Logo Sulselsatu

Pemkab Gowa Gandeng Polres Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk

Asrul
Asrul

Selasa, 18 Juni 2019 23:58

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) melakukan Pencanangan Bulan Bakti Bhayangkara KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Gowa di Halaman Kantor Desa Kampili Pallangga, Selasa (18/6/2019).

Kadis PPKB, Sofyan Daud mengatakan, pencanangan tersebut dilakukan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk dengan meningkatkan pengelolaan dan pelaksanaan pelayanan KB dan kesehatan melalui bakti bayangkara atau bekerjasama dengan kepolisian.

“Bhakti Bhayangkara ini merupakan
agenda nasional yang terprogram, terkoordinasi, dan terintegrasi untuk meningkatkan peningkatan kesertaan ber-KB bagi masyarakat, untuk memilih kontrasepsi jangka panjang sepedti IUD dan implant,” ungkapnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Beri Nama Adat Gowa Daeng Tojeng kepada MenPANRB

Ia mengaku apabila laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Gowa tidak terkendali, maka akan berdampak luas karena tidak seimbangnya SDA yang bisa diolah dan lapangan kerja yang terbatas.

“Dari data BPS pertumbuhan penduduk di Gowa mencapai 13 ribu setiap tahunnya, dan hingga saat ini penduduk di Gowa sebesar 753 ribu jiwa, sehingga salah satu cara untuk menekan pertumbuhan yakni dengan pencanangan KB kesehatan ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan kegiatan seperti ini sangat baik dilaksanakan, apalagi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menekan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : MenPAN-RB Kagum Layanan MPP Kabupaten Gowa, Siap Jadi Contoh MPP Digital

“Salah satu cara menaikkan kesejahteraan masyarakat yaitu menahan laju pertumbuhan penduduk dengan ber-KB,” katanya.

Adnan menjelaskan dalam menekan pertumbuhan penduduk tersebut dibutuhkan kerjasama semua stakeholder termasuk jajaran kepolosian dan bhayangkara untuk melakukan sosialisasi, tentang pentingnya merencanakan sebuah keluarga dengan dua anak cukup, dan mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pencanangan ini.

” Pemerintah tidak bisa jalan sendiri, sehingga inilah inovasi yang dilakukan dan dibutuhkan kerjasama dari semua pihak, semoga dengan bekerjasama dengan kepolisian, kegiatan ini tidak berakhir hanya sampai pencanangan, namun bisa ditularkan kesemua pihak dan berjalan dengan baik dan lancar,” harap orang nomor satu di Gowa itu.

Baca Juga : Bupati Adnan Terima Kunjungan Tim Korsupgah KPK RI

Ditempat yang sama, Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, sangat menyambut baik pencanganan ini. Memurutnya seiring berkembangnya jaman, masyarakat dituntut untuk merencanakan dalam membangun keluarga sehingga muncullah istilah KB.

” Lebih baik kita merencakan dua anak untuk mendidik anak tersbut agar tumbuh menjadi manusia yang berkualitas dan produktif,” tegasnya.

Sekadar diketahui kegaiatan ini diselenggarakan di 18 kecamatan dengan target 6446 dari PPM Akseptor baru, dengan rincian IUD 167 akseptor, MOP 5 akseptor, MOW 99 akseptor, implant 650 akseptor, suntik 3907 akseptor, pil 1493 akseptor, dan kondom 125 akseptor. Turut hadir 300 peserta dari kecamatan, kepolisian, pimpinan puskesmas, dan SKPD lingkup Pemkab Gowa.

Baca Juga : Pasien Meninggal Akibat Tidak Dapat Pelayanan, Bupati Adnan Sidak Pelayanan RSUD Syekh Yusuf

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...