Logo Sulselsatu

Ini Jurus Jitu Pemkot Parepare Optimalkan Pendapatan Asli Daerah

Asrul
Asrul

Senin, 15 Juli 2019 18:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Pemerintah Kota Parepare menggelar sosialisasi pajak berbasis online, sebagai upaya memberikan pemahaman khususnya kepada para pelaku usaha hotel, restoran dan hiburan tentang sistem pajak secara online, di ruang pola kantor Walikota, Senin (15/7/2019).

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, sosialisasi ini merupakan salah satu langkah strategis yang dilakukan dalam meningkatkan pemahaman pelaku usaha. Tujuannya agar pemerintah mampu mengoptimalkan PAD, sebagai wujud dukungan pembangunan yang berdampak pada kesejahteraan rakyat.

“Diharapkan sosialisasi ini mampu membangun sinergi antara pengusaha hotel, restoran dan hiburan, agar PAD Kota Parepare akan terus meningkat dan berdampak pada peningkatan kualitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga : Untung Menggiurkan, Kejari-Pemkot Parepare Komitmen Berantas Mafia Pupuk

Menurut Taufan, penerapan pajak online ini adalah salah satu upaya optimalisasi pendapatan daerah dari pajak restoran, hotel dan restaurant.

“Kami berharap kerjasama kepada pengusaha restoran, warung makan, kafe dan wajib pungut pajak lainnya, agar menggunakan aplikasi perekaman pajak online pada setiap aktivitas belanja di tempat usahanya,” imbau Walikota bergelar doktor hukum itu.

Penggunaan alat itu, kata Taufan, tidak hanya terkoneksi dengan pemerintah kota, namun alat canggih berbasis IT tersebut juga dipantau langsung oleh KPK, guna mengantisipasi kebocoran akibat ulah pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Jembatan Kembar Parepare Akan Diresmikan Pada HUT Kota ke-63

Pemkot Parepare akan melakukan secara bertahap pemasangan aplikasi perekaman pajak online di restoran dan warung makan. Jika semua alat perekaman yang disediakan oleh Bank Sulselbar telah siap, maka akan dilakukan pemasangan di setiap hotel dan tempat wajib pungut pajak lainnya,” tandas dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...