Logo Sulselsatu

Kemudahan Pembayaran KUR BRI Bantu IRT Desa Katangka Buka Usaha Tingkatkan Ekonomi Keluarga

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 29 April 2024 15:22

Satriani yang mengambil KUR BRI untuk membuka toko sembako. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.
Satriani yang mengambil KUR BRI untuk membuka toko sembako. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.

SULSELSATU.com, GOWA – Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dihadirkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI memberikan banyak kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan ini menjadi alasan masyarakat memutuskan mengambil KUR di BRI.

Hal tersebut dirasakan ibu rumah tangga (IRT) di Dusun Passallangngang Desa Katangka, Kabupaten Gowa, Sulsel. Satriani memutuskan mengambil KUR di BRI sebesar Rp20 juta untuk membuka toko sembako karena ada pilihan metode pembayaran yang ditawarkan.

KUR BRI kasih pilihan pembayaran yang bisa dilakukan setiap musim panen. Musimnya setiap 6 bulan sekali untuk bisa bayar. Jadi kami bisa tunggu hasil panen dulu baru bayar,” kata Satriani kepada Sulselsatu.com, Minggu (28/4/2024).

Baca Juga : BRI Peduli Salurkan Bantuan CSR di SDN 01 dan 02 Gunung Geulis Bogor

Ia menilai, pilihan pembayaran ini memudahkan dirinya yang juga seorang petani. Bisa buka usaha untuk sehari-hari sambil menunggu hasil panen.

Satriani menjelaskan, keputusan mengambil KUR BRI membuka toko sembako juga karena melihat potensi pembeli. Pembelinya ini beragam, dari yang tua hingga yang muda. Apalagi dekat dengan sekolah dan masjid.

“Pembelinya banyak dari anak-anak karena dekat sekolah dan masjid. Di masjid, anak-anak yang ikut Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) sering juga berbelanja, jadinya ramai,” jelasnya.

Baca Juga : Malam Inagurasi BRI Fellowship Journalism 2024, 50 Jurnalis Resmi Peroleh Beasiswa S2 dari BRI

Toko sembako milik Satriani jika sedang ramai bisa mengantogi pendapatan hingga Rp200 ribu per hari. Jika dalam sebulan, hitungan kasarnya ia bisa mendapatkan pendapatan sampai Rp2 juta.

Tidak seperti lainnya, Satriani menilai hanya BRI yang memberikan metode pembayaran per musim panen. Dirinya merasa sangat terbantu, dan tidak terbebani harus membayar setiap bulan.

“Ramai anak beli karena jarak sekolah dan masjid yang jadi lokasi TPA dekat. Mereka sering singgah saat pulang,” kata Sutriani.

Baca Juga : BRI Bagikan Mobil untuk AgenBRILink Berprestasi di Yogyakarta

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata menjelaskan, BRI Regional Office (RO) Makassar menargetkan penyaluran KUR pada tahun ini mencapai Rp17,157 triliun.

“Untuk Sulsel, BRI RO Makassar menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp12,818 triliun,” jelasnya.

Hendra Winata menjelaskan, ada tiga jenis KUR yang disalurkan BRI. Pertama itu, KUR Mikro dengan alokasi Rp10 juta hingga Rp100 juta.

Baca Juga : Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara

Lalu ada KUR Super Mikro sampai Rp10 juta. Dan, yang paling besar yaitu KUR Kecil kepada pelaku usaha produktif dengan nilai sebesar Rp100 juta hingga Rp500 juta.

Penyaluran KUR BRI awal 2024 ini menjadi yang tertinggi di Sulsel. Nominal KUR yang disalurkan BRI mencapai Rp1,90 triliun hingga posisi Februari 2024.

Hendra Winata menjelaskan, masyarakat yang ingin mengambil KUR bisa datang ke AgenBRILink. BRI tahun ini optimis akan mampu menyalurkan KUR sesuai target karena program AgenBRILink.

Baca Juga : Bantuan Tanggap Bencana, BRI Peduli Bantu Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

“Penyaluran KUR optimis akan bisa disalurkan juga dibantu dari program AgenBRILink. AgenBRILink ini sudah bisa menyalurkan KUR super mikro hingga Rp10 juta,” jelas Hendra Winata.

Mekanisme penyaluran kredit BRI dapat dilakukan secara individu. Tahapannya dimulai dengan pengajuan dengan melengkapi berkas e-KTP, KK, izin usaha, serta rekomendasi izin lain yang diperlukan.

Kepala Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Sulsel Supendi mengatakan, KUR yang berhasil disalurkan BRI mencapai Rp1,90 triliun dengan jumlah debitur mencapai 36.673.

BRI mencapai posisi pertama penyaluran KUR di Sulsel dari tujuh bank yang tercatat. Total penyauran KUR dari tujuh bank ini sebesar Rp2,36 triliun,” kata Supendi saat rilis kinerja APBN Anging Mammiri beberapa waktu lalu.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...