Logo Sulselsatu

Pemkab Sinjai Jamin Stok Hewan Kurban Aman

Asrul
Asrul

Jumat, 09 Agustus 2019 23:32

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SINJAI – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, memastikan stok hewan ternak jelang Hari Raya Idul Adha tahun ini aman.

“Secara keseluruhan Sinjai aman. Sejauh ini Sinjai belum membutuhkan suplai ternak dari luar,” kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Disnak Keswan Sinjai, Mappamancu, Jumat (9/8/2019).

Menurutnya, ketersediaan yang mencukupi bahkan didukung jumlah populasi hewan ternak di Kabupaten Sinjai yang lebih banyak dari kebutuhan. Populasi sapi potong di Sinjai saat ini mencapai 12. 349 ekor, kambing 13. 067 ekor.

Baca Juga : Idul Adha 1444 H, TelkomGroup Distribusikan Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

“Jumlah tersebut dipastikan lebih dari cukup, Alhamdulillah produksi ternak sapi di Sinjai surplus. Kabupaten Sinjai termasuk salah satu daerah penyangga kebutuhan hewan kurban ke beberapa daerah di Sulawesi Selatan bahkan sampai ke pulau Kalimantan,” ujarnya.

“Kebutuhan hewan kurban di wilayah Sinjai saat momentum hari raya Idul Adha biasanya mencapai lebih dari 1.000 ekor, atau 900 ekor sapi dan 330 ekor kambing. Bisa jadi tahun ini ada peningkatan. Data pastinya kami belum tahu yang jelas tahun lalu demikian jumlahnya itu sudah masuk sapi dan kambing,” sambungnya.

Dia menambahkan bahwa untuk lebih menjamin kuantitas dan ketersediaannya, pihaknya juga memastikan semua hewan ternak untuk kurban dalam kondisi sehat dan layak konsumsi.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Makassar Sembelih 3 Ekor Hewan Kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah

“Bahkan, juga telah dibentuk tim untuk memantau kesehatan hewan kurban. Tim tersebut mendatangi para peternak di beberapa kecamatan guna pemeriksaan dan itu sifatnya gratis,” pungkasnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 April 2024 23:13
VIDEO: Aksi Pencurian di Sebuah Perumahan di Gowa, TV dan Speaker Raib
SULSELSATU.com – Aksi pencurian telah terjadi di Perumahan Parangbanoa, Kabupaten Gowa, pada Kamis (25/4/2024). Pencurian ini mengakibatkan bara...
Makassar25 April 2024 22:02
Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah....
Kesehatan25 April 2024 21:35
Yayasan Hadji Kalla Bentuk Kelompok Jantung Sehat di 14 Desa Kecamatan Bontonompo
Yayasan Hadji Kalla bersama mitra Yayasan Jantung Indonesia cabang Sulsel resmi membentuk kelompok Jantung Sehat di 14 desa dan kelurahan di Kecamatan...
Video25 April 2024 21:31
VIDEO: Oknum Personel Polda Sumut Diduga Kabur Usai Tabrak Mobil Warga
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan oknum yang diduga personal Polda Sumut menabrak mobil warga. Kejadian terjadi di pintu keluar tol K...