Logo Sulselsatu

Akhir Pekan, Komunitas Rampok Pahala Giat Bersihkan Masjid

Asrul
Asrul

Sabtu, 31 Agustus 2019 15:30

Komunitas Rampok Pahala. (Foto/Ist)
Komunitas Rampok Pahala. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masjid Ridha Allah yang berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo nomor 35 Kelurahan Tello Baru, Kecamatan Panakkukang, Sabtu (31/8/2019) pagi, terlihat penuh aktivitas.

Sekelompok anak muda tampak membawa alat-alat kebersihan seperti sapu dan alat pel. Dengan telaten, mereka terlihat membersihkan seluruh sudut masjid dengan menggunakan alat-alat kebersihan itu.

Mereka adalah anak-anak muda yang yang tergabung dalam Komunitas Rampok Pahala. Aktivitas di Masjid Ridha Allah itu merupakan salah satu program mereka yang bertajuk Rampok Masjid.

Menariknya, kegiatan ini justru dilakukan akhir pekan di mana masyarakat pada umumnya akan lebih memilih bersantai atau berwisata.

“Rampok Masjid ini maksudnya merampok pahala di masjid. Jadi kita bersih-bersih di masjid, bersih-bersih Rumah Allah Subhanahu Wata’ala khususnya yang berlokasi di jalan utama,” ujar Putri Khairunnisa selaku Koordinator Komunitas Rampok Pahala.

Kegiatan Rampok Masjid ini, kata Nisa sapaan karibnya, sudah dua kali dilakukan. Dia menuturkan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin setiap bulannya.

Sejak pukul 07.30 pagi WITA, kegiatan bersih-bersih masjid mulai dilakukan. Setiap inchi sudut masjid dibersihkan dari debu dan kotoran, tak lupa diberi pengharum ruangan agar jamaah merasa nyaman saat beribadah.

Selain bersih-bersih masjid, komunitas ini juga melakukan pengadaan peralatan kebersihan yang kurang memadai di masjid ini, seperti sapu ijuk, sapu lidi, sabun, pengharum ruangan, kapur barus dan sebagainya.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memudahkan niat ikhlas kita untuk membersamai dalam ketaatan,” imbuh Nisa.

Sementara itu, pengurus Masjid Ridha Allah, Ibrahim sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan kehadiran Komunitas Rampok Pahala, ia merasa sangat terbantu.

“Di sini kami tidak ada donatur tetap padahal biaya operasional cukup besar. Untuk menyewa tukang bersih-bersih saja kami keluarkan Rp800 ribu setiap bulan dan saat ini dia sedang sakit jadi beberapa bulan ini kami tidak panggil lagi. Kami merasa terbantu sekali dengan kegiatan ini,” ujarnya.

Pada kesempatan kali ini, Komunitas Rampok Pahala berkolaborasi dengan beberapa komunitas lainnya seperti HELPer Indonesia, Komunitas Warung Sedekah Makassar, dan Bikers Subuhan Makassar.

Selepas bersih-bersih, kegiatan dilanjutkan dengan makan siang bersama dan Shalat Dzuhur berjemaah.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Makassar02 Maret 2024 08:21
Pemkot Makassar Bersama BPKP Sulsel Komitmen Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Mohamad Risbiyantoro berkomitmen menekan angka stunting dan kemiskinan di...
Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...