Diskop Sebut Pelaku UMKM di Makassar Sudah Mandiri

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar Evi Apriliyati. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Koperasi dan UKM kota Makassar Evi Apriliyati menjelaskan, perkembangan UMKM di Kota Makassar sudah baik. Sejak tahun 2017 lalu hingga saat ini, sudah banyak pelaku UMKM yang memasarkan produknya di luar daerah bahkan ke luar provinsi.

Selain itu, para pelaku UMKM di Makassar juga rajin mengikuti expo, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah kota maupun pihal lainnya. Hal ini menunjukkan adanya kemandirian dari para pelaku UMKM tersebut.

“Mereka perkembangannya sudah mandiri semua. Sudah jauhlah daripada dibanding dulu-dulu, mereka selalu berharap pemerintah. Sekarang tidak, mereka sudah bisa mandiri baik itu dari mulut ke mulut atau pun mereka cari jaringan,” kata Evi saat ditemui di sela-sela kegiatan peningkatan dan pengembangan jaringan kerja sama UMKM di Hotel Ramedo, Rabu (18/9/2019).

Lebih jauh dia menjelaskan, saat ini banyak orang yang menyebut dirinya sebagai pelaku UMKM, padahal tidak demikian. Pelaku UMKM adalah mereka yang memproduksi barang dan memasarkannya sendiri.

“Sebenarnya kalau pelaku UKM adalah dia produksi sendiri, dia pemasar sendiri. Ini tidak, orang punya usaha baru dia jual berarti itu bukan UMKM, itu cuma pengumpul,” sebutnya.

Maka dari itu, Evi mengaku pihaknya kini telah melakukan perbaikan data untuk mendata ulang mana yang benar-benar pelaku UMKM.

“Makanya kami adakan evaluasi sesuai dengan aturan dari Kementerian Koperasi kemarin yang meminta data ulang. Jadi, berkisar sekitar 10.000 sampai 11.000 dari hasil evaluasi kami,” tandasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya