Logo Sulselsatu

Quique Setien Pelatih Baru Barcelona Pengganti Ernesto Valverde

Asrul
Asrul

Selasa, 14 Januari 2020 11:14

Quique Setien. (Marca)
Quique Setien. (Marca)

BARCELONAQuique Setien ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona menggantikan Ernesto Valverde yang baru saja dipecat.

Setien sudah berusia 61 tahun, tergolong pelatih veteran dan jam terbang yang cukup tinggi. Setien sudah dua dekade jadi pelatih, mulai dari menangani Racing Santander di tahun 2001.

Baca juga: Tampil Buruk, Barcelona Pecat Ernesto Valverde

Baca Juga : Barcelona Lolos ke Semifinal Copa del Rey Setelah Susah Payah Singkirkan Sociedad

Sebagai pelatih, perjalanan karier Setien terbilang biasa-biasa saja. Ia hanya menangani klub-klub tak populer macam Logrones, Lugo, Las Palmas hingga Real Betis. Dari daftar klub tersebut, hanya Real Betis yang terbilang cukup punya nama di sepak bola Spanyol.

Dengan berkiprah di tim-tim kecil, Setien belum pernah memiliki kesempatan mendekap trofi juara dalam kariernya sebagai pelatih.

Meski tak punya latar belakang yang mentereng, ada alasan kuat yang mendorong Setien bisa dipilih Barcelona. Salah satunya adalah pola main Setien yang mirip dengan pola main Barcelona.

Baca Juga : Senyum Sumringah Messi di PSG Usai Tangis Tinggalkan Barcelona

Sejak dulu, Setien adalah pengagum Johan Cruyff. Setien mengaku Cruyff sukses menunjukkan sepak bola bisa dimainkan dengan lebih baik lewat pola permainan yang dikembangkannya.

Pada musim lalu, Setien berhasil membawa Betis mengalahkan Barcelona di Camp Nou dengan skor 4-3. Bukan hanya Barcelona, Setien juga mampu membawa Betis mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di Santiago Bernabeu.

Setien termasuk tipe pelatih yang digemari oleh suporter. Ketika kontraknya dengan Betis tak berlanjut, banyak suporter yang mengucapkan terima kasih dan memeluknya di sepanjang jalan.

Baca Juga : Barcelona Umumkan Lionel Messi Resmi Tinggalkan Klub

Setien tidak pernah menutupi keinginannya untuk melatih Barcelona. Ia sudah sempat dirumorkan jadi pelatih baru Barcelona pada tahun lalu namun akhirnya Blaugrana memutuskan Valverde tetap bertahan.

Kini Setien punya materi pemain yang lebih bagus untuk mendukung pola main yang diterapkannya. Setien kini bisa mengikuti jejak Cruyff mengantar Barcelona, bukan lagi hanya sekadar mengagumi pencapaian tersebut.

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Rayu Messi, Barcelona Harus Tenang dan Sabar

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...