Jelang Musim Tanam, Komisi III DPRD Jeneponto Temui GP3A

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Jelang musim tanam, Komisi III DPRD Jeneponto melakukan pertemuan dengan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) di Pintu Air Desa Paitana, Kecamatan Turatea.

Pertemuan tersebut membahas tentang pengerukan saluran irigasi yang sudah lama tidak dilakukan.

“Kemarin (Senin) kita melakukan pertemuan dengan petugas Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) dan berkoordinasi dengan OPD (Dinas PU). Maka kami sepakat untuk segera melakukan pengerukan saluran irigasi,” kata Wakil Ketua DPRD Jeneponto, Imam Taufiq, Selasa (12/11/2019).

Imam Taufiq mengatakan, penting segera dilakukan pengerukan mengingat musim tanam akan segera datang.

“Setelah kami melakukan peninjauan langsung ke lapangan dan bertemu dengan masyarakat, maka memang pengerukan harus segera dilakukan karena sedimentasi di saluran irigasi sudah sangat tinggi,” katanya.

Dia menekankan agar menggerakkan alat berat berupa ekskavator untuk dilakukan pengerukan. Pasalnya, jika irigasi air tidak tersumbat maka ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terutama para petani.

“Kontribusi sektor pertanian masih yang tertinggi terhadap pendapatan masyarakat sehingga kepekaan dan kepedulian kita kepada sektor ini harus juga diprioritaskan,”ujarnya.

“Pengadaan sumber-sumber air dan pemeliharaan saluran irigasi merupakan hal yang penting diperhatikan supaya potensi hasil panen masyarakat juga bisa ditingkatkan,” jelas dia.

Penulis: Dedi
Editor: Hendra Wijaya