Logo Sulselsatu

15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI

Asrul
Asrul

Senin, 20 Mei 2024 22:36

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK)/Wilayah Bersih dan Melayani (WBBM) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkumham, di Ballroom Hotel Aryaduta Bandung, Senin (20/5/2024).

Sebanyak 15 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kanwil Sulsel masuk tahapan penilaian panel TPI setelah dilakukan evaluasi oleh TPI beberapa waktu lalu. Pada kegiatan panel ini Kanwil Sulsel diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Indah Rahayuningsih di dampingi dengan Kepala Bagian Program Khomaini, Kepala Subbagian Humas Meydi Zulqadri dan pelaksana pada Divisi Administrasi Nilda.

Dalam kegiatan ini, Inspektur Jenderal Kemenkumham mengungkapkan bahwa panel hasil evaluasi yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya Kemenkumham menilai sejauh mana satuan kerja di lingkungan kementerian telah melaksanakan prinsip-prinsip reformasi birokrasi dan membangun zona integritas.

Baca Juga : Menkumham Resmikan 33 Desa dan Kelurahan Sadar Hukum di Sulsel

“Sebagai Kementerian yang memiliki peran strategis dalam penegakan Hukum dan HAM, ada beberapa core layanan utama yang harus diperkuat dalam pembangunan zona integritas, yaitu layanan Pemasyarakatan, layanan Keimigrasian, layanan Administrasi Hukum Umum dan Hak Asasi Manusia, layanan Hak Kekayaan Intelektual, hingga layanan Pendidikan,” terang Reynhard.

Ia menambahkan, pada tahun 2024 ini dari total 784 Satker yang ikut kontestasi, telah tersaring 306 satker yang telah di usulkan oleh unit Eselon I Pembina kepada TPI. Seleksi ini mencerminkan komitmen untuk memastikan bahwa hanya satker dengan kesiapan dan dedikasi tinggi yang dapat melangkah lebih jauh dalam perjalanan ini.

“Dukungan penuh dari seluruh Jajaran Kementerian serta semangat reformasi birokrasi yang terus menguat, menjadi modal utama untuk mencapai target-target yang lebih menantang di tahun mendatang,” ungkap Itjen Kemenkumham

Baca Juga : Menkumham Yasonna Dianugrahi Gelar Adat Dari Kerajaan Gowa

Selanjutnya Itjen berpesan kepada TPI agar peluang satker semakin besar dalam meraih predikat WBK/WBBM hendaknya Memastikan tindak lanjut hasil pengawasan dari APIP/BPK telah selesai 100%; Memastikan hasil evaluasi penerapan SAKIP minimal “B” untuk menuju WBK dan minimal “BB” untuk menuju WBBM; Memastikan tingkat kepatuhan penyampaian LHKPN dan LHKASN; Komitmen dan pemahaman pimpinan serta pegawai terkait pembangunan ZI.

Dan Kualitas implementasi dari komponen pengungkit serta data dukung implementasinya; Inovasi-inovasi yang telah dilakukan oleh Satker; Menentukan penilaian dari hasil survei yang didapat dan Capaian kinerja dari Satker dan tren pencapaian kinerja pada tahun-tahun sebelumnya.

Kegiatan yang berlangsung dari 19 Mei hingga 23 Mei 2024 bertujuan untuk melakukan penilaian ulang terhadap satuan kerja yang diusulkan oleh TPI ke Panel TPI. Dimana panel tpi merupakan tahap yang dilakukan untuk memastikan bahwa hasil penilaian masing – masing anggota tpi yang dituangkan dalam LKE dan BA telah sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga : Resmikan Gedung Kanwil Kemenkumahm Sulsel, Yasonna Tekankan Pelayanan Publik

Adapun kehadiran Indah Rahayuningsih mewakili Kakanwil Liberti Sitinjak dalam dalam mengawal 15 Satuan Kerja Lingkup Kanwil Sulsel yang lolos ke Panel TPI menunjukkan komitmen Jajaran Kanwil Sulsel dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada semua satuan kerja di bawahnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik15 Juni 2024 17:12
Ini Alasan PKB Usung Andi Ina Pilkada Barru
SULSELSATU.com, BARRU – DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Barru mengusung Andi Ina Kartika Sari sebagai Bakal Calon Bupati Barru pada Pemiliha...
Video15 Juni 2024 16:15
VIDEO: Driver Ojol Antar Jenazah dari Makassar ke Pangkep
SULSELSATU.com – Seorang pria yang bekerja sebagai driver online mendapat orderan untuk mengantar jenazah dari Makassar ke Kabupaten Pangkep. Da...
Makassar15 Juni 2024 11:11
Danny Pomanto Kukuhkan Dewan Lorong se-Kota Makassar
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar....
Video14 Juni 2024 23:30
VIDEO: Viral, Sapi Qurban Lepas di Jalan Poros AP Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video viral memperlihatkan seekor sapi qurban lepas dan berlarian di tengah jalan. Peristiwa ini terjadi di Jalan Poros ...