Logo Sulselsatu

Tim Pembina Kota Sehat dari Jabar Study Banding di Parepare

Asrul
Asrul

Kamis, 24 Oktober 2019 10:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Tim pembina penyelenggaraan kabupaten / kota sehat Provinsi Jawa Barat (Jabar) study banding di Kota Parepare, yang diterima Wakil Walikota, H Pangerang Rahim dan Ketua Tim PKK, Hj Erna Rasyid beserta jajaran pemerintah, di Ruang Pola, Rabu (23/10/2019).

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Pembina kota sehat Provinsi Jabar, Dr Ida Wahida Hidayati mengatakan, kunjungannya di Kota Kelahiran Presiden ke-3 RI itu untuk meningkatkan wawasan terkait kota sehat.

“Parepare merupakan kota sehat terbaik secara nasional, dan itu jadi alasan kita belajar di kota ini,” ujar Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Pemprov Jabar itu.

Baca Juga : Tiba di Parepare, Pj Gubernur Sulsel Tebar Benih Udang Vaname dan Tanam Pisang Cavendish

Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mengatakan, pemerintah daerah terus menunjukkan komitmennya menjadikan Parepare sebagai kota sehat. Terbukti dua kali berturut-turut yakni tahun 2015 dan 2017, Parepare berhasil mendapatkan predikat kota sehat kategori Swasti Saba Wistara dan tahun 2018 juga mendapat penghargaan kota sehat tingkat regional Provinsi Sulawesi Selatan.

“Predikat yang telah diraih sebelumnya ingin dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Menyandang kota sehat merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Parepare. Tahun ini Parepare juga berhasil mendapatkan penghargaan Indonesia Award 2019 Kategori Inovasi Sistem Pelayanan Terpadu Bidang Kesehatan,” ujarnya.

Menurut Pangerang, ada beberapa upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kota sehat. Diantaranya peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui upaya-upaya pembangunan bidang kesehatan melalui penataan sarana dan prasarana permukiman, penataan kawasan transportasi dan tertib lalu lintas, kawasan industri dan perkantoran, penataan kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, Kehidupan sehat mandiri dan kehidupan sosial sehat,” jelasnya.

Baca Juga : VIDEO: Capres Anies Baswedan Bakal Hadiri Kampanye di Parepare

Pemerintah Daerah, lanjut dia, memiliki komitmen kuat untuk pencapaian target Universal Akses 100-0-100 pada tahun 2019, yaitu 100 persen layanan terhadap akses air minum, 0 persen bebas kawasan kumuh dan 100 persen layanan terhadap akses sanitasi dasar.

“Kita berkomitmen mendorong seluruh stakeholder agar berpartisipasi aktif dalam mendukung penyelenggaraan kota sehat, yakni melalui pemberdayaan masyarakat pada forum kota sehat yang difasilitasi oleh Pemerintah Daerah, Forum Kota Sehat, Forum Kecamatan Sehat dan Forum Kelurahan Sehat,” tandasnya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News27 Februari 2024 12:02
Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei Kembangkan Inovasi Berbasis AI dan Pemberdayaan Talenta
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) dan Huawei menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang pengembangan digital dengan tujuan untuk menduku...
News27 Februari 2024 11:17
Staf Kantor Desa Mattirotasi Sidrap Dipecat Kades Diduga karena Beda Pilihan Caleg
Sejumlah staf kantor desa di Desa Mattirotasi, Kecamatan Watangpulu, Kabupaten Sidrap, Sulsel dipecat oleh Kepala Desa. Diduga, pemecatan itu lantaran...
Sulsel27 Februari 2024 09:52
86,86 Persen Masyarakat Kabupaten Gowa Puas Kinerja Adnan-Kio
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dibidang pendidikan, kesehatan, tata kelola pemerintahan, infrastruktur, keagamaan, pariwisata...
Video26 Februari 2024 22:50
VIDEO: Diguyur Hujan Deras, Kota Makale Terendam Banjir
SULSELSATU.com – Kota Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, terendam banjir Minggu (25/2/2024) kemarin. Banjir tersebut akibat hujan deras yang...