Logo Sulselsatu

Jelang Verifikasi Kabupaten Sehat, Pemkab Selayar Gelar Rakor

Asrul
Asrul

Selasa, 20 Agustus 2019 19:35

Rapat koordinasi jelang verifikasi Kabupaten Sehat 2019. (ist)
Rapat koordinasi jelang verifikasi Kabupaten Sehat 2019. (ist)

SULSELSATU.com, SELAYARPemkab Selayar menggelar rapat koordinasi jelang verifikasi Kabupaten Sehat 2019. Rapat ini digelar di ruang pimpinan Kantor Bupati Selayar, Senin (19/8/2019).

Rakor ini dibuka oleh Asisten Administrasi Dahlul Malik didampingi Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Andi Dwiyanti Musrifah Basli bersama Kadis Kesehatan Husaini. Hadir pula Sekretaris Kabupaten Sehat Muh. Arsyad, para kepala OPD dan camat se-Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ketua FKS Andi Dwiyanti Musrifah Basli menyampaikan bahwa rapat yang dilaksanakan itu sangat penting dan strategis untuk membahas dan menyepakati hal-hal yang akan dikerjakan dalam waktu kurang lebih satu bulan ke depan.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Tahun 2023 dari Kemenkes RI

Dia mengusulkan tiga hal yakni, penyiapan lokus kelembagaan, penyiapan lokus perwakilan tatanan, serta peningkatan kebersihan dan keindahan wilayah.

“Terkait dengan kelembagaan forum kecamatan dan pokja desa/kelurahan telah kami lakukan pembinaan langsung, terutama yang ada dalam wilayah enam kecamatan daratan. Dengan demikian maka terkait kesiapan sekretariat forum dan pokja ini InsyaAllah tidak ada masalah, kita sudah ada beberapa calon lokus pada verifikasi nasional nantinya dan akan dimantapkan dalam dua sampai dengan tiga pekan ke depan,” kata Musrifah.

Kepada para camat, diharapkan agar mengoptimalkan penggunaan anggaran kabupaten sehat di kecamatan.

Baca Juga : Hadiri Resepsi HUT ke-414 Selayar, Wagub Bicara Soal Desentralisasi Pembangunan

“Sampaikan kepada para kepala desa atau lurah masing-masing, agar anggaran kabupaten sehat dapat digunakan dengan baik untuk persiapan verifikasi nasional ini, demikian pula swadaya masyarakat perlu terus digerakkan,” terangnya.

Sementara untuk akses sanitasi 100 persen, dia menyarankan supaya dapat dilakukan deklarasi kecamatan ODF” dan kabupaten ODF”. Hal ini kata dia penting karena akses sanitasi 100 persen, menjadi salah satu prasyarat mendapat wisatara tiga kali yang ditegaskan pemerintah pusat.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Pemkab Selayar Salurkan Bantuan untuk Lansia dan Anak Yatim

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...