Logo Sulselsatu

Pelabuhan Makassar Terpadat Saat Mudik dan Arus Balik Lebaran Idulfitri 1445 H di KTI

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 17 April 2024 07:45

Pelabuhan Makassar jadi pelabuhan terpadat di Kawasan Timur Indonesia selama musim mudik lebaran. Foto: Istimewa.
Pelabuhan Makassar jadi pelabuhan terpadat di Kawasan Timur Indonesia selama musim mudik lebaran. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pelabuhan sebagai salah satu pintu masuk dan keluar pun selalu dipadati masyarakat saat mudik lebaran Idulfitri 1445 H/2024 M.

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 sebagai pengelola 22 pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) kembali mengantisipasi arus balik usai disibukkan dengan arus mudik Lebaran hingga H-1 lalu.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, mengantisipasi arus balik lebaran Idulfitri tahun ini pihaknya terus berkoordinasi dengan semua instansi terkait khususnya instansi di area semua pelabuhan yang dikelola Pelindo di Regional 4.

Baca Juga : Pelindo Sinergi BUMN Bersama Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Pengelolaan Ikan

“Peningkatan layanan, pengamanan dan monitoring terus kami lakukan, agar arus balik kali ini tetap berjalan aman, nyaman, tertib, dan lancar seperti pada arus mudik lalu,” kata Abdul Azis.

Pengawasan yang dilakukan menurut dia, menjadi satu dalam sebuah Posko Bersama Mudik Lebaran Tahun 2024 yang terdiri dari semua instansi terkait yang ada di wilayah pelabuhan, seperti Kantor Otoritas Pelabuhan, Kantor Syahbandar, Pelindo, Kantor Navigasi, dan beberapa instansi lainnya.

Pelindo Regional 4 sendiri memprediksi puncak arus balik di semua pelabuhan kelolaan akan terjadi pada H+10 Lebaran atau Sabtu, 20 April nanti.

Baca Juga : Pelindo Makassar Hadirkan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Kaluku Bodoa

“Di saat itu, kami juga memperkirakan arus kapal dan penumpang terbanyak akan terjadi saat puncak arus balik tersebut,” sebutnya.

Seperti arus mudik, Abdul Azis menuturkan, arus balik Lebaran tahun ini pihaknya juga memprediksi trend pertumbuhan jumlah penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 sebesar 6 persen.

Di mana hingga H+5 Lebaran Idulfitri 1445 H atau Senin, 15 April 2024, pihaknya mencatat total jumlah penumpang kapal di 22 pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 sebanyak 457.872 orang sejak H-15 hari raya.

Baca Juga : Pelindo Makassar Latih Manajemen Koperasi untuk Program Teman Nelayan

“Terdiri dari 265.579 orang penumpang embarkasi atau naik kapal, dan 192.293 orang penumpang yang turun dari kapal,” imbuh Abdul Azis.

Sebagai pelabuhan terbesar dan menjadi hub di KTI lanjut dia, Pelabuhan Makassar selalu mencatat jumlah penumpang terbanyak baik selama arus mudik maupun arus balik Lebaran 1445 H, yakni 64.929 orang.

“Setelah Pelabuhan Makassar, menyusul Pelabuhan Ambon dengan 57.958 orang penumpang, lalu Pelabuhan Balikpapan 54.631 orang, kemudian Pelabuhan Parepare sebanyak 43.897 orang, dan Pelabuhan Ternate sebanyak 40.493 orang penumpang.”

Baca Juga : Hingga H+12 Lebaran 2024, Penumpang Pelindo Regional 4 Mencapai 667.012 Orang

Untuk arus kapal angkutan lebaran 2024, Executive Director 4 Pelindo Regional 4 menyebutkan Pelabuhan Manado mencatat rekor paling tinggi dengan 105 kunjungan atau call kapal.

“Selanjutnya pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 yang tercatat juga memiliki arus kunjungan kapal terbanyak yakni Pelabuhan Ternate 93 call, lalu Pelabuhan Kendari 76 call, Pelabuhan Ambon 68 call, serta Pelabuhan Makassar dan Nunukan masing-masing sebanyak 55 call kapal,” terang Abdul Azis.

Dia menambahkan, pihaknya senantiasa memantau setiap pergerakan penumpang dan kapal terkhusus di musim arus mudik dan arus balik Lebaran. Seperti diketahui bahwa pada momen-momen tersebut jumlah penumpang kapal dipastikan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Baca Juga : Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halalbihalal Idulfitri 1445 H, Silaturahmi Wujudkan Prestasi

“Pemantauan selalu dilakukan oleh seluruh tim di Posko Angkutan Lebaran 2024 di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4. Selain itu juga kami melakukan pemantauan secara online melalui CCTV atau kamera pengawas yang ada di hampir setiap sudut di semua cabang,” tukasnya.

Abdul Azis berharap arus balik kali ini berjalan aman, tertib, dan lancar, seperti pada arus mudik Lebaran tahun ini.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video24 Mei 2024 22:43
VIDEO: Pemotor Buang Surat Tilang, Klaim Punya Bekingan di Polda Metro Jaya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor menolak untuk ditilang. Bahkan pengendara motor tersebut membuang surat ti...
OPD24 Mei 2024 21:51
Genjot Akses Menuju Stadion Sudiang, Dinas PU Makassar Kembali Survei dan Ukur Jalan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Survey Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar kembali melakukan pengukuran akses jalan masu...
Politik24 Mei 2024 21:20
Muallim Tampa dan Badris Salam Berebut Rekomendasi Demokrat di Pilkada Sinjai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Sinjai berebut rekomendasi Partai Demokrat. Mereka ad...
Video24 Mei 2024 20:18
VIDEO: Rakernas V PDIP, Megawati Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
SULSELSATU.com – PDI Perjuangan menggelar Rakernas V pada Jumat, 24 Mei 2024, di Beach City International Stadium, Ancol. Acara tersebut dihadir...