Iqbal Suhaeb Soroti Tumpukan Sampah di Manggala

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb, menyoroti tumpukan sampah di Jalan Dg Hayyo, Pattunuang, Kelurahan Bittoa, Kecamatan Manggala. 

Iqbal menyoroti masalah tersebut saat berkunjung dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan Pemuda Pancasila di lokasi tersebut pada Minggu (27/7/2019) pagi, sebagai bentuk sinergitas dengan Pemkot Makassar dalam menciptakan Makassar bersih.

Dalam peninjauannya, Iqbal menyoroti pembersihan kanal, drainase dan sampah yang ditumpuk warga. Bukan itu saja, tampak pula Iqbal Suhaeb mengamati kebersihan yang ada di tiap-tiap rumah warga. 

Melihat kondisi di lapangan, ia pun meminta camat, lurah, RT dan RW setempat agar segera mengawal dan mengawasi kebersihan lingkungan.

“Jangan biasakan membuat beton di atas saluran air karena ini bisa menjadi pemicu terhambatnya drainase yang bisa membuat genangan air nantinya, apalagi jelang musim hujan nanti,” katanya.

Belum adanya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan sekitar tempat tinggalnya juga menjadi sorotan bagi Iqbal.

“Warga tolong perhatikan sampah depan rumahta, jangan berharap selalu petugas kebersihan, kalau bersih sekitar tempat tinggal maka akan nyaman dihuni,” tambahnya.

Sementara itu, Camat Manggala Anshar Umar yang turut mendampingi Iqbal Suhaeb beserta anggota Pemuda Panca Marga (PPM) mengatakan akan menjalankan instruksi dan segera akan memperbaiki kondisi di kelurahan tersebut.

“Kami akan melakukan perintah pak wali dan akan segera berkoordinasi dengan jajaran agar kondisi hari ini bisa segera di benahi,” katanya.

Dengan adanya Bersih-bersih Lingkungan ini diharapkan seluruh warga Makassar dapat merawat dan menjaga kebersihan yang dimulai dari tingkatan RT/RW. 

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya