Logo Sulselsatu

Pindahkan Ibu Kota, Pemerintah Butuh Biaya Rp466 Triliun

Asrul
Asrul

Selasa, 18 Juni 2019 11:56

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Int)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Rencana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara kemungkinan besar bakal terealisasi kendati belum satupun daerah yang ditunjuk sebagai lokasi ibu kota negara yang baru.

Bappenas saat ini tengah memperkirakan biaya pemindahan ibu kota. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro berharap, dana pemerintah untuk memindahkan ibu kota negara bisa dianggarkan di dalam APBN 2020 meskipun dana yang dialokasikan belum signifikan.

Melansir CNNIndonesia, Selasa (18/6/2019), Bambang menyebut anggaran yang dialokasikan di dalam APBN 2020 mungkin baru sebatas persiapan, belum merambah konstruksi fisik. Rencananya, anggaran akan digelontorkan secara signifikan pada APBN 2021 mendatang.

Baca Juga : Calon Ibu Kota Baru Indonesia Cuma Tampung 1,5 Juta Orang

“Mungkin bisa dianggarkan di APBN 2020, tapi anggaran ini diturunkan signifikan 2021 mendatang,” jelas Bambang di Gedung DPR, Senin (17/6).

Ia juga memastikan bahwa anggaran pemerintah untuk pemindahan tak akan bejibun. Ini lantaran pemerintah mengedepankan pembangunan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), partisipasi swasta, serta kerja sama pemanfaatan aset untuk membangun ibu kota baru.

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pemindahan ibu kota sekiranya membutuhkan dana Rp466 triliun. Dari jumlah tersebut, APBN rencananya hanya akan mengambil porsi Rp30,6 triliun atau 6,56 persen dari kebuthan anggaran.

Baca Juga : Calon Ibu Kota Baru Indonesia Cuma Tampung 1,5 Juta Orang

Sementara itu, uluran tangan swasta diharapkan bisa mencapai Rp435,4 triliun atau 93,43 persen. Dari angka tersebut, sebanyak Rp340,4 triliun akan disediakan melalui skema KPBU dan sisa Rp95 triliun akan disediakan swasta murni.

“Sehingga ini bisa meminimumkan APBN untuk pembangunan ibu kota baru, dan APBN digunakan untuk infrastruktur dasar dan beberapa gedung pemerintah, istana, DPR dan lembaga tinggi lainnya,” jelas dia.

Menurut dia, pemindahan ibu kota baru terbilang cukup penting untuk mendiversifikasi perekonomian Indonesia. Ini lantaran 57 persen dari Produk Domestik bruto (PDB) dan 150 juta dari total 260 juta penduduk Indonesia terkonsentrasi di pulau Jawa.

Baca Juga : Calon Ibu Kota Baru Indonesia Cuma Tampung 1,5 Juta Orang

“Padahal, Jawa ini luasnya lebih kecil dibanding pulau lain. Sementara lokasinya hampir pasti di Kalimantan,” tutur dia.
Sekadar informasi, pembangunan ibu kota baru akan memakan waktu sekitar 5-10 tahun, di mana kondisi fisik kawasan ibu kota paling cepat rampung dalam waktu lima tahun.

Rinciannya, pembebasan lahan dan pembangunan infrastruktur dasar dilakukan pada 2020-2021. Kemudian, pembangunan fisik kawasan pemerintahan, seperti fasilitas utama dan penunjang dilakukan pada 2022-2024. Namun, bila pembangunan terpaksa ‘ngaret’, maka diharapkan pembangunannya tidak sampai melebihi 10 tahun.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Calon Ibu Kota Baru Indonesia Cuma Tampung 1,5 Juta Orang

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Hukum30 November 2022 23:14
Kapolda Sulsel Pimpin Press Release Hasil Operasi Pekat Lipu 2022
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kapolda Sulsel Irjen Pol Nana Sudjana didampingi Wakapolda Sulsel Brigjen Pol CH Patoppoi, Kabid Humas Polda Sulsel K...
Ekonomi30 November 2022 22:22
Semakin Jadi Andalan Masyarakat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp2,000 Triliun Meningkat 2 Kali Lipat
SULSELSATU.com – Kebutuhan transaksi finansial kini dapat semakin mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui Financial Super Apps BRImo. Mo...
Video30 November 2022 21:46
VIDEO: Walikota Makassar Danny Pomanto Main Latto-Latto Dengan Anak-anak
SULSELSATU.com – Permainan Latto-latto’ atau katto-Katto tengah ramai dimainkan anak-anak di Makassar dan sekitarnya. Bahkan Walikota Maka...
Tokoh30 November 2022 21:30
Nuraeni Putus Lingkaran KDRT Lewat Kelompok Perempuan Berdaya
Cara Nuraeni memutus rantai KDRT lewat kelompok perempuan berdaya...