak terlepas dengan program yang dihadirkan, salah satunya AgenBRILink.

KUR BRI tahun ini tetap memprioritaskan KUR Mikro dengan alokasi Rp10 juta hingga Rp100 juta. Kemudian KUR Super Mikro sampai Rp10 juta, serta KUR Kecil kepada pelaku usaha produktif sebesar Rp100 juta hingga Rp500 juta,” jelas Hendra Winata.

Baca Juga : UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Salah satu warga Makassar yang sukses dengan usahanya usai mengambil KUR BRI adalah Gusti Putu. Gusti Putu adalah seorang ibu tunggal dengan 4 orang anak.

Ia mengambil KUR BRI untuk memperluas skala bisnis kuenya. Berkat menjadi debitur di BRI, Gusti Putu berhasil menjadi pemasok kue untuk tiga retail terkenal di Makassar.

“Saat ini, kue saya sudah masuk di Galael, Dona Doni, dan Toko Ende. Berkat KUR, saya bisa memenuhi permintaan, juga menambah pekerja yang membantu saya,” kata Gusti Putu.

Baca Juga : Waspada Kejahatan Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan Saat Lebaran

Usaha memang tidak mengkhianati hasil. Usaha kue Gusti Putu semakin besar. Toko tempatnya menjual kue bertambah. Untuk tiga toko tersebut, Gusti Putu membuat minimal 100 buah setiap kue.

“Kue yang saya buat seperti getuk lindri, klepon, songkolo, dadar fla durian, dan putu ambon,” sebut Gusti Putu.

Dengan jumlah 5 jenis kue yang bisa dibuatnya, Gusti Putu harus membuat 500 kue sekali bikin.

Baca Juga : Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

“Kemudian kembali mengambil KUR untuk kedua kalinya. Nilainya sebesar Rp20 juta tahun lalu (2023). Ini mengingat karena semakin besar jumlah kue yang harus dibuat,” jelas Gusti.

Gusti Putu memulai usaha setelah ia ditinggal mati oleh suaminya pada 2017 lalu. Usaha kue inilah yang menjadi pemasukannya menghidupi anak.

Selain permintaan dari toko, Gusti Putu juga sering kali mendapat peermintaan snack box. Bahkan, ia pernah membuat hingga 200 snack box dalam sehari.

Pesanan snack box ini biasanya ia dapat dalam momen tertentu, seperti saat Ramadan. Snack box itu biasanya dipesan oleh konsumen yang ingin bagi takjil atau sedang mengadakan buka puasa bersama.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video16 April 2024 16:09
VIDEO: Viral, Aksi Pencurian terjadi di Burau Luwu Timur
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan rekaman CCTV aksi pencurian kotak amal masjid. Kejadian ini terjadi di Masjid Al Muhaijirin, Desa B...
Sulsel16 April 2024 16:01
Bupati Adnan Beri Hadiah Umrah Bagi ASN yang Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan
Pemkab Gowa kembali memberikan penghargaan umrah bagi sebelas ASN yang melakukan khatam Al-Qur'an sebanyak lima kali atau lebih karena mampu memaksima...
Makassar16 April 2024 15:20
Danny Pomanto Tekankan Pembangunan Infrastruktur dan Penguatan Branding Makassar Kota Makan Enak Segara Tuntas
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengarahkan seluruh jajaran OPD agar makin profesional dalam menuntaskan program Pemkot Makassar....
Hukum16 April 2024 12:38
Hadiri Apel Pagi Pasca Libur Lebaran dan Halal Bihalal, Menkumham Dorong Jajarannya Implementasikan Agenda Strategis Nasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti Apel Pagi Pasca Libur Leb...