Logo Sulselsatu

Bangun PLTSa, Pemkot Makassar Butuh Lahan 5 Hektate

Asrul
Asrul

Selasa, 08 Oktober 2019 11:14

Bangun PLTSa, Pemkot Makassar Butuh Lahan 5 Hektate

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) tengah mempersiapkan lahan untuk bangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). di Tamangapa, Antang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Andi Iskandar mengatakan saat ini pemkot sudah memiliki lahan seluas 2,3 hektare (ha) yang memiliki alas hak.

Tahun depan, pihaknya akan melakukan permohonan penambahan lahan sekitar 2,7 ha sehingga lahan pembangunan PLTSa bisa dimulai.

Baca Juga : Hujan Disertai Angin Kencang, Sudah 30 Pohon di Makassar Tumbang

“Lahan yang ada sakarang 2.3 ha yang sudah di bebaskan dan rencana untuk tahun depan DLH mengajukan permohonan penambahan lahan kurang lebih 2,7 ha sehingga keseluruhannya menjadi 5 ha,” kata Iskandar, Senin (7/10/2019).

Sponsored by MGID

Pembangunan PLTSa membutuhkan minimal 4 ha sampai 5 ha. Itu berdasarkan kajian dari beberapa calon investor yang siap berinvestasi membangun PLTSa.

“Dari beberapa calon investor yang sudah mempresentasekan teknologinya butuh lahan kurang lebih 4 sampai 5 ha,” katanya.

Baca Juga : DLH Makassar Sosialisasikan Perwali Pengendalian Sampah Plastik

Untuk anggaran pembangunan PLTSa dibutuhkan sekitar Rp1 triliun dengan skema kerja sama pemerintah daeraj dengan badan usaha (KPBU).

“Untuk Pepres 35 Tahun 2018, pembiayaannya menggunakan skema KPBU dgn posri pembiayaan 49 persen ditanggung pemerintah pusat dan 51 persen ditanggung pemerintah daerah,” katanya.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Hendra Wijaya

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...