Logo Sulselsatu

Telkom Sebut Starlink Mitra dalam Menghadirkan Layanan Konektivitas Merata di Daerah 3T

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 05 Juni 2024 18:01

Jajaran direksi Telkom Indonesia saat Corporate Customer Gathering bersama mitra di Makassar. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.
Jajaran direksi Telkom Indonesia saat Corporate Customer Gathering bersama mitra di Makassar. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) masih terus berupaya menghadirkan layanan konektivitas secara merata di daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal).

Salah satu langkah yang dihadirkan adalah dengan melakukan kerja sama dengan Starlink melalui anak usaha Telkom yaitu Telkomsat. Telkomsat menggunakan teknologi konektivitas satelik milik Starlink untuk menghadirkan layanan konektivitas untuk daerah 3T.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, teknologi Starlink hadir untuk melengkapi layanan konektivitas hingga daerah 3T.

Baca Juga : Telkom Kolaborasi Bersama Google Lakukan Percepatan Transformasi Digital Indonesia

“Sebenarnya Starlink itu akan saling melengkapi. Starlink lebih layak hadir di daerah 3T bukan di daerah yang padat dengan kapasitas pelanggan besar sehingga bisa saling melengkapi,” jelas Ririek saat datang ke Makassar, Rabu (5/6/2024).

Ririek menjelaskan, Starlink menggunakan konektivitas berbasis satelit sehingga akan sulit untuk menjangkau jaringan di dalam rumah, bangunan, hingga mobil. Butuh antena untuk menangkap jaringan Starlink.

Kehadiran Starlink di Indonesia dianggap Telkom sebagai peluang. Dimana sebelumnya, Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia pada Kamis 15 Mei 2024 lalu.

Baca Juga : Digiland Run Tinggi Peminat, Lebih 4 Ribu Tiket Flash Sale dan Early Bird Sold Out

Kerja sama tersebut memungkinkan Telkomsat untuk menggelar layanan bisnis (business services) berbasis Starlink yang kompetitif dan setara dengan penawaran paket bisnis yang ditawarkan melalui website Starlink.

Smeentara itu, Komisaris Utama Telkom Bambang Brodjonegoro menjelaskan, Starlink sangat bermanfaat untuk daerah yang belum ada infrastruktur konektivitas yang memiliki viber optik dan gelombang radio.

“Negara kita negara kepulauan besar, masih banyak daerah belum bisa tercover seluruhnya dengan viber optik dan menara BTS, sehingga Starlink bisa hadir di situ untuk masyarakat terhubung untuk masyarakat lainnya,” jelas Bambang.

Baca Juga : NeutraDC Bersama KBRI Singapura Gelar Diskusi Panel Kebijakan Pelindungan Data

Bambang menjelaskan, Starlink yang hadir di daerah terpencil ini bisa menjadi mitra untuk menghadirkan konektivitas.

Sejauh ini, Telkom telah bekerjasama dengan Starlink untuk menjadi backhaul mendukung konektivitas untuk sejumlah pulau seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video12 Juni 2024 23:22
VIDEO: 50 Bangsal Pekerja Royal Sentraland Moncongloe Maros Terbakar
SULSELSATU.com – Bangsal pekerja di Perumahan Royal Sentraland, Moncongloe, Maros terbakar, Rabu (12/6/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar ...
Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...