Logo Sulselsatu

Sampah Plastik Ancam Populasi Ikan

Asrul
Asrul

Senin, 19 Agustus 2019 09:31

Sampah Plastik Ancam Populasi Ikan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gerakan Menghadap ke Laut yang diinisiasi oleh Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) RI diharapkan bisa menyadarkan masyarakat akan kebersihan laut.

Pasalnya, saat ini ekosistem laut dinilai sudah sangat terancam dengan kehadiran sampah plastik yang dibuang sepanjang waktu. Maka dari itu, gerakan ini dilaksanakan sebagai kegiatan dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-74.

Di Makassar sendiri, gerakan Menghadap ke Laut dilaksanakan di Tanjung Bayang, Minggu, (18/8/2019) oleh WWF-Indonesia bersama Pandu Laut dan Yayasan Econusa beserta komunitas Earth Hour (EH) Makassar serta Marine Buddies (Marbud) Makassar.

Baca Juga : Begini Cara Nurdin Didik Anak Pulau Tentang Bahaya Sampah Plastik

Koordinator Kota EH Makassar Muhammad Basman mengatakan sampah yang berasal dari darat masuk ke perairan laut dibawa oleh sungai, manusia, dan juga aktivitas industri yang ada di sekitar kawasan pesisir.

Sponsored by MGID

“Jika tidak dihentikan, World Economic Forum (WEF,2016) menyebut pada 2050 populasi ikan akan terus menyusut dan berbanding terbalik dengan plastik yang jumlahnya melebihi ikan,” ungkapnya.

Di sisi yang lain, kata Basman, Indonesia juga berperan besar dalam pengendalian sampah plastik yang ada di laut.

Baca Juga : Taufan Pawe Apresiasi Kepedulian PKK Sulsel Perangi Sampah Plastik

“70 persen wilayah Indonesia merupakan lautan. Bentang laut Indonesia dari Sabang sampai dengan Merauke memiliki keanekaragaman hayati yang begitu kaya. Namun, kondisi laut Indonesia kini terancam sampah,” tandasnya

Sementara itu, Koordinator Marbud Makassar Abdul Muthalib menuturkan, Menghadap Laut 2.0 ini merupakan gerakan bersih pantai dan laut yang secara serentak dilakukan di sepanjang pesisir Indonesia yang juga diinisiasi oleh Pandu Laut Nusantara dan digelar serentak di 74 Kota.

“Aksi tahunan bersih-bersih pantai dan laut bersama para pecinta laut dan ribuan orang lainnya ini sebagai bukti komitmen menjadikan laut masa depan bangsa,” kata Thalib.

Baca Juga : Keren, Peringatan HKG PKK Gowa Bebas Sampah Plastik

Tak hanya itu, Thalib mengatakan selain menjadi momentum dalam merayakan Hari Kemerdekaan, ini juga menjadi momen untuk merayakan kelimpahan hasil laut Indonesia.

“Besar harapan, semua pihak dapat mengambil bagian dari gerakan ini dan berbagi peran dalam mewujudkan cita-cita bersama menjadikan ‘Laut Masa Depan Bangsa’,” harapnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Adventorial18 Oktober 2021 18:47
Menang atas Bali United, Walikota Taufan Pawe Ucapkan Selamat kepada PSM Makassar
SULSELSATU.com, Parepare – PSM Makassar menyudahi perlawanan Bali United di pekan tujuh Liga 1 2021-2022 dengan skor tipis 2-1.Pertandingan seng...
Adventorial18 Oktober 2021 18:40
Wawali Pangerang Rahim Imbau Gencarkan Vaksinasi, Termasuk bagi Lansia
SULSELSATU.com, Parepare — Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah diminta harus semakin gencar dilakukan sebagai salah satu upaya untuk me...
Adventorial18 Oktober 2021 18:34
Walikota Taufan Pawe Instruksikan Jajarannya Segera Inventarisasi dan Sertifikasi Aset Daerah
SULSELSATU.com, Parepare — Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengingatkan kepada jajarannya agar melakukan inventarisasi aset untuk menyelamatkan ...
Sponsored by MGID
Makassar18 Oktober 2021 18:11
Hadiri Sidang Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja, Plt Gubernur Sulsel Tegaskan Komitmen Pembangunan Toraja
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menghadiri Sidang Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja secara virtual pada ...