Amran Mahmud Hadiri Pesta Adat Mappadendang di Desa Ongkoe

SULSELSATU.com, WAJO – Bupati Wajo Amran Mahmud menghadiri acara Mappadendang yang merupakan acara tahunan di Dusun Karame, Desa Ongkoe, Kecamatan Belawa, Minggu (6/10/2019).

Amran menyampaikan,hari ini telah mengunjungi beberapa desa di antaranya Desa sappa, dengan melihat hasil pertanian, di mana hasilnya terdapat 12,8 ton per hektare, dan ini sementara mau diadakan uji coba, termasuk tempat ini nantinya, karena mau dibagi 14 Kecamatan mau di uji coba dan di kontrol sedemikian rupa, mulai dari penggunaannya pupuknya dan sebagainya.

Juga disampaikan dalam sambutan ini terkait perizinan, yang bisa diselesaikan di tingkat Kecamatan kalau bisa diselesaikan di sana, nantinya ada Mal pelayanan publik, jadi kalau ada yang mau mengurus sesuatu nanti, satu kali masuk di tempat itu selesai semua urusannya, mulai dari pajaknya, samsatnya dan kalau bisa imigrasinya, jadi tidak perlu lagi ke Parepare untuk mengurus paspor.

“Kedepan kita usahakan untuk meningkatkan pelayanan, juga terkait pelayanan kesehatan, sementara ini kita lelang mengenai Oto Dottoro yang di dalamnya lengkap Dokter, perawat dan bidannya dan tenaga lainnya, sehingga bisa melakukan tindakan medis dalam mobil itu, jika ada hal darurat karena mobilnya memang di desain khusus, dan dalam waktu dekat ini sudah bisa beroperasi,” ungkap Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos.,M.Si.

Juga disampaikan masalah pertanian, dimana banyak yang terintegrasi di dalamnya, mulai jalanannya, pengairannya, mekanisme mekanisasi pertanian, teknologi pertanian dan perlakuan perlakuannya.

“Kita sekarang ini ada kawasan pertanian terpadu di Uraiyan di Kecamatan Majauleng, kita akan jadikan pusat pembelajaran kelompok kelompok tani, bagaimana kita kelola pertanian sehingga bisa lebih maju,” kata Bupati Wajo.

“Sekarang ini kita berpikir, bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat kita, makanya kami selalu jalan dengan pak Kadis Pertanian, apa yang perlu kita tingkatkan, demikian juga kalau jalanan jelek, pasti petani yang jadi korban, pasti harga gabah lari ke biaya transportasi, inilah berbagai upaya yang akan kami lakukan, kami minta maaf kalau belum bisa terlayani semua, karna semua butuh proses waktu, kita akan rampungkan beberapa program nantinya untuk mensejahterakan petani kita,” Bupati Wajo menambahkan.

Dan dikatakan kalau dia ingin menjadi pelayan kepada masyarakat , dan dia harus selalu memposisikan diri sebagai pelayan kepada masyarakat.

“Jangan segan-segan untuk berkomunikasi dengan kami,” kata Bupati Wajo.

Dan dikatakan kalau setelah dari acara ini, juga akan berkunjung ke kawasan pertanian terpadu di Lautang, dimana akan dibuat kawasan Wisata di sana, jadi nanti akan ada kawasan wisata yang menyenangkan, sehingga orang lain juga bisa masuk ke Belawan, jangan cuma masyarakat yang disini yang masuk ke daerah orang lain.

Dan acara pun dilanjutkan dengan acara dialog interaktif antara Bupati Wajo dengan masyarakat yang dipandu langsung oleh Camat Belawa H. Ahmad Jahran, S.IP., M.Si .

Beberapa masyarakat yang bertanya dan berdialog langsung diantaranya Pak Syamsir dimana menyatakan bahwa masyarakat disana sangat membutuhkan air untuk pertanian mereka, dan juga mengenai kondisi anak pesantren yang berada di sana.

Demikian juga dengan dari Bapak Hikbang yang merupakan warga Desa Sappa yang ingin bertanya, utamanya hal tentang pemberian bantuan alat pertanian yang katanya hanya terfokus pada beberapa kelompok saja dan dia sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bupati Wajo selama ini di masalah pertanian.

Kemudian dari Pak Aminudin yang mempertanyakan tentang jalanan di Dusun Karame ini, karna jalan ini merupakan jalan vital dari anabanua ke Sidrap, jadi ini salah satu cara meningkatkan kesejahteraan pertanian, dan katanya kalau bisa masuk di anggaran tahun depan.

Juga dari seorang penanya menyatakan bahwa kalau bisa listrik dan PLN di daerah ini dimasukkan juga, dan bagaimana supaya air yang dari Sidrap bisa juga terpakai di daerah mereka, untuk mengairi sawah mereka, karna daerah ini berbatasan langsung dengan Sidrap, tentunya dengan bantuan komunikasi langsung dari bapak Bupati Wajo ke Bupati Sidrap.

Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud menjawab pertanyaan masyarakat yang mengatakan bahwa terkait dengan masalah air ini sudah berhadapan langsung dengan Kadis PSDA.

“Kita akan Intens, kalau perlu ketemu langsung, untuk melakukan pengkajian pengkajian agar pemanfaatan air bisa termanfaatkan bersama antara petani di Sidrap dan petani di Wajo khususnya di Dusun Karame, juga terkait sedimentasi dengan mengharapkan Kadis PSDA agar turun langsung ke lapangan untuk melihat.

“Kita juga merintis pompa air dengan tenaga air sendiri, dan juga terkait anak tahfidzul Qur’an disini, agar dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten, karena ada program beasiswa bagi mereka yang kurang mampu, juga kami programkan bapak angkat bagi anak anak Tahfidzul Quran, juga ada lazismu yang bisa tangani,” jelas Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos,” M.Si.

Juga terkait dengan listrik PLN, jika ada yang mau melaksanakan kompanisasi melalui jalur jalur listrik, dan sementara ini telah didata untuk Belawa dan Maniangpajo.

“Terkait alat pertanian dan pemanfaatan alat pertanian, jangan ada Kongkalikong penggunaan alat pertanian, tidak boleh ada yang merekayasa, pemerintah sekarang ini transparansi, kalau ada temuan laporkan ke kami, juga ke depan PPL kita akan rolling supaya ada penyegaran,” tegas Bupati Wajo.

Dan dikatakan terkait dengan jalan vital yang ada di dusun Karame Desa Ongkoe, Insya Allah tahun 2020 segera tertangani, juga pertanyaan terkait mengenai Oto Dottoro, akan disiapkan didalamnya Dokter, Perawat dan Bidan dan mobil itu stand by nantinya 24 jam dan ada tiga kali sift, demikian juga dengan pembangunan Rumah Sakit Regional mudah-mudahan akan terbangun segera, sehingga tidak merujuk ke daerah tetangga lagi, jelas Bupati Wajo diakhir dialog hari ini. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

...
Sulselsatu

Reyhand Sinaga, WNI Divonis Seumur Hidup di Inggris atas Kasus Pemerkosaan

JAKARTA - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Reyhand Sinaga divonis penjara seumur hidup atas kasus pemerkosaan di Manchester, Inggris. Melansir CNN Indonesia, Hakim Suzanne...
Sulselsatu

Sehari Sebelum Masa Larangan, Suardi Saleh Bakal Mutasi Pejabat

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh akan memutasi sejumlah pejabat dari berbagai eselon pada Selasa (7/1/2019). Keputusan Suardi ini nyaris bertepatan dengan larangan mutasi...
Sulselsatu

Sulsel Diprediksi Hujan Lebat pada 10 Januari, Adnan Imbau Masyarakat Gowa Siaga

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi (lebat) yang diprediksi...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Tabrak Pohon di Barru, Pengendara Motor Asal Pangkep Tewas

SULSELSATU.com, BARRU - Suhardi (18), asal Alakarajae, Kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Pangkep, tewas di tempat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Ammaro, Barru, Minggu...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatu

Sah, Upah Minimum Kota Makassar 2020 Rp3,1 Juta

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan pengupahan resmi menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) 2020 sebesar Rp3,1 juta. UMK ditetapkan melalui sidang pleno di Dinas Ketenagakerjaan, Jumat (15/11/2019)....
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Polantas Makassar Tilang 209 Pengendara di Hari Kedua Operasi Zebra

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Satlantas Polrestabes Makassar melakukan operasi zebra di Jalan Boulevard, Makassar, Rabu (31/10/2018). Hari kedua Operasi Zebra 2018 yang digelar Satuan Lalu Lintas...

Baca Juga

Sulselsatu

MUDA Kian Pede Maju di Pilwali Makassar Usai Bertemu Anis Matta

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bakal calon walikota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil (MUDA) yang juga sebagai Sekretaris Umum DPW Partai Gelora Sulsel menemui Ketua Umum Partai...
Sulselsatu

Jalan yang Tertutup Longsor di Pa’bentengan Sudah Dapat Dilalui Pengendara

SULSELSATU.com, GOWA - Jalan di Dusun Pa'Bentengan, Kelurahan Parang Bugisi Malino, Kecamatan Tinggimoncong yang sempat tertutup akibat longsor, Minggu (12/1/2020) kemarin, kini sudah dapat...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Jelang Pilkada, Golkar Sulsel Survei Kandidat Cakada di Empat Daerah

  SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPD I Partai Golkar Sulsel melakukan survei melalui lembaga survei yang ditunjuk untuk mengukur kekuatan para Calon Kepala Daerah (Cakada) yang...
Sulselsatu

Pemkab Gowa Tanggung Biaya Pengobatan Warga Miskin Penderita Tumor

SULSELSATU.com, GOWA - Pemerintah Kabupaten Gowa menanggung biaya pengobatan Marsuki Daeng Ngitung, warga Desa Pabentengang, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa yang menderita tumor. Marsuki kini...

TERKINI

Sulselsatu

118 Ribu ASN Pusat Bakal Dipindahkan ke Ibu Kota Baru

JAKARTA - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) pusat bakal dipindahkan ke...
Sulselsatu

Nurdin Abdullah Tolak Bertemu YOSS, ‘Kita Punya Harga Diri’

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah enggan bertemu dengan pihak...
Sulselsatu

Erna Rasyid Taufan Serahkan Bantuan Alat Permainan untuk PAUD di Parepare

SULSELSATU.com, PAREPARE - Ketua Tim Penggerak PKK, Erna Rasyid Taufan bersama...
Sulselsatu

Pemprov Bakal Gandeng Swasta Atasi Masalah Sampah

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemprov Sulsel akan menggandeng PT. Glendale Partners untuk...
Sulselsatu

ARR Sasar Basis Petahana

SULSELSATU.com, LUWU UTARA - Relawan bakal calon Bupati Luwu Utara, Andi...
Sulselsatu

Manajemen KIMA Ingin Ambil Alih Kawasan Industri Bantaeng

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Manajemen Kawasan Industri Makassar (Kima) menjajaki kemungkinan untuk...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Makassar Resmi Berlakukan Tilang Elektronik

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Polda Sulsel secara resmi menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE) atau tilang elektronik di Kota Makassar. Peluncuran resmi e-TLE tersebut berlangsung di...