Logo Sulselsatu

Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rekonsiliasi Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan BMN Semester I 2024

Asrul
Asrul

Kamis, 11 Juli 2024 17:24

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, BEKASI – Sebanyak 17 orang pengelola keuangan lingkup Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) ikuti Rekonsiliasi dan Pemutakhiran Data Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Semester I Tahun 2024.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 08-12 Juli ini dibuka secara langsung oleh Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemenkumham RI, Wisnu Nugroho Dewanto yang turut diikuti oleh pengelola keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham se-Indonesia.

Wisnu dalam sambutannya mengapresiasi kepada para penyusun Laporan Keuangan dan Laporan BMN atas kontribusi positifnya dalam penyusunan Laporan Keuangan Kemenkumham Tahun 2023 sehingga dapat selesai tepat waktu dan dapat disampaikan kepada Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dan Kementeriaan Keuangan.

Baca Juga : Kemenkumham Sulsel Lakukan Pengumpulan Data Dampak Kebijakan Permenkumham Tentang Paspor Biasa dan Surat Perjalanan Laksana Paspor

“BPK RI telah menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) beserta opini atas laporan keuangan tahun 2023 kepada Presiden RI Joko Widodo. Alhamdulillah, Kemenkumham RI kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2023 yang ke-15 kali,” ucap Wisnu.

Wisnu dalam kesempatan ini menghimbau agar hasil pemeriksaan Tahun Anggaran 2023 diatas dapat dijadikan sebagai bahan mitigasi risiko untuk mencegah temuan berulang pada Tahun Anggaran 2024, serta tingkatkan pengendalian internal untuk mengoptimalkan pencegahan terhadap risiko.

“Untuk itu, saya berpesan agar setiap temuan pemeriksaan Tahun 2023 dan tahun-tahun sebelumnya dapat segera diselesaikan berdasarkan tindak lanjut rekomendasi BPK RI, baik berupa pengembalian ke kas negara maupun bersifat administratif,” pesan Wisnu.

Baca Juga : Tekankan Peningkatan Nilai Pengawasan dan Pengendalian, Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Rakernis BMN 2024

Sementara itu, Kepala Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN Feny Feliana di lokasi mengatakan jajarannya telah menyiapkan pelaporan keuangan secara lengkap, diantaranya memastikan proses pendetailan atas belanja persediaan dan aset pada aplikasi SAKTI sampai dengan Semester I TA 2024 sudah mencapai 100 %, serta sudah tidak ada To Do List pada Aplikasi SAKTI.

Lalu Feny ungkapkan bahwa semua temuan BPK RI dan Inspektorat Jenderal (Itjen) yang berdampak langsung terhadap nilai aset telah ditindaklanjuti 100%.

“Terhadap kesalahan pencatatan-pencatatan kode barang, baik berupa persediaan maupun aset, sudah dilakukan perbaikan ke kode barang yang seharusnya. Bahkan, hasil monitoring pada aplikasi ANDALAKU secara keseluruhan, jajaran satuan kerja (satker) kami telah mengupload data pada aplikasi tersebut,” sambung Feny.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Ajak Pelaku UMK Kota Palopo Daftar Perseroan Perorangan

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti Sitinjak berharap ke 17 orang pengelola keuangan yang mengikuti kegiatan tersebut dapat menyajikan laporan keuangan Kanwil Kemenkumham Sulsel sesuai standar akuntansi pemerintahan.

”Saya harap melalui pra rekonsiliasi beberapa waktu lalu, dapat menjadi modal dalam rekonsiliasi dan pemutakhiran data laporan keuangan dan BMN Kanwil Kemenkumham Sulsel. Hal tersebut dapat menjadi upaya mempertahankan opini WTP tahun ini,” harap Liberti.

Adapun Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Indah Rahayuningsih ungkapkan bahwa penyusunan laporan keuangan merupakan bentuk akuntabilitas Kanwil Kemenkumham Sulsel di dalam rangka mempertanggungjawabkan Pengelolaan Keuangan Negara.

Baca Juga : Dirjen HAM Ajak Jajaran Kantor Wilayah Implementasikan Permenkumham Nomor 16 Tahun 2024

”Saya yakin laporan keuangan kanwil telah disusun secara berkualitas. Hal ini dapat dilihat dari sinkronisasi dengan pelaksanaan anggaran satker, kepastian pengguna anggaran dan pengguna barang secara seimbang dan akuntabel, serta kepastian pengelolaan anggaran tepat sasaran,” ungkap Indah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News19 Juli 2024 10:18
PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) merilis Laporan Keberlanjutan 2023 dengan tema “Mining for Tomorrow: Sustaining Operations with Responsibility”...
Metropolitan18 Juli 2024 21:53
Danny Pomanto Globalkan Budaya Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja Lewat Event F8
SULSELSATU.com, JAKARTA – Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 selalu menyajikan hal-hal baru setiap tahunnya. Kembali digela...
Video18 Juli 2024 21:27
VIDEO: Kebakaran Alang-Alang di Pintu 1 Kampus Unhas
SULSELSATU.com – Alang-alang di pintu 1 Kampus Universitas Hasanuddin terbakar pada Kamis (18/7/2024) malam. Video kebakaran alang-alang tersebu...
Metropolitan18 Juli 2024 20:23
Perkuat Identitas Budaya Lokal, TP PKK Kota Makassar Sosialisasi Tata Cara Berbusana Daerah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TP PKK Kota Makassar menggelar sosialisasi tata cara berbusana daerah yang benar berbasis kearifan lokal. Kegiatan in...