Logo Sulselsatu

Tingkatkan Kompetensi Kehumasan, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Sosialisasi Monitoring Media Biro Hukerma Setjen Secara Daring

Asrul
Asrul

Kamis, 04 April 2024 15:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) mengikuti kegiatan Sosialisasi Monitoring Media di Lingkungan Kemenkumham yang diselenggarakan secara daring oleh Biro Humas Hukum dan Kerja Sama (Hukerma) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham RI pada Rabu (3/4/2024).

Kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan pengetahuan terkait aplikasi monitoring media konvensional, dan juga menyamakan persepsi dan gudelines media online dan media sosial.

Mengawali kegiatan, Kepala Biro Hukerma Hantor Situmorang dalam pembukaannya mengatakan bagwa heterogenitas struktur dan fungsi kehumasan di Kemenkumham membutuhkan informasi-informasi yang harus dikelola dan disusun secara akurat dan tepat waktu.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Audiensi ke Dinas Pendidikan Sulsel, Koordinasikan Kegiatan RuKI Goes to School

Lebih lanjut Hantor mengharapkan agar seluruh jajaran Kemenkumham di bidang kehumasan baik di pusat maupun di wilayah, agar lebih giat mengeluarkan pemberitaan yang mendorong kinerja kehumasan maupun citra positif Kemenkumham.

Selanjutnya, kegiatan ini menghadirkan narasumber Timothy Gerard dari Kurasi Media Nusantara. Gerard ungkapkan bahwa Kurasi Media Nusantara adalah perusahaan berbasis teknologi yang bergerak di bidang Data Analytics dan Solusi Kehumasan.

“Kurasi Media Nusantara telah bekerja sama dengan Biro Hukerma dalam melakukan monitoring dan analisa pemberitaan Kemenkumham se-Indonesia,” kata Gerard.

Baca Juga : Hadiri Halal Bihalal DWP Kanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak Pesankan Hal Ini

Dari hasil pemantauan terhadap pemberiaan Kemenkumham se-Indonesia, Gerard menyimpulkan bahwa masih diperlukan persamaan persepsi untuk meningkatkan Kemenkumham di mata masyarakat sehingga ke depan kinerja Kemenkumham bisa lebih popular di kalangan masyarakat.

“Selain itu kedepannya akan dikumpulkan di diseragamkan keyword dan topik yang digunakan untuk memungkinkan meningkatnya jumlah pengunjung pada setiap laman web di masing-masing Kanwil Kemenkumham,” lanjut Gerard.

Dalam kesempatan ini, Gerard sampaikan pihaknya telah memperkenalkan dashboard khsus yang telah dikembangkan untuk Kemenkumham. “Melalui dashboard ini, tim humas Kementerian dapat melakukan pemantauan real-time terhadap semua bentuk pemberitaan dan disukusi yang terjadi di media sosial dan media online lainnya. Dashborad ini dirancang untuk memudahkan identifikasi tren, isu sensitive, dan potensi krisis komunikasi sehingga dapat ditangani dengan cepat dan tepat,” jelas Gerard.

Baca Juga : Tanamkan Sikap Disiplin, Pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel Dilatih PBB

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut. Liberti kembali mengajak seluruh jajaran di bidang humas baik di kanwil maupun di Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk terus meningkatkan publikasi positif dalam rangka mewujudkan citra dan repurtasi positif Kemenkumham, sebagaimana diamanatkan oleh Kepala Biro Hukerma di atas.

“Pelaksana humas di kanwil dan UPT harus mampu bertransformasi mengikuti tren publikasi saat ini. Sebagai pihak terdepan dalam menyalurkan informasi publik dan membangun kepercayaan publik terhadap Kanwil Kemenkumham Sulsel,” pinta Liberti.

Adapun Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih menghimbau kepada seluruh jajaran di bidang humas kanwil dan UPT untuk memanfaatkan secara optimal media relasi dan media sosial dalam mengglorifikasikan informasi positif terkait pelaksanaan program dan kebijakan Kementerian.

Baca Juga : Hadiri Perkenalan Kajati Sulsel Baru, Liberti Sitinjak Ucapkan Selamat Bertugas

Kegiatan ini turut diikuti secara daring oleh Ahmad Mile sekalu Pranata Humas Ahli Muda dan Daniel Orlando selaku Pranata Humas Ahli Pertama.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis21 April 2024 13:29
Telkom Catat Laba Bersih Operasi Rp6,3 Triliun Kuartal Pertama 2024
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) membukukan pendapatan konsolidasi sebesar Rp37,4 triliun pada akhir kuartal pertama 2024 atau tumbuh 3,7 pe...
Hukum21 April 2024 01:41
Anulir Putusan Sambo dan Tak Patuh Laporkan LHKPN, Suharto Dinilai Tak Layak Jadi Wakil Ketua MA
SULSELSATU.com, JAKARTA – Pencalonan hakim agung Suharto sebagai calon Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) menjadi sorotan sejumlah pihak. Alasannya...
Video20 April 2024 23:32
VIDEO: Sepeda Motor Terbakar di Hertasning Makassar Usai Terjatuh
SULSELSATU.com – Sebuah motor terbakar di Jalan Hertasning, Makassar, pada Sabtu (20/4/2024). Kejadian ini dimulai ketika motor terbalik akibat ...
Video20 April 2024 22:33
VIDEO: PP Muhammadiyah Harap Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Bebas Dari Tekanan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahkamah Konstitusi (MK) akan mengumumkan hasil keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang di gugat oleh Pa...