Kenang Sosok HZB Palaguna, Iqbal Suhaeb: Beliau Tokoh Militer yang Ahli Pemerintahan

Suasana di kediaman almarhum ZB Palaguna. (ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb mengenang sosok alm Mayjen TNI (Purn) H Zainal Basri Palaguna sebagai tokoh militer yang ahli di bidang pemerintahan.

Kepiawaian almarhum terbukti dengan dipercayakannya menjabat sebagai gubernur Sulsel dua periode (1993-1998) dan (1998-2003). Sebelumnya, HZB Palaguna menjabat Pangdam VII Wirabuana selama dua tahun (1991-1993).

Saat HZB Palaguna menjabat sebagai gubernur Sulsel, Iqbal Suhaeb dipercaya sebagai asisten yang bertugas mempersiapkan materi yang akan dipaparkan oleh gubernur.

Tugas inilah yang mengantarkan Iqbal Suhaeb mengenal lebih dekat sosok HZB Palaguna sebagai pemimpin yang tegas, disiplin, memiliki kepedulian, dan rasa empati.

“Rasa sedih dan duka mendalam kami sampaikan atas berpulangnya ke rahmatullah bapak Mayjen TNI (Purn) H Zainal Basri Palaguna. Doa dan duka cita yang tulus dari kami bagi almarhum dan keluarga,” ucap Iqbal (3/10/2019).

Dia merasa terpukul dengan kabar duka yang diterimanya, Rabu 2 Oktober 2019 sekitar pukul 16.15 Wita. Sesaat setelah mendapatkan kabar duka, Iqbal melayat ke rumah duka yang beralamat di jalan Letjen Hertasning.

Baginya, almarhum adalah tokoh panutan yang semasa hidupnya mewariskan teladan yang baik bagi generasi penerus, khususnya dalam hal karakter kepemimpinan.

“Beliau adalah orang tua kita semua yang banyak memperhatikan kita, khususnya Sulawesi Selatan,” tutupnya.

Penulis: Ashrawi Muin
Editor: Awang Darmawan