iklan Kareba Parlementa

Ma’ruf Amin Desak China Terbuka Soal Muslim Uighur

Iklan Humas SulSel

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendesak pemerintah China terbuka perihal dugaan perlakuan buruk terhadap muslim Uighur di Xinjiang.

Hal itu disampaikan menyusul adanya tudingan pemerintah China yang membayar ormas Islam di Indonesia agar tak lagi mengkritik keras soal Uighur.

Ma’ruf menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tetap mendukung upaya perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) terhadap muslim Uighur d Xinjiang.

“Pemerintah kan konsisten kalau soal perlindungan HAM. Kita ajak semua termasuk China untuk lindungi HAM. Kita harap semua pihak terbuka, termasuk China, Myanmar, kita minta lebih terbuka,” ujar Ma’ruf di kantor wakil presiden, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Selasa (17/12/2019).

Ma’ruf mengatakan, China telah membantah tudingan kekerasan dalam kamp konsentrasi. Dari keterangan pemerintah China, mereka hanya memberikan semacam pelatihan kepada muslim Uighur.

“Mereka beralasan kamp-kamp itu bukan untuk indoktrinasi, tapi semacam pelatihan. Itu kata dia. Maka kita minta lebih terbukalah, tetap prinsip perlindungan HAM kita dukung,” katanya.

Sementara terkait tudingan ormas Islam yang dibayar oleh pemerintah China, Maruf mengatakan hal itu menjadi tanggung jawab ormas Islam yang dimaksud. Sejumlah ormas yang disebutkan antara lain NU dan Muhammadiyah.

“Kalau ormas Islam kan sudah ada bantahan dari masing-masing ormas, bahwa itu tidak benar,” tuturnya.

Laporan Wall Street Journal sebelumnya menyebut China mendonasikan sejumlah bantuan finansial dan program beasiswa tak lama setelah isu Uighur kembali mencuat di Indonesia pada 2018 lalu.

Beijing bahkan disebut membiayai puluhan petinggi Muhammadiyah, NU, Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga jurnalis dan akademisi untuk mengunjungi Xinjiang secara gratis.

Sejak bantuan dan kunjungan ke Xinjiang berlangsung, posisi Muhammadiyah dan NU tidak lagi mengkritik secara tajam China terkait Uighur. Melalui rilis pada Februari lalu, Muhammadiyah membantah bahwa pemerintah China menahan jutaan etnis Uighur di sejumlah kamp penahanan di Xinjiang.

Dugaan persekusi dan diskriminasi etnis Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang, China telah berlangsung cukup lama. Pemerintah Tiongkok diduga menahan lebih dari satu juta etnis minoritas Muslim di kamp konsentrasi.

Laporan penahanan sewenang-wenang itu mencuat setelah kelompok pegiat hak asasi manusia, Human Rights Watch, merilis laporan pada September 2018 lalu.

Selain itu, Pemerintah China dikabarkan melarang penduduk Uighur dan Muslim lainnya di Xinjiang untuk menjalankan ibadah puasa. Larangan itu terutama berlaku bagi pegawai negeri sipil, guru, dan pelajar.

Editor: Awang Darmawan

Iklan PDAM
...

Populer

VIDEO: Baru Menikah 3 Hari, Sang Suami Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

SULSELSATU.com - Sebuah video memilukan seorang wanita ditinggal oleh suaminya selamanya. Pasangan yang belum diketahui identitasnnya tersebut diduga menikah baru 3 hari. Sang suami dikabarkan meninggal...

Sejarah Singkat Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Selasa (19/11/2018) hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW atau biasa dikenal dengan Maulid Nabi...

VIDEO: Detik-detik Perampok Emas di Somba Opu Makassar

SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan aksi perampokan di Toko Emas, Jalan Sumba Opu, Kota Makassar, Rabu (28/10). Aksinya tersebut terekam CCTV dan viral di media...

VIDEO: Seorang Anak Angkut Jenazah Ibunya Pakai Motor

SULSELSATU.com - Seorang warga bernama Sutejo membawa jenazah ibunya menggunakan sepeda motor viral di media sosial. Dalam video terlihat jenazah ibunya dinaikan di atas beronjong...

7 Jurus Menghadapi Orang yang Benci Sama Kita

SULSELSATU.com, Setiap orang yang membenci kita memiliki alasannya masing-masing. Bisa jadi karena kita terlalu berlebihan, kita memiliki sikap dan sifat yang tidak disukai oleh...

VIDEO: Viral, Geng Cewek Tawuran di Tengah Sawah

https://www.facebook.com/sulselsatuberita/videos/733489290577114 SULSELSATU.com - Sebuah video memperlihatkan perkelahian antara dua kelompok remaja wanita viral di media sosial. Berdasarkan informasi, perkelahian tersebut terjadi di Bansal, Mojokerto, Jawa Timur. Dalam...

OPINI: Tantangan Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

Oleh Triliana s. Utina (Mahasiswa Universitas Gorontalo) Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat dunia mendefinisikan makna hidup, penyebaran virus corona (Covid-19) yang semakin hari semakin meningkat menjadi...

VIDEO: Gadis di Jeneponto Dilamar Pakai Helikopter

SULSELSATU.com- Seorang gadis asal Kabupaten Jeneponto dilamar kekasihnya menggunakan helikopter. Gadis tersebut bernama Vieranni yang menitih karir di ibu kota Jakarta sebagai salah satu girls...

Besok, FUIB Sulsel Gelar Aksi Bela Muslim Uighur

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) Sulawesi Selatan telah...

Artikel Lainnya

Juli 2019, Sulsel Deflasi 0,05 Persen

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sulsel mengalami inflasi sebesar 0,05 persen pada Juli...

Dewan Setop Pembahasan Ranperda Kota Dunia

SULSELSATU.com, MAKASSAR - DPRD Kota Makassar menyetujui pencabutan Rancangan Peraturan Daerah...

Pemkot Gandeng Unhas Kaji Solusi Bau Busuk di Pantai Losari

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Keindahan Pantai Losari yang terkenal berkat pemandangan matahari...

Pemangkasan Tarif Pajak UMKM Tumbuhkan Minat Pelaku Usaha

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Pemangkasan tarif pajak bagi usaha mikro, kecil, dan...

Onkel John’s Coffee, Tempat Nongkrong Asyik Buat Penikmat Kopi dan Pecinta Bola

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Gaya hidup kalangan milenial saat ini tidak lepas...

Terkini

VIDEO: Gempa Bumi di Turki, 26 Orang Tewas

  SULSELSATU.com - Gempa berkekuatan 7 SR terjadi di wilayah Turki dan...

Debat Kandidat Perdana, Anir-Lutfi Siap Jabarkan Program Rp10 Juta Per KK

SULSELSATU.com, PANGKEP - Pasangan Andi Nirawati-Lutfi Hanafi (Anir-Lutfi) diyakini menguasai tema...

Disambut Meriah, DP Dapat Dukungan Penuh Warga Balang Boddong

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Bergeser ke Kelurahan Bongaya Kecamatan Tamalate, kampanye dialogis ...

Gelombang 11 Program Kartu Prakerja Bakal Dibuka, Begini Cara Daftarnya

SULSELSATU.com - Program kartu Prakerja kembali dibuka oleh pemerintah. Kali ini...

KPRM: Ditangan Danny-Fatma Orang Miskin Akan Dapat Perhatian

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Kampanye Moh Ramdhan Pomanto di jalan Andi Tonro...