Logo Sulselsatu

Meriahkan Hari Kekayaan Intelektual se-Dunia 2024, MIC Kanwil Kemenkumham Sulsel Hadir Menyapa Warga Maros

Asrul
Asrul

Jumat, 26 April 2024 13:08

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAROS – Dalam rangka memeriahkan Hari Kekayaan Intelektual se-dunia 2024, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar Klinik Kekayaan Intelektual (KI) Bergerak yang bertempat di Mal Pelayanan Publik (MPP) Maros pada Kamis (25/4/2024).

Dalam pembukaannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum HAM) Hernadi dalam membacakan amanat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Hernadi berpesan agar inovasi dan kreativitas dapat menjadi awal tumbuh kembangnya KI pada masyarakat Maros sehingga nantinya mampu mendorong pembangunan berkelanjutan di Sulsel khususnya di Kab Maros.

“Kegiatan yang dikenal dengan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) ini, menghadirkan Sosialisasi dan Diseminasi Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran Merek bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), serta menghadirkan Layanan Konsultasi berupa Pendampingan Pendaftaran KI,” kata Hernadi.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Tekankan Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Organisasi

Mengutip amanat Kakanwil Liberti, Hernadi berpesan kepada jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) Maros agar lebih aktif dalam mendukung serta melindungi KI baik yang kepemilkannya bersifat personal maupun komunal.

“Tanpa dukungan pemda, maka akan sulit menciptakan ekosistem KI yang mampu menunjang kemajuan ekonomi suatu daerah,” ungkap Hernadi.

Hernadi berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan KI dan kemajuan perekonomian di Sulsel khususnya di Maros.

Baca Juga : Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kab Maros Nuryadi mengatakan pihaknya memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya pemetaan, inventarisasi, dan identifikasi potensi KI yang ada di Maros. Menurutnya, KI memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya saing di daerahnya.

“Kami bersama jajaran Pemda Kab Maros sedang berusaha menjalin kerjasama yang erat dengan berbagai pihak, yaitu Kanwil Kemenkumham Sulsel, Perguruan Tinggi, dan Instansi lainnya di Kab Maros. Melalui kerjasama ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan KI di Kab Maros,” kata Nuryadi.

Lebih lanjut Nuryadi katakan bahwa Pemda Kab Maros senantiasa menghargai KI dengan memberikan perlindungan yang layak. “Menghargai KI bukan sekedar memberikan hak secara ekonomi, memberi izin usaha, dan memberi perlindungan terhadap prosedur kegiatan secara teknis saja, melainkan yang terpenting adalah memberikan hak secara ekonomi dan hak secara moral,” papar Nuryadi.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Penyerahan Paspor Calon Jemaah Haji

Untuk itu, Nuryadi mengajak seluruh pihak untuk mengambil peran berkomitmen melindungi karya-karya KI. “Kita sadar bahwa melindungi karya adalah bukan sekedar kewajiban, tetapi investasi untuk masa depan. Kita harus mendorong masyarakat dan pemerintah daerah agar memberikan penghargaan yang layak terhadap karya-karya intelektual baik secara hukum maupun pengakuan atas karya tersebut,” pinta Nuryadi.

“Dengan melindungi karya kita, kita tidak hanya memastikan keberlangsungan kreativitas dan inovasi, tetapi memberikan kontribusi positif bagi pekembangan sosial, ekonomi, dan budaya di daerah kita,” harap Nuryadi.

Kegiatan MIC ini menghadirkan Sosialisasi dan Diseminasi yang disampaikan oleh 2 (dua) narasumber dari Kanwil Kemenkumham Sulsel yaitu Analis KI Madya Teguh Firmanto dan Analis KI Pertama Johan Komala Siswoyo. Di lokasi yang sama, MIC juga menghadirkan stand layanan konsultasi KI dimana masyarakat Kab Maros dapat mengkonsultasikan mengenai layanan KI.

Baca Juga : Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Desk Evaluasi Pembangunan ZI Rutan Selayar Menuju WBK Secara Daring

Hadir dalam MIC ini Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kab Maros Towadeng, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Maros Andi Baso Arman, Kepala Bidang Pelayanan Hukum Kanwil Mohammad Yani beserta jajaran.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 Mei 2024 18:02
VIDEO: Suami Fenny Frans Selingkuh dengan Pembantu Tua, Videonya Viral
SULSELSATU.com – Media sosial dihebohkan dengan kasus perselingkuhan yang terjadi di Kota Makassar. Kasus perselingkuhan menimpa owner skincare ...
Bisnis18 Mei 2024 17:17
FIFGROUP Siapkan Hadiah 250 Gram Emas Bagi Konsumen Pembeli Sepeda Motor Honda
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) menggelar program Panen Emas Honda dengan total hadiah 250 gram emas....
Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....