Logo Sulselsatu

BPBD Sinjai Simulasi Kebencanaan di SMAN 10

Asrul
Asrul

Jumat, 08 November 2019 10:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, SINJAI- Dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional Sekolah tahun 2019, Pemerintah daerah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan sosialisasi dan dirangkaikan dengan simulasi tentang kebencanaan di UPT SMA Negeri 10 Sinjai, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian kegiatan sehari belajar diluar kelas yang serentak dilaksanakan diseluruh wilayah Indonesia, yang merupakan program Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI dalam rangka Hari Anak se-dunia.

Ramlan, salah satu guru di SMAN 10 Sinjai mengatakan, kegiatan ini kami lakukan sebagai bentuk kegiatan pelatihan yang sifatnya internal sekolah sebagai tambahan jam belajar, dimana momentnya menurut kami sudah sangat tepat dengan memanfaatkan waktu dengan mengundang BPDB Sinjai sebagai provider untuk memberikan gambaran umum dan pengetahuan, sehingga output dari kegiatan ini tentu menjadi pembelajaran yang sangat penting dan berharga bagi para siswa dan siswi kami dalam menambah pengetahuan dan kompetensinya khususnya terkait dengan bencana.

Baca Juga : Musim Hujan, BPBD Sinjai Pangkas Pohon di Sejumlah Wilayah

“Siswa dan siswi kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terlihat dari saat awal menyimak materi sampai saat simulasi berlangsung, anak-anak kami menjiwai penuh kegiatan ini, utamanya yang sudah ditunjuk sebagai pelaku, baik sebagai korban maupun sebagai tim siaga bencana di sekolah kami,” katanya.

“Terimakasih kami ucapkan kepada BPBD Sinjai, semoga kedepan update kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan kembali di sekolah kami,” sambungnya.

Sementara itu, Kasi Kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad mengatakan bahwa kegiatan seperti ini tentu kami apresiasi, apalagi dengan mengetahui kondisi letak geografis Indonesia yang rawan mengalami gempa bumi. Maka masyarakat Sinjai juga harus selalu siap siaga untuk mengantisipasi datangnya bencana alam yang tidak diduga-duga atau tidak terjadwal.

Baca Juga : Siaga Bencana, BPBD Sinjai Koordinasi dengan Polres

Semua pihak harus saling mengingatkan dan mengedukasi tentang mitigasi bencana alam ini, tentunya semua harus dimulai sejak dini. Seperti contohnya dibangku pendidikan siswa siswi, Masyarakat dengan harapan bisa mengetahui dan memahami apa saja yang harus dilakukan jika suatu saat gempa bumi dan bencana lain datang.

Dengan demikian, diharapkan mampu meminimalisir jumlah korban jika bencana tiba-tiba melanda wilayahnya.
Kedepan kami pun berharap jalinan kerjasama lintas sektor, baik dari pihak sekolah maupun kelompok masyarakat lain bisa terus dilaksanakan, sebagai upaya Pencegahan dalam hal Kesiapsiagaan.

“Semoga apa yang telah kami berikan dan sampaikan bisa bermanfaat nantinya bilamana terjadi hal yang tentunya juga tidak kita inginkan bersama yaitu bencana,” pungkasnya.

Baca Juga : BPBD Beri Gambaran Umum Kebencanaan di FKMB Tingkat Kecamatan

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Henda Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...