Logo Sulselsatu

Keluarga Mbah Moen Temui Habib Rizieq di Makkah

Asrul
Asrul

Jumat, 09 Agustus 2019 13:16

Keluarga Mbah Moen Temui Habib Rizieq di Makkah

SULSELSATU.com, JAKARTA – Keluarga KH Maimun Zubair atau Mbah Moen menemui pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Makkah, Arab Saudi, Kamis (8/8/2019). Hal itu dilakukan setelah kiai kharismatik Nahdlatul Ulama (NU) Mbah Moen dimakamkan di Ma’la, Makkah.

Silaturahmi itu dilakukan dua hari setelah Mbah Moen meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji. Kunjungan itu dilakukan di sela waktu keluarga saat berada di Arab Saudi.

Salah satu putra almarhum Mbah Moen yang hadir ke kediaman Rizieq adalah Taj Yasin Maimoen yang merupakan wakil gubernur Jawa Tengah pendamping Ganjar Pranowo. Selain Gus Yasin, anggota keluarga yang ikut silaturahmi yaitu Majid Kamil Maimoen (Gus Kamil), Abdul Rouf (Gus Rouf), dan Zuhrul Anam Hisyam (Gus Zuhrul).

Baca Juga : VIDEO: Ribuan Pendukung Habib Rizieq Geruduk PN Jakarta Timur

Hal itu dibenarkan putra Mbah Moen, Muhammad Wafi Maimoen. Namun pria yang akrab disapa Gus Wafi itu tidak ikut ke Makkah.

Sponsored by MGID

“Saya menjaga rumah,” kata Gus Wafi saat dikonfirmasi CNNIndonesia, Jumat (9/8).

“Mudah-mudahan memperkuat silaturahmi dan ukhuwwah di tengah muslimin di Indonesia dan kita mendapatkan keberkahan almarhum serta bisa meneladani ilmu dan akhlaq Hadhrotussyekh KH Maemoen Zubair,” ujarnya.

Baca Juga : VIDEO: Habib Rizieq Ditetapkan sebagai Tersangka

Gus Wafi pun menjelaskan terkait polemik kehadiran Rizieq di pemakaman Mbah Moen. Menurutnya, Rizieq memang hadir atas permintaan keluarga Mbah Moen, yakni Muhammad Najih Maimoen atau Gus Najih.

“Ya, benar. Memang yang minta keluarga,” kata Gus Wafi.

“HRS juga diminta menjadi imam salat dan doa di pemakaman Mbah Mun. Takziyah merupakan hal baik, rasa kemanusiaan seharusnya tidak perlu diributkan,” ujarnya.

Baca Juga : VIDEO: 6 Laskar FPI Tewas Tertembak, UAS Beri Tanggapan

Sebelumnya, Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menyebut Rizieq bersikap tak etis saat di pemakaman Mbah Moen. Bahkan menurutnya, Rizieq sempat salah posisi berdiri di liang lahad yang bukan untuk jenazah Mbah Moen.

Dalam kondisi berduka, Agus pada dasarnya tidak melarang orang berdoa di makam kiai NU itu. Namun menurutnya, ada budaya di kalangan NU yang harus dihormati oleh semua pihak.

Sementara Juru Bicara FPI Slamet Maarif mengatakan Rizieq memang memimpin pembacaan doa sebelum Mbah Moen dimakamkan. Sementara menantu Rizieq, Hanif Al Atthas memimpin talqin mayit fil qobri.

Baca Juga : VIDEO: 6 Laskar FPI Tewas Tertembak, UAS Beri Tanggapan

Slamet menyayangkan sejumlah pihak yang membantah bahwa Rizieq tak memimpin doa untuk jenazah Mbah Moen.

Maimun Zubair wafat di Makkah saat menjalankan ibadah haji pada Selasa (6/8) sekitar pukul 04.17 waktu Arab Saudi. Mbah Moen disalatkan di Masjidil Haram. Jenazahnya lalu dimakamkan di kompleks pemakaman tertua di Mekah, Al Ma’la, tempat keluarga Rasulullah Muhammad SAW ikut dimakamkan di sana.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...