Logo Sulselsatu

Pusat Minyak Terbesar Dunia di Arab Saudi Meledak

Asrul
Asrul

Sabtu, 14 September 2019 20:36

Pusat Minyak Terbesar Dunia di Arab Saudi Meledak

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pusat pengolahan minyak terbesar dunia di Kota Buqyaq, Arab Saudi, meledak, Sabtu (14/9/2019). Aset tersebut diketahui merupakan milik Saudi Aramco.

Menurut juru bicara pemerintah Arab Saudi, ledakan terjadi sebelum Salat Subuh atau sekira pukul 04:00 waktu setempat.

Ada dua kilang yang meledak dan menyebabkan terjadi kebakaran yang benar-benar sangat besar. Kobaran menjulang tinggi ke angkasa, langit tertutup asap tebal yang hitam pekat.

Baca Juga : Arab Saudi Kembali Tutup Penerbangan dari Indonesia

Sejauh ini pemerintah Arab belum mengetahui penyabab meledaknya pusat minyak terbesar di dunia itu. Walaupun milisi Houthi Yaman sudah mengklaim bahwa merekalah yang menyerang lokasi itu dengan menggunakan 10 drone.

Sponsored by MGID

Ketika Saudi Aramco diserang, dari kejauhan terdengar serangkaian ledakan dari lokasi. Bola api menyerupai cendawan raksasa menutupi lokasi.

Saudi Aramco meledak setelah diserang kelompok militan Houthi Yaman dengan menggunakan drone. Ada dua fasilitas pengolahan minyak yang diserang dengan pesawat tanpa awak itu, yakni fasilitas Abqaiq dan Khura.

Baca Juga : Kemenkes Minta Jemaah Umrah Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Saudi Aramco merupakan fasilitas pemrosesan minyak Abqaiq di Buqyaq, berada sekitar 205 mil timur laut dari ibukota Araba Saudi, Riyadh, sebagai pabrik stabilisasi minyak mentah terbesar di dunia.

Fasilitas ini mengolah minyak mentah menjadi minyak mentah manis, kemudian diangkut ke titik transshipment di Teluk Persia dan Laut Merah. Diperkirakan mereka dapat memproses hingga 7 juta barel minyak mentah per hari.

Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video21 September 2021 23:26
VIDEO: Sopir Ambulans Alami Kejadian Mistis Saat Antar Jenazah, Sirine Tiba-tiba Mengecil
SULSELSATU.com – Seorang sopir ambulans mengalami kejadian mistis saat mengantar jenazah. Insiden mistis itu dibagikan di akun TikTok @fujiyahg....
Video21 September 2021 22:16
VIDEO: Viral, Aksi Seorang Pria Rebahan di Kuburan yang Basah
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pria tengah tidur di sebuah kuburan. Dalam video terlihat pria itu tidur tepat di sebelah m...
Makassar21 September 2021 20:35
Sekda Pemkot Makassar Harap Ranperda Perlindungan Guru Dorong Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Guru
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, Muhammad Ansar, mewakili Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memaparkan p...
Sponsored by MGID
Video21 September 2021 19:33
VIDEO: Aparat Kejar Pelaku Bom Ikan di Perairan Selayar, 4 Nelayan Ditangkap
SULSELSATU.com – Aparat Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Laut dan Perikanan (PSDKP) mengejar nelayan yang melakukan pengeboman ikan se...