Logo Sulselsatu

Pelabuhan Makassar Perkirakan Penumpang Arus Balik H+10 Idulfitri 1445 H Naik 6 Persen

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 14 April 2024 18:42

Penumpang Pelabuhan Makassar yang selalu ramai setiap arus balik Idulfitri. Foto: Istimewa.
Penumpang Pelabuhan Makassar yang selalu ramai setiap arus balik Idulfitri. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelabuhan menjadi salah satu tempat yang tersibuk saat arus balik usai mudik perayaan Hari Raya Idulfitri.

Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dan salah satu pelabuhan terbesar milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo selalu menjadi pelabuhan yang cukup ramai oleh arus kapal dan penumpang.

Manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar yang mengelola Pelabuhan Makassar pun memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Sabtu, 20 April 2024 atau di H+10 Hari Raya Idulfitri 1445 H/2024 M.

Baca Juga : Pelindo Sinergi BUMN Bersama Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Pengelolaan Ikan

“Dengan estimasi peningkatan jumlah penumpang di musim arus balik tahun ini sebesar 6 persen dibandingkan dengan arus balik di periode yang sama pada lebaran tahun lalu,” sebut General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin.

Dia mengatakan, hingga H+3 Lebaran atau Sabtu, 13 April 2024, pihaknya mencatat arus penumpang embarkasi dan debarkasi di Pelabuhan Makassar mencapai 57.957 orang.

“Terdiri dari 31.621 orang penumpang embarkasi atau berangkat dan 26.336 orang penumpang debarkasi atau turun di Pelabuhan Makassar,” urainya.

Baca Juga : Pelindo Makassar Hadirkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Kaluku Bodoa

Menurut Iwan, angka tersebut masih akan terus bergerak mengingat puncak arus balik untuk moda transportasi laut khususnya di Pelabuhan Makassar baru akan terjadi pada H+10 Idulfitri 1445 H atau Sabtu, 20 April nanti.

Sementara itu Andy Hermawan, Junior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 4 Makassar menuturkan bahwa pihaknya terus memantau pergerakan arus balik di Pelabuhan Makassar.

Selain terlibat langsung di Posko Bersama Angkutan Lebaran Tahun 2024 bersama instansi terkait lainnya di area Pelabuhan Makassar, pihaknya juga berupaya selalu sigap dan siaga dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para penumpang kapal agar perjalanan mereka selalu aman, nyaman, lancar, dan tertib.

Baca Juga : Pelindo Makassar Latih Manajemen Koperasi untuk Program Teman Nelayan

“Kami juga setiap saat selalu memantau perkembangan di Pelabuhan Makassar secara online melalui CCTV atau kamera pengawas yang terpasang di hampir setiap sudut di area pelabuhan,” tukas Andy.

GM Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin menambahkan, pihaknya bersyukur mudik Lebaran tahun ini berjalan aman, lancar, dan tertib. “Alhamdulillah kegiatan mudik tahun ini berjalan lancar, semoga kondisi yang sama juga terjadi di arus balik ini,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...