Logo Sulselsatu

Akhirnya, Sandi Beri Selamat ke Jokowi

Asrul
Asrul

Senin, 01 Juli 2019 12:27

Sandiaga Salahuddin Uno. (Int)
Sandiaga Salahuddin Uno. (Int)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno akhirnya mengucapkan selamat atas penetapan paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terlebih bersama Prabowo ia sudah menyampaikan pernyataan menghormati putusan Mahkamah Konstitusi.

Melalui video yang diunggah di akun instagramnya, @sandiuno, Sandiaga menyatakan berkontribusi pada negara tak harus selalu dari dalam pemerintahan.

Baca Juga : VIDEO: Telan Investasi Rp5,4 Triliun, Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Baru Makassar

“MK (Mahkamah Konstitusi) telah menyatakan paslon 01 sebagai pemenang Pilpres 2019. Dengan demikian, Joko Widodo-Ma’ruf Amin akan memimpin 5 tahun mendatang. Hari ini (kemarin) kita akan menyaksikan penetapan presiden-wapres terpilih oleh KPU,” kata Sandi.

“Untuk itu, saya mengucapkan selamat bekerja, selamat menjalankan amanat rakyat, selamat berjuang untuk terus mencapai cita-cita keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” dia menambahkan.

Sandi menyebut wajar jika ada kekecewaan dari pihaknya lantaran dinyatakan kalah dalam Pilpres 2019. Namun demikian, ia menggarisbawahi bahwa menang-kalah adalah kepastian dalam pemilu dan itu adalah bagian dari usaha untuk membangun bangsa.

Baca Juga : VIDEO: Penjelasan Presiden Jokowi Soal Presiden Boleh Kampanye

“Perjuangan kita tidak berhenti sampai di sini, dan berjuang untuk memajukan bangsa dan negara tidak harus selalu dilakukan dari dalam struktur pemerintahan. Ikhtiar untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan mewujudkan keadilan seluruh rakyat Indonesia dapat dilakukan dengan banyak cara,” tuturnya.

Menurut dia, pilihan untuk berjuang dari luar pemerintahan terkait dengan upaya untuk menjaga demokrasi berjalan dengan sehat. Bahwa, perlu ada fungsi kontrol dan pengawasan terhadap pemerintah.

“Karena dmeokrasi yang sehat ibarat tepukan tangan. Diperlukan dua tangan untuk bertepuk. Bila demokrasi ingin sehat harus ada perimbangan antara yang jalankan pemerintahan dengan yang mengontrol jalannya pemerintah,” ucap dia sambil menepukkan tangannya.

Baca Juga : VIDEO: Emak-emak Minta Handuk Bekas Jokowi saat Main Bola dengan Anak-anak Papua

Soal posisi pihaknya nanti, Sandi menyinggung sejumlah cabang pemerintahan. Yakni, eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

“Berbagai peran dalam menjalankan pemerintahan dapat dilakukan dalam melalui berbagai cabang pemerintahan tadi,” kata dia.

“Dengan demikian mekanisme saling jaga, saling kontrol, saling mengingatkan secara sehat dan beradab dapat dilakukan,” tambahnya.

Baca Juga : Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Bawa Indonesia Bangkit, Wujudkan Pariwisata Berkelas Dunia

Tak lupa, Sandi meminta semua pihak untuk bersatu pasca-Pilpres 2019 ini.

“Perbedaan pilihan politik tidak harus membuat kita bermusuhan. Kekecewaan terhadap diri kita oleh sebab apapun tidak harus membuat kita berhenti berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara,” kata dia.

“Kami akan terus menajalin silaturahim, komunikasi erat dengan berbagai pihak untuk mencari solusi bersama atas berbagai persoalan kebangsaan dan kenegaraan,” imbuh Sandi.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi Lantik Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

Pasca-pilpres 2019, wacana rekonsiliasi lewat pembagian posisi bagi lawan politik mengemuka. Wakil Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Faldo Maldini pun sempat menyebut ada kemungkinan Sandi diberi posisi menteri di pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Sementara, Prabowo dikabarkan akan mendapat posisi Dewan Pertimbangan Presiden.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...