Logo Sulselsatu

Catat! Ini Jadwal Puasa Sunah di Bulan Muharram

Asrul
Asrul

Jumat, 30 Agustus 2019 23:18

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriah akan jatuh 1 September mendatang. Umat Islam di seluruh dunia tentu bakal merayakan datangnya awal tahun kalender Islam itu.

Ada banyak amalan dan ibadah yang bisa dilakukan menyambut tahun baru Islam seperti puasa.

Pada bulan Muharam, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak puasa. Puasa di bulan Muharam merupakan puasa yang utama setelah puasa di bulan Ramadan.

“Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” petikan Hadis Riwayat Muslim 1983, dikutip dari Ensiklopedi Hadits.

Pada bulan Muharam terdapat puasa sunah Tasu’a pada tanggal 9 Muharam dan Asyura pada 10 Muharam. Ada pula puasa Ayyamul Bidh yang dapat dilakukan di tengah bulan Muharam. Puasa sunah lainnya, seperti Senin dan Kamis, serta puasa Daud tetap boleh dilaksanakan.

Puasa sunah di bulan Muharam ini memiliki banyak keutamaan. Puasa Asyura, misalnya, disebut dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu.

Sementara puasa Ayyamul Bidh memiliki keutamaan pahala yang sama seperti orang berpuasa satu tahun penuh jika dilaksanakan setiap bulan.

Berikut jadwal puasa sunah di bulan Muharam.

1. Puasa Tasu’a (9 Muharam)
Senin, 9 September 2019

2. Puasa Asyura (10 Muharam)
Selasa, 10 September 2019

3. Puasa Ayyamul Bidh (13-15 Muharam)
Jumat-Minggu, 13-15 September 2019.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan19 Maret 2024 13:03
PT Vale Bagi Bingkisan kepada 500 Anak Yatim dan 100 Panti Asuhan
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) turut mendukung kegiatan Amaliah Ramadan bertema "Sulsel Peduli" yang digelar Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Su...
Sulsel19 Maret 2024 12:02
Pj Gubernur Sulsel Sebut Kabupaten Gowa Lumbung Pangan Hortikultura di Sulsel
Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sangat mengapresiasi Pemkab Gowa karena mampu menjaga inflasi dan ketersediaan stok pangan. Menurutnya Kabupaten...
Ekonomi19 Maret 2024 11:11
AgenBRILink Bawa Lebih Dekat Akses Keuangan Perbankan kepada Masyarakat Pulau
BRI memiliki AgenBRILink. AgenBRILink adalah agen laku pandai dari BRI yang menjadi perpanjangan tangan menghadirkan akses layanan keuangan ke daerah ...
Sulsel19 Maret 2024 10:48
Bupati Gowa Komitmen Sukseskan Program Pj Gubernur Sulsel
SULSELSATU.com, GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, berkomitmen menyukseskan program Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin di sekto...