Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Bakal Sosialisasi Kantong Ramah Lingkungan

Asrul
Asrul

Senin, 24 Juni 2019 10:32

Pemkot Makassar Bakal Sosialisasi Kantong Ramah Lingkungan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejumlah ritel modern dan minimarket telah memberlakukan pembatasan penggunaan kantong plastik dengan penerapan kantong plastik berbayar. Kesadaran masyarakat untuk membawa kantong belanja sendiri juga sudah mulai terlihat meski baru sebagian orang.

Hanya saja, penggunaan kantong plastik kresek masih sangat masif dalam transaksi jual beli di pasar tradisional. Meskipun masyarakat membawa keranjang belanja sendiri namun penggunaan kantong kresek agak sulit dielakkan lantaran barang-barang yang dijual di pasar tradisional sebagian besar bukan produk kemasan.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, mengatakan bahwa pihaknya akan membuat surat edaran terkait larangan penggunaan kantong kresek. Larangan tersebut juga rencananya akan merambah ke pasar tradisional.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta Pedagang Percayakan Polemik Pengelolaan Pasar Butung ke Pemkot Makassar

“Sekarang ini, kami dari pemkot akan membuat surat edaran bahwa bukan lagi pengurangan tapi memang tidak menggunakan kantong kresek. Tapi kalau kita ingin mengimbau seperti itu tentu harus ada solusinya di masyarakat,” ujar Maya, sapaannya, Senin (24/6/2019).

Maya mengatakan bahwa inovasi kantong yang terbuat dari ubi kayu bisa menjadi solusi lain. Sebab kantong jenis ini dapat digunakan beberapa kali dan juga dapat hancur dengan tanah sehingga hal ini perlu sosialisasikan ke masyarakat

” Ini juga akan kita sosialisasikan. Memang harganya lebih mahal sedikit dari kantong kresek tapi penggunaan ini lebih bagus dibandingkan kita menggunakan kantong kresek,” kata dia.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

Selain itu, Maya mengaku pihaknya juga akan menyosialisasikan penggunaan kantong ubi kayu kepada pengusaha laundry yang juga dinilai banyak menggunakan kantong plastik.

“Nanti kita akan sosialisasikan bagaimana menggunakan kantong dari ubi kayu,” ujarnya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video30 November 2022 21:46
VIDEO: Walikota Makassar Danny Pomanto Main Latto-Latto Dengan Anak-anak
SULSELSATU.com – Permainan Latto-latto’ atau katto-Katto tengah ramai dimainkan anak-anak di Makassar dan sekitarnya. Bahkan Walikota Maka...
Tokoh30 November 2022 21:30
Nuraeni Putus Lingkaran KDRT Lewat Kelompok Perempuan Berdaya
Cara Nuraeni memutus rantai KDRT lewat kelompok perempuan berdaya...
Makassar30 November 2022 19:11
Respon Instruksi Danny Pomanto, Dinas PU Lakukan Pengerukan Sedimen di Saluran Sekunder
Danny pomanto minta dinas PU lakukan perawatan drainase ...