Logo Sulselsatu

Catat! Ini Jadwal Puasa Sunah di Bulan Muharram

Asrul
Asrul

Jumat, 30 Agustus 2019 23:18

Catat! Ini Jadwal Puasa Sunah di Bulan Muharram

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah akan jatuh 1 September mendatang. Umat Islam di seluruh dunia tentu bakal merayakan datangnya awal tahun kalender Islam itu.

Ada banyak amalan dan ibadah yang bisa dilakukan menyambut tahun baru Islam seperti puasa.

Pada bulan Muharam, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak puasa. Puasa di bulan Muharam merupakan puasa yang utama setelah puasa di bulan Ramadan.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” petikan Hadis Riwayat Muslim 1983, dikutip dari Ensiklopedi Hadits.

Sponsored by MGID

Pada bulan Muharam terdapat puasa sunah Tasu’a pada tanggal 9 Muharam dan Asyura pada 10 Muharam. Ada pula puasa Ayyamul Bidh yang dapat dilakukan di tengah bulan Muharam. Puasa sunah lainnya, seperti Senin dan Kamis, serta puasa Daud tetap boleh dilaksanakan.

Puasa sunah di bulan Muharam ini memiliki banyak keutamaan. Puasa Asyura, misalnya, disebut dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.

Sementara puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Berikut jadwal puasa sunah di bulan Muharam.

1. Puasa Tasu’a (9 Muharam)
Senin, 9 September 2019

2. Puasa Asyura (10 Muharam)
Selasa, 10 September 2019

3. Puasa Ayyamul Bidh (13-15 Muharam)
Jumat-Minggu, 13-15 September 2019.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Makassar19 September 2021 16:45
PNLH XIII WALHI, Plt Gubernur Sulsel Dorong Pendekatan Green Economy
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menilai, pendekatan green economy dapat mendorong laju perekonomian. Men...
Sulsel19 September 2021 15:53
Di Malino Bakal Dibangun Wisata Baru Bernuansa Eropa
SULSELSATU.com, GOWA – Objek wisata bernuansa Eropa akan hadir di Kabupaten Gowa, Sulsel. Wisata bernama Kampung Eropa tepatnya akan dibangun di...
Video19 September 2021 15:26
VIDEO: Arena Muscab PPP Makassar Memanas, Rachmat Taqwa Mengamuk
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Arena Musyawarah Cabang (Muscab) DPC PPP Kota Makassar di Hotel Sheraton memanas, Minggu (19/9/2021). Salah satu calo...
Sponsored by MGID
OPD19 September 2021 14:36
Warga Pertanyakan Nasib Stadion, Debbie Tegaskan Pembangunan Tetap Dilanjutkan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lapangan Sepak Bola adalah salah satu sarana bagi anak dan pemuda untuk mengembangkan bakatnya dalam dunia sepak bola...