Logo Sulselsatu

Hasil SBMPTN Diumumkan Hari Ini

Asrul
Asrul

Selasa, 09 Juli 2019 08:12

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SULSELSATU.com, JAKARTA – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara serentak hari ini, Selasa (9/7/2019).

Dilansir CNNIndonesia, LTMPT yang menjadi penyelenggara SBMPTN menyatakan informasi hasil tes dapat dilihat di situs SBMPTN sejak pukul 15.00 WIB atau 16.00 Wita.

Pada tahun 2019, peserta SBMPTN mencapai 780.806 siswa. Namun, hanya 714.651 orang yang mengikuti Uji Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Mereka memperebutkan kursi di 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Baca Juga : Link Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022

Dari jumlah yang mengikut UTBK, sebanyak 360.329 orang mengikuti tes program studi saint dan teknologi (saintek), 345.895 mengikuti tes program studi sosial hukum (soshum), dan sisanya 8.247 pendaftar mengikuti tes campuran (saintek dan soshum).

SBMPTN berbeda dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN dilakukan dengan menyaring calon mahasiswa yang berprestasi secara akademik menggunakan nilai rapor SMA dan prestasi lainnya yang berhubunhan dengan program studi yang dipilih.

Namun dalam penerimaan mahasiswa melalui SNMPTN, rekam jejak SMA juga dipertimbangkan.

Baca Juga : UNM Bakal Terapkan Protokol Kesehatan pada UTBK SBMPTN 2020

Sementara itu SBMPTN merupakan sebuah uji tertulis yang dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang tidak dapat mendaftar SNMPTN. Pada tahun ini dilakukan juga dengan seleksi menggunakan hasil dari UTBK yang dilakukan sebelum seleksi SBMPTN. Artinya, calon mahasiswa yang ingin mengikuti SBMPTN harus memiliki nilai UTBK sebelumnya.

Editor: Hendra Wijaya

 Komentar

 Terbaru

Makassar07 Agustus 2022 21:44
Ketua KONI Makassar dan Camat Tallo Buka Turnamen Sepak Bola Piala Ketua DPRD Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Camat Tallo Alamsyah Sahabuddin bersama Ketua KONI Makassar Ahmad Sosanto berkunjung ke Kelurahan Lakkang Kecamatan T...
Politik07 Agustus 2022 21:38
Lautan Manusia Padati Senam Sehat Amir Uskara di Bontonompo Gowa
SULSELSATU.com, GOWA – Animo masyarakat Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, untuk bertemu dengan Anggota DPR RI Amir Uskara yang juga Wakil Ketua ...
Sulsel07 Agustus 2022 20:34
Syaharuddin Alrif Optimis Luwu Raya Jadi Basis Partai NasDem
SULSELSATU.com, LUWU – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Sulawesi Selatan, kembali bakar semangat seluruh kader di Kabupaten Luwu. Keha...
Makassar07 Agustus 2022 19:27
Dukungan Relawan Desa Tambah Kekuatan Ganjar Pranowo di Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Basis kekuatan pendukung Ganjar Pranowo di Sulsel bertambah. Kali ini dari ribuan orang yang tergabung dalam Jaringan...