Logo Sulselsatu

PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 11 Juli 2024 10:23

PT Vale IGP Pomalaa tanam bibit bakau peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Istimewa.
PT Vale IGP Pomalaa tanam bibit bakau peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, KOLAKA – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni kemarin turut dirayakan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kolaka dan masyarakat, PT Vale IGP Pomalaa melakukan penanaman ribuan bibit bakau di area pesisir, Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Selasa (4/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah karyawan dan kontraktor PT Vale IGP Pomalaa, Pj Sekretaris Daerah Kolaka, Asisten II Setda Kolaka, dan Forkopimda Kolaka.

Baca Juga : PT Vale Berpartisipasi di Kongres Pasitabe 2024, Dukung Pelestarian Budaya Suku Luwu Timur

Head of Project IGP Pomalaa Mohammad Rifai mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun untuk mengajak semua orang di dunia agar terlibat dalam upaya melindungi dan memulihkan bumi.

Dalam kegiatan ini, IGP Pomalaa menyiapkan 1.000 bibit bakau untuk ditanam di area pesisir seluas 1 hektare.

PT Vale IGP Pomalaa bertekad untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sangat penting untuk kehidupan yang baik bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.

Baca Juga : PT Vale IGP Pomalaa Dukung Kelestarian Lingkungan Melalui Kolaborasi Restorasi Ekosistem Pesisir

“Meskipun kami belum beroperasi, tapi semua kegiatan telah kami siapkan bentuk pengelolaannya, termasuk upaya minimalisasi gangguan terhadap lingkungan. Kami pun senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan pada tahap operasi maupun pascaoperasi,” katanya.

Penanaman bakau di pesisir Desa Totobo merupakan program lingkungan yang pertama kali dilakukan di IGP Pomalaa sepanjang tahun 2024.

Selain itu, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, PT Vale IGP Pomalaa juga melakukan beberapa kegiatan, di antaranya mengedukasi siswa SMPN 1 Pomalaa membuat pupuk kompos melalui Program Vale Goes to School.

Baca Juga : Pj Bupati Kolaka Sebut Program PPM PT Vale IGP Pomalaa Beri Sumbangsih Besar untuk Daerah

Kemudian, mengadakan lomba aneka kreasi pemanfaatan barang-barang bekas agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Kami juga akan ikut serta dalam kegiatan aksi bersih pantai bersama Pemda Kolaka dan masyarakat,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah Kolaka Muhammad Fadlansyah memuji komitmen PT Vale dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca Juga : Menlu Retno Sebut PT Vale Cerminan Perusahaan Komitmen ESG dan Kesejahteraan Masyarakat

Kata dia, keberadaan pohon bakau di area pesisir sangatlah penting sebagai penyangga ekosistem laut, sehingga semua pihak berkewajiban menjaga dan memelihara keberadaannya.

Menurutnya, aksi tanam ribuan bakau yang dilaksanakan PT Vale IGP Pomalaa bekerja sama dengan Pemda Kolaka merupakan upaya untuk menghijaukan wilayah Kolaka.

“Menjaga keberlangsungan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua. Semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga : PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023

Salah seorang warga Desa Totobo Reski mengaku senang dengan upaya PT Vale IGP Pomalaa dalam menjaga kelestarian alam di pesisir.

Ia berharap, bibit bakau yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat meningkatkan populasi keanekaragaman hayati di pesisir Desa Totobo.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 Juli 2024 18:08
VIDEO: Meunasah di Banda Aceh Disiram Air Got oleh Oknum Tak Bertanggung Jawab
SULSELSATU.com – Sebuah meunasah atau tempat belajar pendidikan agama Islam di Banda Aceh disiram air got oleh oknum yang tidak bertanggung jawa...
Olahraga25 Juli 2024 16:56
Pembalap Astra Honda Bertekad Bawa CBR Series Berjaya di ARRC Mandalika
Tampil di negeri sendiri, para pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini bertekad membawa CBR Series raih podium tertinggi pada gelaran balap Asi...
Ekonomi25 Juli 2024 16:02
Tumbuh Selektif dan Prudent, BRI Cetak Laba Rp29,90 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan entitas perusahaan anak atau BRI Group berhasil mencatatkan kinerja positif da...
Video25 Juli 2024 15:44
VIDEO: Kebakaran di Desa Tolada Luwu Utara, Rumah Ludes Terbakar
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Kebakaran di sebuah rumah di Desa Tolada, Dusun Lumu Lumu, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara pada Kamis (25/...