Logo Sulselsatu

Wabup Sebut PT Vale Punya Kontribusi Besar dalam Pengembangan SDM Lutim

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 09 April 2024 13:42

Wabup Lutim saat silaturahmi serta Buka Puasa Bersama Kerukunan Keluarga (KKLT) Luwu Timur di Hotel Swiss Belinn Makassar. Foto: Istimewa
Wabup Lutim saat silaturahmi serta Buka Puasa Bersama Kerukunan Keluarga (KKLT) Luwu Timur di Hotel Swiss Belinn Makassar. Foto: Istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kontribusi PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam mendorong pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Luwu Timur mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Hal tersebut disampaikan Mochammad Akbar Andi Leluasa saat hadir dalam Focus Group Discussion (FGD), Silaturahmi serta Buka Puasa Bersama Kerukunan Keluarga (KKLT) Luwu Timur di Hotel Swiss Belinn Makassar, Kamis (4/4/2024).

Focus Group Discussion tersebut digelar KKLT bersama Pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPMA) Lutim dengan mengangkat tema ‘Membangun sinergi dan kolaborasi untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul di Luwu Timur’.

Baca Juga : PT Vale Resmi Kantongi Izin Operasi IUPK Sampai Desember 2035

Aktivitas investasi khususnya pertambangan yang makin meluas di Luwu Timur, tentu membuka lapangan kerja yang besar. Itu menjadi alasan KKLT menggelar Focus Group Discussion.

FGD digelar untuk mendapatkan masukan pihak-pihak terkait untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk di antaranya PT Vale Indonesia.

Wakil Bupati Luwu Timur Mochammad Akbar Andi Leluasa mengungkapkan, sinergi berbagai pihak baik pemerintahan dan swasta telah membuat indeks kepuasan masyarakat terhadap pemerintah mencapai angka 75,6 persen.

Baca Juga : PT Vale Beri Layanan Trauma Healing Jaga Kondisi Mental Anak Korban Bencana Luwu

Bahkan dari sisi aspek pelayanan kesehatan, menyentuh angka 94,39 persen berdasarkan survei terakhir. Itu juga selaras dengan indeks pembangunan manusia yang meningkat menjadi 75,84 persen.

“Tahun lalu, APBD Lutim Rp1,9 triliun dan pada 2025 APBD ditargetkan akan mencapai Rp2 triliun. Itu sejalan dengan SDM kita yang baik, serta kehadiran pihak swasta yang ikut berkontribusi nyata,” ucap Akbar Leluasa dalam sambutannya.

Menurut dia, salah satu perusahaan di Sulsel, yakni PT Vale memberi kontribusi nyata untuk pemerintah daerah, membangun sinergi untuk pemberdayaan masyarakat, dan memberi kontribusi untuk Luwu Timur dalam mengembangkan sumber daya manusia.

Baca Juga : Program Pengembangan Kualitas Pendidikan se-Loeha Raya Langkah PT Vale Tingkatkan Kualitas SDM

PT Vale membangun sistem pelatihan vokasi untuk masyarakat Lutim, mengembangkan skill-skill mereka untuk industri tambang. Banyak kegiatan untuk pengembangan potensi sumber daya manusia, pelatihan sekaligus dibantu pengadaan alat-alatnya. Kita selalu kolaborasi dengan PT Vale,” jelasnya.

Dalam acara buka bersama itu, Director External Relation PT Vale Indonesia Endra Kusuma yang hadir mewakili perusahaan menegaskan, komitmen PT Vale untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemda Lutim serta seluruh pemangku kepentingan.

PT Vale akan terus berkolaborasi demi pengembangan SDM di Luwu Timur sesuai dengan mekanisme dan tata kelola perusahaan. Pengembangan SDM sangat penting baik dari aspek keahlian atau kompetensi (hard skill) dan karakter (soft skill),” terang Endra Kusuma.

Baca Juga : PT Vale Gelar Bimbingan Belajar, Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan Generasi Muda Loeha Raya

Menurut dia, perlu dilakukan pemetaan (mapping) antara kebutuhan industri dengan rencana pengembangan SDM sehingga selaras (matching) antara kebutuhan industri dan keahlian tenaga kerja yang akan dikembangkan dan dihasilkan.

Kata Endra, juga perlu dibuatkan peta jalan (road map) bersama sehingga dapat ditentukan target dan langkah-langkah yang perlu dilakukan masing-masing pemangku kepentingan.

Endra juga menyampaikan terkait perlunya support berbagai pihak terutama pemerintah dan masyarakat untuk mendukung iklim investasi. Investasi yang didukung oleh pemerintah dan masyarakat, akan membuka lapangan kerja yang optimal.

Baca Juga : PJ Gubernur Sulsel Ajak Masyarakat Dukung Keberlanjuta PT Vale

PT Vale dan perusahaan lain yang beroperasi di Luwu Timur meminta dukungan dari Pemda Lutim dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan investasi karena dengan investasi maka peluang kerja dan usaha oleh masyarakat lokal akan lebih optimal. Tentunya investasi yang dilakukan harus memperhatikan lingkungan dan masyarakat lokal. Dukungan yang dibutuhkan seperti suasana aman dan kondusif, kemudahan perizinan, dan lain lain,” ungkap dia lagi.

Menurut Endra, kontribusi PT Vale dalam acara Silahturahim dan FGD itu adalah bagian dari active listening dan engagement with society.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....
Makassar18 Mei 2024 15:43
Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto melantik 5.975 Pj RT-RW sebagai amil zakat perorangan....