Logo Sulselsatu

Nurdin Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Asrul
Asrul

Jumat, 13 September 2019 23:46

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Sulselsatu/Jahir Majid)
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. (Sulselsatu/Jahir Majid)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengingatkan masyarakat akan bahaya limbah plastik yang menjadi ancaman bagi kehidupan mahluk hidup saat ini. Nurdin mengaku tidak akan tinggal diam dan menganggap hal ini tidak boleh disepelekan.

NA pun mengimbau untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari yang paling sederhana, dengan meminimalkan konsumsi air kemasan plastik.

“Limbah plastik sudah semakin mengkhawatirkan dan menjadi musuh bersama. Jadi setop menggunakan plastik,” katanya, Jumat (13/9/2019).

Baca Juga : Iksan Iskandar Bersama Warga Jeneponto Terharu Saat Bertemu Nurdin Abdullah

Sekadar diketahui, berdasarkan data Wahana Lingkungan Hidup yang diambil dari World Economic Forum, memperlihatkan jika setiap tahunnya sampah plastik bertambah 8 juta ton per tahun.

Hal ini pun menjadi masalah yang sangat serius bagi pemerintah untuk menerapkan sadar atas sampah plastik. Pasalnya limbah plastik ini tidak hanya mencemari tanah, namun juga sudah mengancam ekosistem di laut.

Sehingga, mantan Bupati Bantaeng dua periode itu mengemukakan, dirinya saat ini juga mengurangi konsumsi air kemasan plastik dengan membawa tumbler atau botol berisi air minum ke mana-mana.

Baca Juga : Taufan Pawe Temui Nurdin Abdullah, Begini Reaksi Relawan

“Jadi kita mulai dari diri sendiri, kemudian ditularkan ke orang lain. Sederhana, tapi kalau kita berkomitmen, hasilnya akan terlihat,” kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulsel, Andi Hasbi pada keterangan terpisah mengaku pihaknya telah menggodok Peraturan Gubernur (Pergub).

“Kebijakan tentang sampah ini butuh banyak masukan seperti apa peraturannya nanti. Masih butuh berbagai tahapan,” katanya.

Baca Juga : Dapat Remisi Kemerdekaan, Nurdin Abdullah Bebas Dari Lapas Sukamiskin

Menurutnya, sebagai langkah signifikan DLH Sulsel, kampanye pengurangan sampah kepada masyarakat sedang digelar di beberapa pusat seperti mall, pasar, dan kedai-kedai.

Dengan muatan “Fakta Tentang Polusi Plastik” itu, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, sekaligus menyelamatkan bumi dari bencana ekologis.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....