Logo Sulselsatu

PT Vale IGP Pomalaa Tanam Ribuan Bibit Bakau Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Kamis, 11 Juli 2024 10:23

PT Vale IGP Pomalaa tanam bibit bakau peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Istimewa.
PT Vale IGP Pomalaa tanam bibit bakau peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, KOLAKA – Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni kemarin turut dirayakan PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa.

Berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kolaka dan masyarakat, PT Vale IGP Pomalaa melakukan penanaman ribuan bibit bakau di area pesisir, Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Selasa (4/7/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, sejumlah karyawan dan kontraktor PT Vale IGP Pomalaa, Pj Sekretaris Daerah Kolaka, Asisten II Setda Kolaka, dan Forkopimda Kolaka.

Baca Juga : Solusi Strategis PT Vale Hadapi Tantangan di Industri Pertambangan

Head of Project IGP Pomalaa Mohammad Rifai mengatakan, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap tahun untuk mengajak semua orang di dunia agar terlibat dalam upaya melindungi dan memulihkan bumi.

Dalam kegiatan ini, IGP Pomalaa menyiapkan 1.000 bibit bakau untuk ditanam di area pesisir seluas 1 hektare.

PT Vale IGP Pomalaa bertekad untuk terus menjaga kelestarian lingkungan. Kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sangat penting untuk kehidupan yang baik bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.

Baca Juga : PT Vale Ikut Meriahkan Perayaan HUT ke-355 Sulsel, Pamerkan Produk UMKM Binaan

“Meskipun kami belum beroperasi, tapi semua kegiatan telah kami siapkan bentuk pengelolaannya, termasuk upaya minimalisasi gangguan terhadap lingkungan. Kami pun senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan pada tahap operasi maupun pascaoperasi,” katanya.

Penanaman bakau di pesisir Desa Totobo merupakan program lingkungan yang pertama kali dilakukan di IGP Pomalaa sepanjang tahun 2024.

Selain itu, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, PT Vale IGP Pomalaa juga melakukan beberapa kegiatan, di antaranya mengedukasi siswa SMPN 1 Pomalaa membuat pupuk kompos melalui Program Vale Goes to School.

Baca Juga : Pionir Pertambangan Berkelanjutan, PT Vale Indonesia Raih Terobosan Peringkat Risiko ESG Menengah

Kemudian, mengadakan lomba aneka kreasi pemanfaatan barang-barang bekas agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Kami juga akan ikut serta dalam kegiatan aksi bersih pantai bersama Pemda Kolaka dan masyarakat,” lanjutnya.

Sekretaris Daerah Kolaka Muhammad Fadlansyah memuji komitmen PT Vale dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.

Baca Juga : Transformasi Komunitas Dorong Keberlanjutan: PT Vale Indonesia Raih Subroto Award 2024

Kata dia, keberadaan pohon bakau di area pesisir sangatlah penting sebagai penyangga ekosistem laut, sehingga semua pihak berkewajiban menjaga dan memelihara keberadaannya.

Menurutnya, aksi tanam ribuan bakau yang dilaksanakan PT Vale IGP Pomalaa bekerja sama dengan Pemda Kolaka merupakan upaya untuk menghijaukan wilayah Kolaka.

“Menjaga keberlangsungan lingkungan merupakan tanggung jawab kita semua. Semoga kegiatan yang kita lakukan ini dapat berdampak positif dan bermanfaat bagi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga : Patuhi Regulasi SFR, PT Vale IGP Pomalaa Terapkan Sistem Pengadaan Terpadu

Salah seorang warga Desa Totobo Reski mengaku senang dengan upaya PT Vale IGP Pomalaa dalam menjaga kelestarian alam di pesisir.

Ia berharap, bibit bakau yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik sehingga dapat meningkatkan populasi keanekaragaman hayati di pesisir Desa Totobo.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...