Logo Sulselsatu

Dinas Perkebunan Wajo dan PT Cargil Distribusikan Premium ke Petani Kakao

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 12:10

Dinas Perkebunan Wajo dan PT Cargil Distribusikan Premium ke Petani Kakao

SULSELSATU.com, WAJO – PT. Cargill kerjsama dengan Dinas Perkebunan Kabupaten Wajo mengadakan acara Ceremony pendistribusian premium tahun pertama dan program sertifikasi UTZ PT. Cargill Indonesia bagi petani kakao certificate holder di Kabupaten Wajo, dengan masa sertifikat 1 Maret 2018 sampai dengan 28 Februari 2019 yang dilaksanakan ruang kantor Bappeda Kabupaten Wajo, Rabu 19 Juni 2019.

Adapun pencapaian PT. Cargill di Kabupaten Wajo Sebanyak 1261 petani kakao sudah mengikuti Sekolah lapang petani dan sebanyak 1224 petani kakao telah tersertifikasi UTZ dan bergerak di 3 Kecamatan di Kabupaten Wajo diantaranya Gilireng, Keera dan Pitumpanua.

Dalam acara audensi hari ini Roni CH yang merupakan perwakilan dari pedagang Kakao menyampaikan rasa puasnya karna adanya transparansi harga dan memperpendek pasar dan memperhatikan biji kakao, dengan program ini Cargill memberikan premium kepada petani dan tetap menjaga kualitas biji.

“Dulunya tidak ada pembinaan kepada petani dan kualitas tidak diperhatikan, semoga petani kakao lebih sejahtera kedepan dan peningkatan biji kakao yang ada di Kabupaten Wajo,” ungkapnya.

Sambutan dari PT. Cargill yang dibawakan oleh Ibu Talita Wibisono menyampaikan bahwa PT. Cargill mengedapankan transparansi kemitraan antara petani, pedagang, Pemda dan Cargill dan selama ini sudah baik, dan tidak mudah mempertahankan hal semacam ini.

“Kami bangga dengan Kabupaten Wajo, karna banyak program kami yang tersebar di Sulawesi dan Flores dan yang terbaik ada di Kabupaten Wajo, produksi dari Wajo sangat luar biasa, sehingga jumlah premium yang akan dibagikan kepada petani bersertifikasi sebesar Rp. 727 juta,” ungkap Talita Wibisono.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud menyampaikan bahwa akan bersinergi membangun kakao dari hulu ke hilir dan disampaikan bahwa pertemuan ini menjadi spirit untuk semakin berbenah , juga terkait keberhasilan petani kakao yang sudah bersertifikasi.

“Bagaimana standar Kakao kita bisa bersertifikasi nasional sehingga nantinya bisa mencapai standar pasar internasional, PT. Cargill kedepannya bisa ekspansi ke Sulawesi dan daerah yang bertentangga dengan Sulsel, dan bila PT. Cargill bisa menghadirkan Industrinya dengan melakukan studi layak tentunya terlebih dahulu, maka kami akan wellcome,” harap Dr. H. Amran Mahmud.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam 3 tahun kedepan akan menjadikan Wajo sebagai Icon wisata di Sulawesi Selatan sehingga ditargetkan ribuan wisata domestik dan manacanegara datang di Wajo.

Juga disampaikan bahwa kalau bisa mengolah biji kakao dan dikreasikan menjadi home industri sehingga menjadi sesuatu yang lain, mengolah coklat, membina UKM, sehingga dengan demikian mencetak 10.000 enterpreneur untuk membackup program kedepan, dan bila ada kendala sampaikan ke Pemerintah untuk dicarikan solusi, dan ucapan terima kasih atas pembinaan Cargill kepada petani di Wajo, jelas Bupati Wajo.

“Manfaatkan tekhnologi sederhana untuk membina petani kita, orientasi hilirisasi dan industrialisasi karna kita berorientasi ekspor, sehingga masyarakat kita semakin berdaya yang ujung ujungnya finansial masyarakat meningkat,” ungkap Dr. Amran Mahmud menutup sambutannya. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...
Video26 November 2022 15:58
VIDEO: Gerombolan Monyet Liar ‘Serang’ Pemukiman Warga di Bandung
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan gerombolan monyet menyerang pemukiman Warga Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam video terlihat sekita...
Pendidikan26 November 2022 12:25
Undang Reviewer Nasional, LP2M UNM Ajak Dosen Kembangkan Kualitas Penelitian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar has...
Makassar26 November 2022 11:43
PHRI Bike Tour 2022 Lewati Destinasi Wisata, Kesempatan Perkenalkan Pariwisata Makassar
PHRI Bike Tour hadir di Makassar, momen perkenalkan pariwisata Makassar...