Logo Sulselsatu

15 Satker Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Entry Meeting Pembangunan ZI Oleh Inspektorat

Asrul
Asrul

Senin, 06 Mei 2024 21:27

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 15 Satuan Kerja (Satker) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) saat ini telah diusulkan oleh Unit Eselon I untuk mengikuti desk evaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI) Kemenkumham menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2024.

Sebelum dilaksanakan desk evaluasi, Kanwil Kemenkumham Sulsel selaku pembina dan ke-15 satker tersebut mengikuti kegiatan Entry Meeting Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK di Lingkungan Pengawasan Inspektorat Wilayah I, secara daring dari Kanwil dan Satker masing-masing pada Senin (6/5/2024).

Inspektur Wilayah I Ika Yusanti dalam paparannya menjelaskan mekanisme evaluasi TPI. Dalam mekanisme terdapat 4 (empat) tahapan yaitu Administrasi, Dokumen, Wawancara, dan Observasi Lapangan.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Advokasi Layanan Fidusia dan Monitoring Layanan Kenotariatan di Bone

“Dalam penyiapan dokumen, pastikan isinya harus menjelaskan mengenai penetapan tujuan (perjanjian kinerja/target kinerja). Selain itu, paparannya harus mencantumkan identifikasi dan mitigasi risiko pencapaian kinerja serta risiko integritas dalam pelayanan pada Satker,” kata Ika.

Lebih lanjut Ika juga meminta satker untuk memasukan data Rencana Aksi Program dan Progres Capaian Hasil Pembangunan ZI pada 6 (enam) area perubahan (before-after) bagi satuan kerja menuju WBK. Tidak ketinggalan, Ika meminta satker untuk menyertakan inovasi pada sektor pelayanan publik, peningkatan kinerja, dan penguaatan integritas untuk mencegah Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN).

“Sertakan juga capaian kinerja dan dampak hasil, juga prestasi dan penghargaan yang telah diraih satker,” tambah Ika.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Tekankan Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Organisasi

Ika melanjutkan bahwa dokumen paparan tersebut akan dipresentasikan pada saat Desk Evaluasi yang akan berlangsung pada tanggal 13 – 18 Mei 2024 mendatang.

Sebelum pemaparan, satker terlebih dahulu memutarkan video profil selama 10 menit. Lalu ke tahap pemaparan pembangunan ZI selama 20 menit, lalu lanjut ke tahap sesi wawancara dan tanya-jawab selama 60 menit.

Dalam mempersiapkan tahap wawancara tersebut, Ika meminta kepada setiap satker untuk menghadirkan kepala satker, seluruh ketua tim pokja beserta anggotanya, perwakilan pendukung pembangunan ZI, duta layanan, maskot (jika ada), dan produk kompensansi layanan (jika ada).

Baca Juga : Biro SDM Setjen dan Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pemantauan Kinerja dan Sosialsiasi e-Kinerja

“Pastikan seluruhnya hadir tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Ingatlah bahwa hasil evaluasi laprangan dapat mempengaruhi nilai pada area peningkatan kualitas pelayanan publik,” tegas Ika.

Ika juga meminta jajaran satkernya untuk tidak membuat seremonial penyambutan pada saat evaluasi lapangan dan tidak diperkenankan memberi bingkisan dalam bentuk apapun kepada tim evaluator.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak mengungkapkan bahwa ke-15 satker tersebut telah bersiap untuk mengikuti Desk Evaluasi Pembangunan ZI ini.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Penyerahan Paspor Calon Jemaah Haji

“Sebelum Desk Evaluasi ini, Tim ZI Kanwil Sulsel telah melakukan pendampingan pada 12 Satker Pemasyarakatan, 2 Satker Imigrasi, dan 1 Satker Adminstrasi Hukum Umum (AHU) sehingga betul-betul mempersiapkannya secara optimal,” ujar Liberti.

Liberti berharap melalui pendampingan tersebut, ke-15 satker dapat bersungguh-sungguh melakukan pembangunan ZI sehingga meraih predikat WBK.

Adapun Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih mengatakan proses pembangunan ZI menuju WBK harus melibatkan seluruh jajaran satker. Untuk itu, Indah berpesan untuk menjaga tekad dan semangat dalam membangun ZI, disertai komitmen bersama untuk selalu menjaga integritas juga menjadi kunci dalam mewujudkan WBK.

Baca Juga : Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Desk Evaluasi Pembangunan ZI Rutan Selayar Menuju WBK Secara Daring

“Pelaksanaan WBK sudah harus terimplementasi dalam setiap pelaksaan tugas sehari-hari,” ujar Indah.

Entry Meeting Desk Evaluasi Pembangunan ZI turut dihadiri oleh Para Pejabat Administrator dan Pengawas, dan Seluruh Kepala Satker beserta jajarannya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...