Logo Sulselsatu

NasDem Mendengar Digagas RMS Berlanjut, Kali Ini Minta Masukan Untuk Pilwali Makassar

Asrul
Asrul

Minggu, 21 April 2024 17:42

Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse. Ist
Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Untuk mencari Kandidat pemimpin Kepala Daerah mulai dari Kandidat Pasangan Calon Guburnur – Wakil Gubernur, Wali Kota – Wakil Wali dan Bupati dan Wakil Bupati Kini NasDem Sulsel mimiki program NasDem Mendengar.

Program yang diinisiali langsung oleh ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse Mappassu itu kembali kembali digelar Sabtu (20/4/2024) malam.

Forum yang menghadirkah Akademisi, Komunitas Warkop dan Pimpinan Media dan Tokoh Pemuda ini mengangkat tema yang lebih spesifik NasDem Mendengar “Mencari Pemimpin Makassar”.

Baca Juga : RMS Minta Loyalisnya Solid Menangkan Andi Irwan Hamid di Pilkada Pinrang

NasDem untuk menentukan sikap siapa yang akan diusung belum mengambil keputusan karena masih menginginkan saran dan masukan dari para akademisi dan stakeholder lainnya.

“Saya mengatakan bahwa kita butuh masukan dan saran dari orang-orang pintar, orang cerdas dan senior-senior kita. Oleh karena itu sebelum kami di Nasdem memutuskan siapa yang akan kita usung kami membutuhkan masukan,” kata Rusdi Masse dalam Forum Interaktif itu.

Akademisi Prof Madjid Sallatu dan juga Dr Adi Suryadi Culla hadir sebagai pemantik dalam sesi Nasdem mendengar kali ini.

Baca Juga : Lepas Jabatan Bupati Pinrang, Irwan Hamid Temui RMS di Jakarta

Pengamat Politik Adi Suryadi Culla mengatakan, partai Nasdem di Sulsel memang berhasil menjadi pemenang pada pemilu di Sulsel setelah beberapa tahun didominasi oleh Golkar.

Dia mengapresiasi langkah Nasdem dengan menggelar kegiatan Nasdem Mendengar sebelum menentukan sikap pada pilkada serentak tahun ini.

“Tentu ini langkah yang cukup bagus. Apalagi Nasdem sebagai partai pemenang pemilu di Sulsel sekarang punya kekuatan besar,” katanya.

Baca Juga : Rusdi Masse dan Nurdin Halid Berpotensi Paketkan NasDem-Golkar di Pilwali Parepare

Dia bahkan menjelaskan, untuk esensi partai politik seharusnya bisa menempatkan kadernya di sektor-sektor pemerintahan. Karena memang tujuannya parpol seperti itu idealnya. “Saya pikir sudah saatnya Nasdem punya kader sendiri untuk diusung. Termasuk nama RMS,” katanya.

Meski demikian, dia mengatakan Nasdem tetap partai terbuka sehingga semua figur berpeluang diusung.

“Kalau kita lihat sekarang pendekatan Nasdem cukup bagus ke masyarakat dan ini sudah terbukti,” tandasnya.

Baca Juga : RMS Pastikan NasDem Usung Andi Irwan Hamid di Pilkada Pinrang

Akademisi Prof Madjid Sallatu dalam acara menyampaikan bahwa Makassar kedepan membutuhkan pemimpin yang paham tentang Fungsi pemerintahan.

“Mencari Tokoh visi Pemerintahan, yang paham tentang fungsi Pemerintahan agar pelayanan publik ini berjalan dengan baik,” kata Prof Madjid Sallatu.

Sementara itu Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan Fahir Halim yang juga hadir sebagai komunitas warkop memyampaikan, sesuai dengan tema diskusi tersebut bahwa bahwa pimpin dibutuhkan Makassar adalah pemimpin yang ingin mendengar masyarakatnya.

Baca Juga : Gerindra dan NasDem Beri Sinyal Jagokan Rudal di Pilwali Makassar

“Carilah pemimpin yang ingin mendengar masyakatnya. Bukan pemimpin yang mementingkan kepentingan pribadi. Pemimpin itu harus mendengar juga masyarakat,” ujar Fahir Halim.

Lanjut Fahir Halim, mengatakan dalam memilih pemimpin, ia mengisyarakat agar tidak lepas dari falsafah Bugis, petuah dan nasihat yang mengutarakan tentang norma-norma adab yakni macca, magetteng, malempu, dan ada tongeng atau komitmen.

“Untuk memilih pempimpin kota Makassar empat hal kriteria ini harus diperhatikan yakni macca, magetteng, malempu, dan ada tongeng atau komitmen,” jelas Fahir Halim.

Dalam diskusi itu sejumlah nama yang mencuat yang disebutkan peserta forum yang dinilai layak memimpin kota Makassar, dari Internal Partai NasDem Fatmawati Rusdi, Andi Rachmatika Dewi, Rudianto Lallo dan Mario David. Sementara dari eksternal ada Nama Rusdin Abdullah dan Munafri Arifuddin.

“NasDem ini terbuka untuk semua figur, baik internal maupun eksternal. Kita adakan forum atau diskusi seperti ini karena kita mendengarkan masukanta semua,” ucap Rusdi Masse.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....
Makassar18 Mei 2024 15:43
Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto melantik 5.975 Pj RT-RW sebagai amil zakat perorangan....