Logo Sulselsatu

5931 Warga Binaan di Sulawesi Selatan Terima Remisi Idul Fitri, 14 Langsung Bebas

Asrul
Asrul

Rabu, 10 April 2024 14:44

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan menyerahkan remisi hari raya Idul Fitri kepada 5931 warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari sejumlah Lapas dan rutan yang ada di Wilayah Sulawesi Selatan. Penyerahan remisi secara simbolis di laksanakan di lapangan lapas Kelas I Makassar, tepat usai pelaksanaan salat Idulfitri, Rabu(10/4/2024).

Saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Liberti Sitinjak mengatakan bahwa pemberian remisi dan pengurangan masa pidana ini hendaknya dapat dijadikan semangat dan tekad bagi warga binaan untuk mengisi hari – hari menjelang bebas dengan memperbanyak karya dan cipta yang bermanfaat bagi sesame.

“Pemberian remisi ini merupakan wujud nyata dari sikap negara sebagai reward kepada warga binaan dan anak binaan yang senantiasa selalu berbuat baik, memperbaiki diri, dan Kembali menjadi anggota Masyarakat yang berguna,” ucap kakanwil saat membacakan sambutan Menkumham Yasonna H. Laoly.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Tekankan Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Organisasi

Tak lupa Kakanwil Liberti Sitinjak mengapresiasi pelaksanaan pemberian remisi di Lapas Makassar. “Saya mengapresiasi puncak acara pemberian remisi di Lapas Makassar. Berdasarkan catatan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Selama satu tahun ini pelayanan seluruh jajaran di Lapas Makassar berjalan dengan sangat baik sehingga tidak didapati riak – riak yang akan merugikan Kementerian,” ungkap Kakanwil

Liberti Sitinjak juga mengapresiasi seluruh penghuni Lapas Makassar yang telah menciptakan suasana kondusif selama satu tahun penuh ini. Hal ini menandakan adanya sinergitas antara petugas dan warga binaan yang berjalan dengan sangat baik.

Adapun warga binaan yang menerima remisi terdiri dari Remisi Khusus (RK) I dan Remisi Khusus (RK) II. Dimana terdapat 5917 warga binaan yang mendapatkan RK I dan 14 warga binaan yang mendapatkan RK. II ataupun langsung bebas

Baca Juga : Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

Menurut Liberti Sitinjak, Warga Binaan Terbanyak yang memperoleh remisi berada di Lapas Kelas I Makassar dengan jumlah 779 orang warga binaan.

Selanjutnya Kakanwil Menyampaikan, hingga April 2024 ini jumlah penghuni Lapas dan Rutan se Sulawesi Selatan sebanyak 11.159 orang dengan rincian 7.969 narapidana dan 3.190 Tahanan.

Terakhir pada kesempatan ini Kakanwil memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada seluruh petugas pemasyarakatan di Lapas/Rutan/LPKA yang telah menjalankan tugas dan kewajiban dalam melaksanakan pembinaan terhadap warga binaan dengan segala keterbatasan yang ada.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Penyerahan Paspor Calon Jemaah Haji

Liberti Sitinjak juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Daerah dan seluruh Instansi serta Lembaga social terkait, yang telah turut serta berpartisipasi dan memeberikan dukungan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kemenkumham di Sulawesi Selatan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 18:02
VIDEO: Suami Fenny Frans Selingkuh dengan Pembantu Tua, Videonya Viral
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan kasus perselingkuhan yang terjadi di Kota Makassar. Kasus perselingkuhan menimpa owner skincare ...
Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....