Logo Sulselsatu

Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 25 April 2024 22:02

Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Foto: Istimewa.
Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, SURABAYA – Kinerja Pemerintah Kota Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto tumbuh dan berkembang pesat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diraih.

Baru saja menerima penghargaan terbaik pertama penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVIII, di Halaman Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Baca Juga : Indira Yusuf Ismail Ajak Pengurus LDII Beri Edukasi Agama ke Lorong Wisata

Penghargaan tersebut merupakan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah secara Nasional Tahun 2023 berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2022.

Makassar berada di peringkat ketiga dengan skor 3,56 status kinerja tinggi. Angka itu tidak jauh dengan skor Surakarta di posisi kedua 3,57 dan Surabaya di posisi pertama dengan skor 3,58.

Tidak hanya mempertahankan predikat 10 besar kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, kali ini Pemkot Makassar berhasil naik peringkat di tiga besar.

Baca Juga : Danny Pomanto Diskusikan Kebijakan Pemda Terhadap Air di 10th WWF 2024 Bersama Menteri Tito dan AHY

Jika pencapaian ini terus dipertahankan atau masuk 10 besar tiga kali berturut-turut maka Makassar akan kembali meraih penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha untuk kedua kalinya di era pemerintahan Danny Pomanto.

“Alhamdulillah Makassar dari rangking enam naik menjadi rangking tiga, Insya Allah kalau masih 10 besar kita akan kembali memperoleh Parasamya Purnakarya Nugraha untuk kedua kalinya,” kata Danny Pomanto.

Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Negara kepada provinsi, kabupaten/kota yang telah melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan dengan kinerja terbaik.

Baca Juga : Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto

Periode pertama kepemimpinan Danny Pomanto, Makassar sudah pernah mendapatkan Parasamya Purnakarya Nugraha, suatu menjadi kebanggaan karena tak banyak kepala daerah yang bisa meraih penghargaan itu dalam satu periode menjabat.

“Periode pertama kami sudah pernah diganjar Parasamya Purnakarya Nugraha, dan alhamdulillah jika kita masuk lagi 10 besar maka kita bisa dapat lagi untuk kedua kalinya,” tuturnya.

Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah merupakan kerja keras seluruh jajaran Pemkot Makassar serta berkat dukungan masyarakat dan forkopimda.

Baca Juga : Kominfo Makassar Pastikan Pemerataan Jaringan dengan Monitoring Wilayah Kepulauan Sangkarrang

Apalagi ada lebih dari 800 indikator penilaian untuk bisa meraih Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah terbaik berdasarkan hasil evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2022.

“Adipura itu hanya satu kriteria dan WTP juga satu indikator, ini merupakan super penghargaan yang diberikan negara kepada pemerintah daerah,” tutupnya.

Puncak Peringatan Hari OTDA XXVIII di Surabaya juga dirangkaikan dengan penyematan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja kepada penyelenggara pemerintah daerah berdasarkan prestasi dan kinerja selama menjabat.

Baca Juga : Danny Pomanto Usul Intensif RT/RW Jadi Rp2 Juta Per Bulan

Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini merupakan penghargaan penting yang diberikan sekali seumur hidup pada kepala daerah dan sudah diraih Danny Pomanto pada 2017 periode pertama menjabat Wali Kota Makassar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video24 Mei 2024 22:43
VIDEO: Pemotor Buang Surat Tilang, Klaim Punya Bekingan di Polda Metro Jaya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor menolak untuk ditilang. Bahkan pengendara motor tersebut membuang surat ti...
OPD24 Mei 2024 21:51
Genjot Akses Menuju Stadion Sudiang, Dinas PU Makassar Kembali Survei dan Ukur Jalan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Survey Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar kembali melakukan pengukuran akses jalan masu...
Politik24 Mei 2024 21:20
Muallim Tampa dan Badris Salam Berebut Rekomendasi Demokrat di Pilkada Sinjai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Sinjai berebut rekomendasi Partai Demokrat. Mereka ad...
Video24 Mei 2024 20:18
VIDEO: Rakernas V PDIP, Megawati Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
SULSELSATU.com – PDI Perjuangan menggelar Rakernas V pada Jumat, 24 Mei 2024, di Beach City International Stadium, Ancol. Acara tersebut dihadir...