Logo Sulselsatu

Bupati Indah Paparkan Pentingnya Mengelola Dana Desa dengan Baik

Asrul
Asrul

Sabtu, 09 November 2019 11:00

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, LUWU UTARABupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani melantik anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Malangke periode 2019-2025. Pengambilan sumpah dan pelantikan digelar di Kantor Camat Malangke, Jumat (8/11/2019).

Pada kesempatan itu Indah mengatakan ingin melihat BPD yang baru dilantik bisa memperkuat pemerintah desa di dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya.

“Tugas dan fungsi BPD bisa dibilang hampir sama dengan DPR/DPRD walau cuma di lingkup desa, yaitu membahas dan memutuskan peraturan di desa, kemudian mengawasi pemerintahan desa. Tapi saya ingin sampaikan, jangan sampai ada rivalitas antar kepala desa dan BPD. Saya juga ingin titip, kita harus pastikan anggaran desa benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga : Rasakan Langsung Beragam Manfaat Kompor Induksi, Bupati Luwu Utara: Mudah dan Praktis

PR terbesar dari pengelola dana desa, kata bupati yang akrab disapa IDP ini, yaitu dana desa dapat menurunkan dan menekan angka kemiskinan di desa. Ia berharap tidak ada cerita di Luwu Utara bahwa dana desa tidak nampak kontribusinya terhadap penurunan angka kemiskinan di desa.

“Karena tujuan utama dari dana desa menurunkan angka kemiskinan, kemudian mengurangi angka pengangguran, caranya dengan memanfaatkan padat karya tunai. Dana desa bukan dananya kepala desa maupun jajarannya, tapi dana untuk masyarakat di desa. Maka semangatnya jangan membangun di desa, tapi semangat membangun desa,” ujarnya.

Olehnya, kata IDP, ia sangat memperhatikan data-data progress di desa, yang pertama ia lihat adalah ada atau tidaknya penurunan angka kemiskinan.

Baca Juga : Momen HUT Golkar ke-57, Indah Putri Indriani Minta Kader Kompak

“Hari ini kita bukan cuma lihat berapa banyak serapannya, tapi sejauh mana dampaknya terhadap pemberdayaan masyarakat di desa. Saya juga berharap dana desa ini bisa memperkuat sektor UMKM yang ada di desa, jadi tolong kelompok-kelompok UMKM ini betul-betul diperhatikan, karena UMKM inilah yang bisa memperkuat sektor perekonomian kita,” kata Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Turut hadir pada kesempatan ini Anggota DPRD Luwu Utara, Sekretaris Dinas PMD Luwu Utara Mariam Andi Kumba, Camat Malangke, Muhammad Tasman, Camat Malangke Barat, Sulpiadi, serta unsur Forkopimcam.

Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...