Logo Sulselsatu

Capai Target Pendapatan 200 Persen, Manajemen RSUD La Mappapening Temui Prof Zudan untuk Tingkatkan Layanan

Asrul
Asrul

Minggu, 26 Mei 2024 11:27

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) La Mappapening melakukan audiensi ke Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. Zudan Arif Fakrulloh di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu, 25 Mei 2024.

Tujuan melaporkan layanan dan kinerja rumah sakit serta pendapatan rumah sakit milik Pemprov Sulsel. Demikian juga masukan dari Penjabat Gubernur.

Direktur RSUD Regional La Mappapenning Provinsi Sulsel di Bone, Erwan Tri Sulistyo, pelayanan unggulan di rumah sakit, diantaranya, pelayanan kesehatan ibu dan anak, juga penanganan penyakit dalam, pelayanan anak, pelayanan kandungan, serta pelayanan THT dan mata.

Baca Juga : Prof Zudan Ajak ASN Lingkup Pemprov Sulsel Hidup Sehat Lewat Senam

“Baru-baru ini kita tambah dengan dokter spesialis jantung. Jadi termasuk dengan dokter syaraf juga sudah kita miliki di situ,” sebutnya.

Penambahan layanan inilah yang menjadikan penambahan pendapatan rumah sakit ini naik.

Secara umum memang Rumah Sakit Lamappapening adalah rumah sakit, pendapatan belum bisa kita prediksi berapa pendapatan kita. Tahun 2024 ini sudah 200 persen dari target awal Rp2,5 miliar, kita mencapai Rp5 miliar.

Baca Juga : Pj Gubernur Prof Zudan Harap Festival Sulsel Menari Kembali Digelar Tahun Depan

“Tadi Pak Gubernur juga mengapresiasi pendapatan ini,” kata Direktur Rumah Sakit.

Adapun pendapatan pasien rata-rata yang dilayani 40-50 pasien. Sedangkan rawat inap sekitar 30-40 pasien. Adapun total pasien setiap bulannya 1.500 pasien.

Dia berharap, dengan jumlah peningkatan pasien ini pelayan yang diberikan bisa jauh lebih baik lagi.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Ajak Masyarakat Pulihkan dan Lestarikan Lingkungan

“SDM di sana memberikan layanan terbaik bagi masyarakat di seputaran Kabupaten Bone dan sekitarnya. Termasuk Soppeng, Maros, Sinjai dan Maros sebagai rumah sakit regional,” tandasnya.

Rumah sakit yang terletak di Desa Mappesangka Kecamatan Ponre Kabupaten Bone telah diresmikan 22 Agustus 2023.

Letaknya yang jauh dari Kota Makassar dan ibukota kabupaten diharapkan mampu menjadi alternatif rujukan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau.

Baca Juga : Hadiri Pengukuhan Tiga Guru Besar UIN Alauddin, Hamdan Juhannis: Prof Zudan Pemimpin yang Visioner

Hadirnya rumah sakit ini didukung dengan sumber daya manusia yang berkompeten dan profesional, serta didukung dengan sarana dan prasarana yang canggih dan mumpuni setara fasilitas rumah sakit internasional. Meski berstatus rumah sakit tipe C tapi memiliki fasilitas rumah sakit tipe A.

Diataranya, satu-satunya RS Pemerintah di Sulsel dengan teknologi pneumatic tube. Merupakan sistem sarana transportasi material handling dari satu ruangan keruangan lain, menggunakan volume udara melalui jaringan instalasi pipa dengan kecepatan 6meter/detik.

Serta didukung alat diagnostik berupa CT-Scan dengan 128 slices. Demikian juga keunggulan dental unit yang ada dilengkapi dengan kamera intra oral. Kamera intra oral ada alat yang digunakan untuk melihat/mendeteksi karies (lubang gigi), sehingga membantu dokter gigi. Untuk menjelaskan keadaan rongga mulut atau penyakit mulut pasien, Laparascopy, Funduscopy.

Baca Juga : Buka South Sulawesi Music Festival 2024, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan: Seni untuk Olah Jiwa

Demikian juga dengan Modular Operating Theater (MOT) adalah sistem terintegrasi yang digunakan untuk ruang operasi sehingga pelaksanaan operasi dapat berjalan secara efektif dan efisien. Alat lainnya, C-Arm sebagai salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau obyek dari pasien yang dapat dilihat langsung dengan cara fluoroscopy dengan bantuan layar monitor.

Demikian juga dengan ruang Instalasi Rawat Jalan. Terdiri dari ruang VIP, rawat inap standar kelas 3, 2 dan 1. Serta ruang perawatan isolasi. Adapun jumlah tempat tidur sebanyak 100 unit.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik23 Juni 2024 21:49
Survei SMRC Pilwali Makassar, Popularitas dan Elektabilitas Munafri Arifuddin Teratas
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini mengadakan survei di Kota Makassar. Dari ha...
Ekonomi23 Juni 2024 19:22
Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif
SULSELSATU.com, JAKARTA – Warga yang tinggal di sekitar area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta, merasakan perubahan positif di lingkungan tempat ti...
Politik23 Juni 2024 14:29
Jagoan PPP di Pilgub Sulsel Mulai Mengerucut, Danny dan Iwan Aras Menguat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua nama yang digadang-gadang maju pada Pemilihan Gubernur Sulsel November 2024 yakni Andi Iwan Darmawan Aras dan Moh...
Politik23 Juni 2024 13:41
Layanan Pemeriksaan Kesehatan Rusdin Abdullah Berlanjut, Kali Ini Sasar Warga di CFD Sudirman
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Layanan pemeriksaan keshatan Gratis, Rudal Care yang digelar car free day Jalan Sudirman Makassar sangat diminati mas...