Logo Sulselsatu

Koalisi atau Oposisi, Gerindra Bersikap September Mendatang

Asrul
Asrul

Jumat, 09 Agustus 2019 22:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Partai Gerindra belum menentukan sikap soal arah politik lima tahun mendatang. Saat ini, mantan capres Prabowo Subianto cukup mesra dengan Presiden terpilih Joko Widodo dan pengusung utamanya PDIP.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Riza Patria mengatakan posisi politik itu akan ditentukan lewat sebuah acara berskala nasional seperti rapat kerja nasional (rakernas) atau rapimnas.

“Mungkin di September 2019, kami ada even (acara) nasional untuk mendiskusikannya. (Agendanya) evaluasi Pileg dan Pilpres 2019, lalu persiapan Pilkada 2020, dan termasuk apakah Gerindra akan ada di posisi pemerintah atau oposisi,” kata Riza di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dikutip CNNIndonesia, Jumat (9/8/2019).

Baca Juga : Anis Matta Pimpin Partai Gelora Deklarasi Prabowo Capres 2024

Dia menerangkan, terdapat tiga opsi yang tengah dipertimbangkan oleh Gerindra terkait posisi di pemerintahan mendatang, yaitu berkoalisi mendukung pemerintahan, berkoalisi di parlemen, atau menjadi oposisi pemerintah.

Menurutnya, hal terpenting bagi Gerindra adalah bisa memberikan kontribusi yang besar di pemerintahan mendatang.

Riza berkata, berkoalisi mendukung pemerintah akan menjadi hal yang tidak baik bila hanya sekadar mendapatkan kursi menteri semata. Sebaliknya, menjadi oposisi akan menjadi hal yang sama jika tidak bisa memberikan kritik yang bersifat konstruktif.

Baca Juga : Demokrat dan PKS Tanggapi Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo di Hambalang

“Kalau kami di dalam cuma masuk dan duduk tapi enggak berkontribusi apalagi malah korupsi, itu enggak baik untuk rakyat. Sebaliknya di luar tapi cuma bisa teriak-teriak dan enggak bisa memberikan masukan konstruktif enggak baik,” ucap Riza.

Sebelumnya dua tokoh Gerindra, Edhy Prabowo dan Fadli Zon disebut dipersiapkan oleh Gerindra untuk menjadi menteri di pemerintahan Jokowi periode kedua. Selain nama Edhy dan Fadli Zon, ada juga Sandiaga Uno juga disebut akan dimasukkan sebagai menteri.

Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...