Logo Sulselsatu

Pengerjaan Drainase KotaKu di Sungguminasa Telan Dana Rp678 Juta

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 22:42

Pengerjaan Drainase KotaKu di Sungguminasa Telan Dana Rp678 Juta

SULSELSATU.com, GOWA – Sekretaris Kabupaten Gowa Muchlis hadir langsung melakukan peletakan batu pertama pada pengerjaan drainase lingkungan di Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Sombaopu, Kamis (13/6/2019).

Pengerjaan drainase lingkungan ini merupakan program Kotaku Tanpa Kumuh (KotaKu) pada program Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM).

Koordinator KotaKu Nurliah Ruma mengatakan, drainase lingkungan yang dikerjakan dengan volume panjang 530 meter, dinding penahan tanah atau Talud sepanjang 150 meter, gorong-gorong drainase atau plat duiker sepanjang 1×6 meter dan RTH 150 meter. Pada pengerjaannya ini menghabiskan anggaran sekitar Rp678,2 juta.

Baca Juga : Momen Hari Jadi Gowa ke-702, Bupati Adnan Beberkan Capaian Realisasi Program yang Terus Meningkat

“Total dana Rp678,2 juta ini dengan rincian Rp565,1 juta dari BPM dan Rp113,1 juta dari swadaya masyarakat,” katanya.

Nurliah mengungkapkan, Kelurahan Sungguminasa merupakan kelurahan keenam yang dilakukan untuk kegiatan BPM ini setelah dilakukan di Kelurahan Batangkaluku, Kelurahan Romang Polong, Kelurahan Tompobalang, Kelurahan Pandang-pandang, dan Kelurahan Panccinongan. Bahkan ada beberapa kelurahan yang progres pengerjaannya telah mencapai 50 persen.

“Untuk sementara kegiatan BPM ini untuk enam kelurahan, khusus di Kelurahan Batangkaluku dan Romang Polong pengerjaannya sudah mencapai 50 persen,” bebernya.

Baca Juga : Tabligh Akbar Hari Jadi Gowa ke-702 Hadirkan Ustaz Das’ad Latif

Sementara Sekretaris Kabupaten Gowa Muchlis berharap pengerjaan drainase lingkungan tersebut bisa lebih dipercepat tanpa mengurangi kualitas, hal ini untuk mengejar ketertinggalan dari kelurahan lain. Apalagi pembuatan ini menyatu dengan konsep Kelurahan Pandang-pandang, Tompobalang hingga ke Jambatan Kambara.

“Apa yang telah dibangun saat ini saya harapkan bisa bertahan lama dengan cara dijaga sebaik mungkin oleh masyarakat sekitar. Salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan agar keindahan Kabupaten Gowa mampu kita wujudkan,” harapnya.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...