Logo Sulselsatu

Kepala Divisi Pemasyarakatan Bersama Ombudsman RI Tinjau Fasilitas Pelayanan Publik Lapas Narkotika

Asrul
Asrul

Sabtu, 06 Juli 2024 08:37

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SUNGGUMINASA – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Yudi Suseno bersama Ombudsman RI kunjungi Lapas Narkotika Sungguminasa, Selasa (2/7)

Kunjungan ini dilakukan sebagai pemantauan dan pengawasan pada layanan dan fasilitas pelayanan publik.

Tim Ombudsman RI yang berkunjung terdiri dari 5 orang yaitu Anggota Ombudsman RI, Indraza Marzuki Rais, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sulsel, Ismu Iskandar, Kepala Keasistenan Pencegahan Maladministrasi Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, St. Dwi Adiyah Pratiwi, Asisten Muda Ombudsman RI Sulsel, Sekarwuni Manfaati dan Herwin Gunawan.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Pantau Jalannya SKD Catar POLTEKIM dan POLTEKIP

Turut hadir pula Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Sulsel, Yudi Suseno, Kabid Yantah, Keshab, Lola Basan, Baran dan Keamanan Kanwil Sulsel, Surianto serta Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI Kanwil Sulsel, Rahnianto serta Kepala LPP Sungguminasa, Yohani Widayati.

Tim Ombudsman RI di terima Kalapas Narkotika Andi Muhammad Syarif di ruang kerjanya.

Usai bertukar pikiran Dengan Kalapas, Tim ombudsman meninjau secara langsung fasilitas layanan dalam Lapas diantaranya Layanan Kunjungan, Dapur, Wartelsus, Kegiatan Kerja WBP, dan blok hunian warga binaan, serta tak lupa meninjau inovasi yang ada di Lapas Narkotika Sungguminasa.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pembinaan, Penataan Ketatalaksanaan, Workshop LKjIP dan SAKIP

Indraza dalam mengatakan, kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan pemantauan dan pengawasan pada fasilitas pelayanan publik di Lapas. “Kami ingin melihat bagaimana kondisi pelayanan di sini sebagai bentuk pengawasan Ombudsman RI,” ujarnya.

“Kami juga telah melakukan peninjauan kepada lapas-lapas lain Dan mendapatk terjadi berbagai masalah seperti misalnya over capacity, hunian yang padat dan kurang memadai, dan faktor kurang terjangkaunya lokasi sehingga dalam proses pembinaan ada hambatan,” lanjut Indraza.

Menanggapi hal tersebut, Kalapas, Andi Mohammad Syarif mengatakan bahwa kunjungan Ombudsman RI ini bisa mendorong peningkatan pelayanan di lapas Narkotika

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Keliling Toraja, Siarkan P2HAM dan Stranas Bisnis

Selanjutnya Andi menyampaikan kondisi pembinaan pada Lapas Narkotika Sungguminasa diantaranya kegiatan Rehabilitasi Sosial Therapeutic Community untuk Warga Binaan yang hampir mencakup seluruh WBP.

Menurutnya, Program Rehabilitasi TC pada Lapas Narkotika Sungguminasa menjadi salah satu program percontohan secara nasional yang membantu warga binaan untuk sembuh dan lepas dari penyalahgunaan narkotika.

Kepala Divisi Pemasyarakatan yang turut mendampingi Tim ombudsman mengatakan bahwa pihaknya melalui arahan Kakanwil Liberti Sitinjak terus melakukan pembenahan dan Peningkatan Pelayanan Publik di seluruh Lapas yang ada di Sulsel baik Dari segi Fasilitas maupun Dari sisi SDM. Selain itu juga meningkatkan Pelayanan kebutuhan dasar WBP.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama24 Juli 2024 12:06
Kelola Anggaran Dengan Baik, Polres Jeneponto Raih Penghargaan IKPA 100 Dari Kapolri
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan terhadap sejumla...
News24 Juli 2024 11:57
Pemkot Makassar Temukan Bukti Baru Kasus Sengketa Lahan SD Pajjaiang, Diduga Hak Milik Pemprov
Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menemukan novum atau bukti baru terkait lahan SD Pajjaiang yang saat ini bersengketa dengan pihak yang mengaku sebag...
Aneka24 Juli 2024 11:40
Astra Motor Sulsel Edukasi Safety Riding 107 Karyawan di Luwu Timur
107 karyawan PT Mars Cocoa Research di Luwu Timur mendapatkan edukasi safety riding dari Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer...
Makassar24 Juli 2024 11:13
98,8 Persen Pegawai PDAM Makassar Puas dengan Kepemimpinan Beni Iskandar
Perumda Air Minum Kota Makassar melakukan survei kepada internal pegawai. Sebanyak 1.220 pegawai ikut berpartisipasi dalam survei yang bertajuk indeks...