Logo Sulselsatu

Sampah Plastik Ancam Populasi Ikan

Asrul
Asrul

Senin, 19 Agustus 2019 09:31

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gerakan Menghadap ke Laut yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI diharapkan bisa menyadarkan masyarakat akan kebersihan laut.

Pasalnya, saat ini ekosistem laut dinilai sudah sangat terancam dengan kehadiran sampah plastik yang dibuang sepanjang waktu. Maka dari itu, gerakan ini dilaksanakan sebagai kegiatan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Di Makassar sendiri, gerakan Menghadap ke Laut dilaksanakan di Tanjung Bayang, Minggu, (18/8/2019) oleh WWF-Indonesia bersama Pandu Laut dan Yayasan Econusa beserta komunitas Earth Hour (EH) Makassar serta Marine Buddies (Marbud) Makassar.

Baca Juga : Momentum HPSN, PT Vale Nyatakan Komitmen Nol Limbah ke Tempat Pembuangan

Koordinator Kota EH Makassar Muhammad Basman mengatakan sampah yang berasal dari darat masuk ke perairan laut dibawa oleh sungai, manusia, dan juga aktivitas industri yang ada di sekitar kawasan pesisir.

“Jika tidak dihentikan, World Economic Forum (WEF,2016) menyebut pada 2050 populasi ikan akan terus menyusut dan berbanding terbalik dengan plastik yang jumlahnya melebihi ikan,” ungkapnya.

Di sisi yang lain, kata Basman, Indonesia juga berperan besar dalam pengendalian sampah plastik yang ada di laut.

Baca Juga : Begini Cara Nurdin Didik Anak Pulau Tentang Bahaya Sampah Plastik

“70 persen wilayah Indonesia merupakan lautan. Bentang laut Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke memiliki keanekaragaman hayati yang begitu kaya. Namun, kondisi laut Indonesia kini terancam sampah,” tandasnya

Sementara itu, Koordinator Marbud Makassar Abdul Muthalib menuturkan, Menghadap Laut 2.0 ini merupakan gerakan bersih pantai dan laut yang secara serentak dilakukan di sepanjang pesisir Indonesia yang juga diinisiasi oleh Pandu Laut Nusantara dan digelar serentak di 74 Kota.

“Aksi tahunan bersih-bersih pantai dan laut bersama para pecinta laut dan ribuan orang lainnya ini sebagai bukti komitmen menjadikan laut masa depan bangsa,” kata Thalib.

Baca Juga : Taufan Pawe Apresiasi Kepedulian PKK Sulsel Perangi Sampah Plastik

Tak hanya itu, Thalib mengatakan selain menjadi momentum dalam merayakan Hari Kemerdekaan, ini juga menjadi momen untuk merayakan kelimpahan hasil laut Indonesia.

“Besar harapan, semua pihak dapat mengambil bagian dari gerakan ini dan berbagi peran dalam mewujudkan cita-cita bersama menjadikan ‘Laut Masa Depan Bangsa’,” harapnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...