Logo Sulselsatu

Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan Ada Caranya Agar Aman, Kalla Toyota Beri Tipsnya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 04 Juni 2024 14:22

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Memarkir kendaraan di jalanan menanjak atau menurun ada cara khususnya. Pengguna kendaraan harus paham caranya agar kendaraan aman.

Selain itu, penting untuk dipastikan kendaraan sudah tidak bergerak sedikit pun. Berikut ini, Kalla Toyota membagikan tips parkir kendaraan di tanjakan dan turunan agar tidak meluncur.

Marketing Communication Asst. Manager Kalla Toyota Andi Chairiza Bahrun mengatakan, parkir di turunan harus putar roda ke depan arah trotoar atau tepi jalan. Kemudian, gerakan kendaraan maju sampai bagian roda menyentuh trotoar.

Baca Juga : Rangga Got Talent Mencari Bakat, Daftarkan Dirimu dan Menangkan Hadiahnya

Tujuannya supaya trotoar dapat menahan mobil saat tiba bergerak maju.

“Untuk mobil dengan transisi manual gunakan rem parkir dan pindahkan ruas transmisi ke posisi R. Mobil bertransmisi otomatis gunakan rem parkir dan posisikan tuas transmisi pada posisi P,” kata Caca sapaanya, Selasa (4/6/2024).

Selanjutnya, untuk parkir di tanjakan, pengguna harus bisa memutar roda depan menjauh dari trotoar atau ke arah badan jalan, lalu gerakan kendaraan mundur sampai bagian roda depan menyentuh trotoar. Ini bisa menahan mobil kalau sampai bergerak turun.

Baca Juga : Ajak Anak ke TSM Makassar, Jangan Lewatkan Lomba Menggambar dan Mewarnai Toyota Expo

Pada mobil manual gunakan rem parkir dan tempatkan gigi di posisi 1. Dan, untuk mobil bertransmisi otomatis gunakan rem parkir dan posisi transmisi pada posisi P.

Namun, jika diperlukan, pengguna mobil bisa juga berikan ganjalan pada roda.

“Pelajari parkir paralel, harus punya keterampilan yang memadai mengingat posisi jalan menurun memberi tantangan tambahan ketika manuver parkir. Sebagian dari pengemudi kurang terampil ketika parkir paralel ditambah lokasi parkir di tanjakan atau turunan yang lebih sulit,” ujar Caca.

Baca Juga : Toyota Expo Resmi Dibuka, Toyota Hilux Rangga Jadi Bintang Utama

Terakhir kata Caca, Kalla Friends harus mengukur kemampuan saat ingin parkir dan jangan dipaksakan kalau medan parkirnya sulit.

Pastikan kondisi jalan aman saat ingin keluar dengan mengecek spion samping terutama di posisi jalan menurun.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama16 Juni 2024 21:52
Besok, Kapolres Jeneponto dan Jajarannya Kurban 50 Ekor Sapi
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Kapolres Jeneponto AKBP Budi Hidayat dan Jajarannya akan melaksanakan kurban 50 ekor sapi usai pelaksanaan shalat idu...
Metropolitan16 Juni 2024 19:00
Perayaan Idul Adha 1445 H, Pemkot Makassar Sembelih 62 Hewan Kurban
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan menyembelih sebanyak 62 hewan kurban dalam perayaan Idul Adha 1445 Hijriah. Hewan-hewan kur...
Makassar16 Juni 2024 18:26
Prof Zudan Apresiasi Danny Pomanto, Efektif Jaga Stabilitas Harga Pangan H-1 Idul Adha 1445 Hijriah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mendampingi Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh meninjau langsung har...
OPD16 Juni 2024 17:47
Kompaknya Ketua DPRD Sulsel Bersama Pj Gubernur Turun ke Pasar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulawesi Selatan Andi Ina Kartika Sari bersama Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh melakukan oper...